1. Lifestyle

Ciptakan Planet Anda Sendiri Dalam Game Browser Planet, Gratis

Untuk sebuah game gratis berbasis browser, efek visual Planet sangat menawan.

Bahkan gamer hardcore-pun tak selalu menginginkan permainan yang menegangkan. Seringkali judul-judul ringan bisa menjadi terapi untuk pikiran. Faktanya, di game 'santai' seperi Cities: Skylines atau Civilization, kita masih dituntut buat menyelesaikan sesuatu. Jika Anda sedang ingin menikmati game berkualitas tanpa membebani otak, seorang desainer punya solusinya.

Oskar Stålberg belum lama meluncurkan Planet, game sekaligus scene builder, yang memberikan pemain kesempatan untuk menciptakan planet mereka sendiri. Sebelumnya, Stålberg pernah memperkenalkan Brick Block, permainan procedural building generator di mana Anda dipersilakan membangun gedung ala Lego lengkap dengan beragam detail tanpa dibatasi resource. Mengusung formula serupa, Planet malah lebih unik lagi.

Planet menyuguhkan kita pernak-pernik buat mendesain planet yang ideal, dan tak seperti mayoritas game strategi, Anda tidak perlu memikirkan keseimbangan sumber daya. Planet bisa dianalogikan seperti kanvas dan cat minyak digital, dan penyajiannya sangat apik. Sejumlah elemen strategi turn-based muncul di sana, misalnya sistem petak-petak heksagonal mirip Civilization V atau Endless Legends.

Untuk sebuah game berbasis browser, efek visualnya sangat menawan: awan muncul dan menghilang; air laut bergerak mengikuti arus; lampu-lampu menyala di sisi malam planet; dan efek halo muncul begitu Anda melihat dari posisi tertinggi. Andai permainan berjalan kurang lancar di PC, kita dapat menonaktifkan setting HQ (high quality) - tombolnya berada di pojok kanan bawah layar.

Detail-detail lain juga tidak dilupakan oleh Stålberg, contohnya pergerakan bulan serta berputarnya planet, dan efek transisi cahaya saat kamera di-zoom in dan zoom out. Kemudian jika hutan diletakkan di dekat area salju, maka jenis pohonnya juga berbeda, dengan tipe tumbuhan berdaun lancip dan lipisan salju di atasnya. Ombak juga semakin terlihat di perairan sempit semisal teluk atau selat.

Di kanan dan kiri, Anda disuguhkan beberapa tool. Sang desainer tidak memberikan banyak penjelasan, namun fungsinya mudah dimengerti. Empat bola berpoligon di sebelah kanan menunjukkan opsi ukuran planet. Hal inilah yang Anda harus tentukan terlebih dulu sebelum mulai mengutak-atik. Tiap kali Anda mengkliknya, permainan akan me-reset permukaan planet secara acak.

Di sebelah kiri, Anda dapat mengakses tool tile hutan, es/salju, kota dan daratan. Di bawahnya terdapat pilihan ukuran petak heksagonal - 1, 7, dan 19. Untuk menambah tinggi suatu tile, Anda cukup klik kiri pada area yang diinginkan. Ingin mengurangi atau menghilangkannya? Tinggal klik kanan. UI-nya sangat simpel.

Planet bisa dinikmati secara gratis melalui dua cara: via browseratau diunduh ke PC terlebih dulu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again