1. DScovery

Coding Adalah: Pengertian, Skill, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Coding sendiri merupakan tahapan melakukan fungsi pemrograman dalam mengelola suatu software atau aplikasi

Kamu pasti bertanya-tanya apa itu coding. Kamu akan menjumpai istilah ini dalam kehidupan sehari-hari, terutama jika kamu mempelajari ilmu komputer atau bidang IT. Istilah itu sudah menjadi hal yang lumrah.

Coding digunakan untuk menjalankan program baru atau melakukan konfigurasi pada aplikasi atau setup secara online.

Di zaman yang menuntut di mana teknologi berkembang ini, penting bagi kamu untuk mengetahui tentang apa itu semua. Ini akan membantu dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti sekarang.

Namun secara umum, pengembang perangkat lunak sering menggunakan teknik pemrograman seperti itu untuk membangun kembali sistem guna meningkatkan peningkatan atau pengembangan jaringan atau aplikasi tertentu.

Tentunya untuk mengetahui apa itu coding, kamu perlu rajin meningkatkan dan memperluas wawasan serta mencari banyak informasi di Internet tentang cara pemrograman. Karena perangkat lunak tidak dapat dipisahkan darinya.

Perlu kamu ketahui bahwa kamu tidak perlu memiliki background IT untuk mempelajari teknik pemrograman ini, kamu bisa mempelajarinya dari awal dan dasar-dasarnya terlebih dahulu hingga anda menguasainya dengan baik.

Mengetahui cara membuat kode sangat membantu dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan tenaga kerjamu. Ketrampilan ini menjadi nilai tambah saat melamar pekerjaan, karena pada dasarnya programmer saat ini sangat dibutuhkan.

Pengertian Coding

Sebelum melanjutkan pembahasan, kamu perlu memahami dan mengetahui apa itu coding dan bagaimana proses travelling dan sistem aplikasinya bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

Coding sendiri merupakan tahapan melakukan fungsi pemrograman dalam mengelola suatu software atau aplikasi agar dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Bisa dibilang fungsi-fungsi tersebut adalah fungsi yang memerintahkan komputer untuk melakukan apa yang diinginkannya. Secara otomatis mengikuti program yang diatur  seperti yang diinginkan.

Komputer secara otomatis akan mengikuti semua perintah sesuai dengan program yang disusun sesuai dengan urutan yang dibuat dalam pengkodean program. Jadi apa yang ada di program diterapkan ke sistem.

Kamu harus memahami bahasa Inggris untuk membaca dokumen, dapat membaca kode sumber, menemukan kesalahan atau kerentanan dalam suatu program (debugging), dilengkapi dengan kemampuan untuk bertanya dan mencari.

Bahasa Inggris diperlukan karena sebagian besar dokumen yang diperlukan untuk membuat program menggunakan bahasa asing ini. Kemudian kamu juga perlu menguasai debugging untuk menghindari kesalahan dan menghapusnya bug tersebut.

Hal ini dilakukan agar pengembangan program tidak bermasalah dengan error tersebut, jika dibiarkan berlama-lama disana. Jadi itu menciptakan masalah baru.

Perbedaan Coding dan Programming

Ada beberapa perbedaan antara fungsi pengkodean dan pemrograman. Coding sendiri adalah penulisan kode atau penulisan aturan yang sering disebut dengan sintaks.

Untuk memahami perbedaan keduanya, kamu perlu mengetahui pengkodean mana yang baik agar dapat membedakan kedua aktivitas tersebut di masa mendatang. Aktivitas ini merupakan kumpulan kode yang membentuk sebuah program.

Ada banyak bahasa pemrograman terkenal dan populer yang bisa kamu gunakan karena banyak orang juga menggunakannya. Namun, penggunaan kode dan bahasa pemrograman ini tergantung pada apa yang ingin dikembangkan.

Pemrograman sendiri jelas berbeda dengan coding. Selain terjemahan kode dan bahasa pemrograman, fungsi ini juga mencakup analisis dan tugas lain yang terkait dengan fungsi pemrograman lainnya.

Artinya coding tentu berbeda dengan pemrograman. Kamu dapat mengartikan kegiatan ini sebagai proses merancang dan membuat program komputer jika kamu ingin mencapai hal-hal tertentu.

Dari sini dapat disimpulkan  bahwa coding itu sendiri adalah perakitan kode-kode dalam bahasa tertentu menjadi sebuah program, sedangkan programming adalah kegiatan dalam proses menerjemahkan program dari awal, yang meliputi analisis data untuk menguji program tersebut.

Manfaat Coding

Mempelajari coding memberikan banyak manfaat terutama untuk kamu yang ingin atau sedang berkarier di bidang teknologi. Namun, tak terbatas di situ saja, mempelajari coding karena hobi atau sekedar ingin memahami teknologi juga bisa mendatangkan manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari belajar coding.

Memulai Karir di Bidang IT

Banyak orang tertarik belajar coding untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik dan bisa bekerja di perusahaan teknologi ternama seperti e-commerce atau start-up unicorn. Tidak menutup kemungkinan jumlah pekerjaan dengan kemampuan coding akan semakin meningkat.

Membuat Website atau Aplikasi

Apa kamu bercita-cita bisa membuat aplikasi atau situs web. Dengan belajar coding, kamu bisa mewujudkannya. Belajar coding juga dapat membantu kamu mengotomatiskan spreadsheet atau membangun aplikasi sesuai keinginanmu.

Melatih  Ketelitian

Saat melakukan operasi pengkodean, kamu biasanya menemukan berbagai kesalahan di dalamnya. Salah satunya adalah program mengalami error saat mencoba menjalankan atau membangunnya. Di sini dibutuhkan ketelitian untuk menyelesaikan masalah.

Mulailah dengan mencari bagian kode yang menyebabkan masalah, misalnya kamu lupa menyertakan simbol titik koma (;) yang digunakan untuk memisahkan baris perintah pertama dan selanjutnya.

Jadi, kamu perlu memeriksa setiap baris kode yang dijalankan, atau memeriksa koneksi internet kamu jika alat yang  digunakan memerlukan koneksi internet untuk menggunakannya.

Mengembangkan Cara Berpikir Secara Logis

Memilih bahasa pemrograman sangat penting ketika kamu memulai coding. Saat menentukan jenis bahasa, kamu juga perlu memahami struktur algoritma pemrograman yang digunakan di dalamnya. Nantinya kamu akan menggunakan algoritma ini saat ingin membangun aplikasi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again