1. Startup

Cek Kiat Inovatif Startup Bertahan di Tengah “Tech Bubble”

Dalam menghadapi tech bubble, pelaku startup harus bisa membangun sinergi antarekosistem dan mencari kolaborasi mutual yang saling menguntungkan.

Sejak 2022 hingga kini, banyak startup terdampak fase bubble burst, Implikasinya banyak dari mereka melakukan aksi korporasi yang kurang menguntungkan, seperti melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) massal pada karyawannya. 

Dalam industri startup, bubble burst atau juga disebut dengan istilah tech bubble adalah siklus ekonomi di mana nilai pasar dan harga aset perusahaan meningkat drastis. Namun, inflasi nilai tersebut diikuti penurunan nilai yang juga cepat. Penurunan ini seringkali disebut dengan istilah market crash.

Apa Itu Bubble Burst?

Bubble burst sendiri sebetulnya bukan fenomena baru. Sejak era 90-an, bubble burst sempat menghantui industri internet global dengan sebutan dotcom bubble, yang mana hadir beriringan dengan melejitnya era internet. Waktu itu, para investor yakin kalau hadirnya teknologi internet pasti akan membuat industri sukses. 

Mereka terbawa market hype dan banyak yang berinvestasi pada perusahaan internet. Jika dilihat pada era tersebut, masih belum banyak yang siap menerima internet, bahkan infrastruktur pendukungnya pun tidak siap. Dampaknya, perusahaan-perusahaan internet ini gagal merealisasikan visinya dan seketika nilai saham mereka anjlok, membuat mereka harus menutup operasional.

Apa yang Bisa Dilakukan dalam Menghadapi Tech Bubble?

Ketika mengalami bubble burst, startup akan menghadapi berbagai tantangan, mulai dari penurunan nilai funding, market volatility, hingga kompetisi yang semakin berat. 

Salah satu strategi yang bisa dioptimalkan untuk menghadapi tantangan ini adalah dengan berkolaborasi dengan startup lain dan memanfaatkan kekuatan ekosistem startup. Sinergi dalam ekosistem seperti ini diharapkan bisa membantu startup bertahan menghadapi tech bubble karena mereka bisa mendapatkan dukungan suportif untuk memaksimalkan kekuatan, resource, dan keahlian sehingga model bisnis yang dipertahankan dapat menjadi berkelanjutan.

Bagaimana Memulai Sinergi di Ekosistem Startup?

Sebelum memulai sinergi yang dimaksud, pelaku startup harus fokus pada beberapa hal seperti membangun hubungan yang kuat antar rekan pelaku lainnya, memiliki resource dan pengetahuan yang tentunya bisa dibagi, fokus pada pertumbuhan berkelanjutan dan tetap fleksibel serta adaptif. 

Dengan melakukan hal-hal tersebut, startup yang mengalami tech bubble akan lebih mudah menemukan rekan kolaborasi dalam ekosistem yang sama, di mana mereka dapat memberikan dukungan secara mutual dalam jangka panjang.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri Anda ke Astranauts 2023. Astranauts adalah sebuah kompetisi inovasi digital dan teknologi untuk startup dan mahasiswa. Dengan tema “Building A Sustainable  Future Through Technology”, Astranauts 2023 membidik inovasi dan teknologi di bidang sustainability, edu-tech, emerging tech, kesehatan, agribusiness, mobility, fintech, logistik, serta media & entertainment.

Daftarkan Inovasi Terbaikmu di Astranauts 2023

Pendaftaran Astranauts 2023 sudah dibuka dari 8 Maret hingga 30 April 2023. Rangkaian seleksi awal akan dimulai dari sesi preliminary round, yang mengambil 10 finalis dari jalur startup dan mahasiswa. Semua finalis ini akan memperoleh sesi mentorship dari para ahli di bidangnya.

Nantinya, finalis terpilih akan memperlihatkan presentasi ide bisnis mereka di dalam Demo Day. Sesi ini akan diakhiri dengan Awarding Astranauts 2023 pada 7 Juni 2023. Pada 8 Juni 2023, akan diadakan Astranauts Conference yang menawarkan berbagai topik menarik dengan pembicara ahli dari bidangnya.

Baik para pemenang Astranauts 2023 dari kategori startup dan mahasiswa akan memperoleh hadiah uang tunai dengan total ratusan juta rupiah. Tak cuma itu, para pemenang juga akan meraih kesempatan berkolaborasi dengan Grup Astra dan dapat bergabung sebagai bagian Astra Startup Community.

Terakhir, keuntungan lain yang bisa didapat para finalis Astranauts adalah kesempatan mengikuti program inkubasi Astra Innovation Lab dan peluang mendapatkan pendanaan, melalui skema pitching dengan Astra Digital Ventures.

Tunggu apalagi? Saatnya mulai sinergimu dan berikan ide terbaik untuk Astranauts 2023! Untuk pendaftaran, klik tautan berikut ini.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again