1. DScovery

Content Marketing Adalah: Pengertian, Bentuk, dan Skill yang Dibutuhkan

Content marketing adalah metode atau strategi pemasaran yang menggunakan segala jenis konten, baik itu tertulis, video atau audio.

Pada dasarnya konten adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan informasi atau pesan kepada orang yang melihatnya. Saat ini, content marketing adalah strategi pemasaran yang sangat efektif karena kemudahan penggunaan internet dan media.

Tapi bagaimana cara menggunakannya? Bagaimana pemasaran konten menguntungkan bisnis Anda? Pada artikel kali ini, kami tidak hanya membahas apa itu content marketing, tetapi juga memberikan contoh content marketing, kegunaan dan manfaatnya untuk bisnis kamu. Baca sampai habis ya! 

Apa itu Content Marketing?

Content marketing adalah strategi pemasaran yang menghasilkan konten sebagai alat komunikasi dan penjualan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk membuat konten yang berharga, relevan, dan konsisten agar audiens tetap tertarik dengan penawaran kamu.

Selain itu, tujuan pemasaran konten adalah untuk membangun hubungan jangka panjang yang kuat dengan audiens. Oleh karena itu, konten kamu juga harus relevan dan konsisten. Ini menciptakan hubungan emosional antara brand dan audiens. 

Bentuk-Bentuk Content Marketing

Masih tidak yakin dengan format apa untuk membuat konten? Mungkin lima contoh konten berikut bisa memberikan inspirasi tambahan untuk kamu.

  1. Infografis

Banyak orang yang haus akan informasi, namun terkadang mereka kesulitan membaca data yang disajikan dalam kajian atau makalah yang panjang. 

Tren infografis yang saat ini banyak digunakan oleh media bisa menjadi solusi. Infografis dapat menyajikan data yang kompleks dalam format yang mudah dipahami.

Ya, salah satu keunggulan infografis adalah perpaduan antara gambar dan teks, namun informasi yang disampaikan tetaplah penting.

  1. Website atau Blog

Jika kamu tidak memiliki tempat untuk membuat konten, mungkin kamu dapat menggunakan situs web atau blog.

Situs web dan blog memungkinkan kamu membuat artikel yang relevan dengan audiens target kamu. Selain membuat artikel yang sesuai dengan audiens kamu, juga perlu memperhatikan optimasi mesin pencari.

SEO tidak dapat dipisahkan dari pemasaran konten. Pasalnya, strategi SEO yang baik pasti akan mendatangkan banyak traffic ke website atau blog kamu.

Selain itu, pastikan situs web atau blog kamu menarik secara visual di ponsel cerdas. Hal ini dikarenakan mayoritas pengguna internet di Indonesia mengakses konten melalui smartphone. 

  1. Podcast

Tren yang lagi hits harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Misalnya podcast yang sedang hits di Indonesia. 

Beberapa pembuat konten atau merek juga menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kesadaran. Tema juga bisa diubah sesuai dengan audiens yang ingin Anda tuju. Podcast adalah salah satu wadah cerdas yang akan menggantikan radio.

Audiens dapat menikmati konten kamu di mana saja, kapan saja sambil melakukan hal lain. Jangan lupa bahwa konten podcast harus selalu relevan untuk melibatkan audiens dengan produk kamu.

  1. Video

Video terus menjadi alat yang ampuh dalam pemasaran konten, terutama melalui YouTube. Mengapa? Hal ini karena masyarakat Indonesia masih menuntut user friendly dari YouTube.

Selain itu, konten berupa video lebih mudah dipahami dan dinikmati. Buat video yang bermanfaat bagi audiens kamu.

Jangan sampai video yang kamu buat hanya menarik klik karena menyampaikan sensasi atau kontroversi yang dapat merusak brand image kamu. 

  1. Buku

Jika target audiens kamu lebih serius, kamu bisa memanfaatkan hal itu dengan menuangkan ide atau informasi ke dalam sebuah buku. Pemasar konten menerbitkan buku, mereka hanya tidak ingin meningkatkan uang mereka.

Ada buku yang bisa menjadi alat dalam strategi pemasaran produk, lho! Tujuan penulisan atau penerbitan buku ini adalah untuk menyampaikan kepada pembaca perusahaan atau brand seperti apa yang sedang dibangun.

Buku adalah salah satu cara untuk menyadarkan masyarakat akan produk yang dijual. Selain itu, terbitnya sebuah buku dapat dijadikan sebagai bukti kepercayaan merek tersebut. 

Apa Tujuan Perusahaan Saat Menggunakan Content Marketing?

Tujuan utama perusahaan yang menggunakan pemasaran konten adalah periklanan. Informasi menarik yang terkandung dalam konten diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk membeli produk yang diusulkan.

Selain itu, tujuan perusahaan dalam menerapkan pemasaran konten tambahan adalah sebagai berikut:

  1. Menjangkau banyak pelanggan

Banyak pelanggan yang menjadi target utama perusahaan saat membuat konten. Oleh karena itu, konten yang dibuat dibagikan di banyak platform populer, seperti media sosial. Bahkan perusahaan besar seperti Shopee, Tokopedia, Gojek dan masih banyak lagi yang melakukan hal tersebut.

  1. Investasi jangka panjang

Pembuatan konten tidak hanya sesaat. Apalagi jika kamu membagikan konten melalui blog atau video YouTube. Dengan platform ini, audiens kamu dapat menemukan konten kamu kapanpun mereka membutuhkan informasi tentang konten yang kamu buat.

  1. Kepercayaan audiens lebih cepat diambil

Membangun kepercayaan publik memang tidak mudah. Tidak butuh waktu lama bagi publik untuk percaya pada merek Anda. Satu hal yang dapat kamu lakukan adalah memberi mereka informasi yang dapat dipercaya tentang produk kamu melalui konten pendidikan.

  1. Membangun brand awareness

Tujuan content marketing selanjutnya adalah meningkatkan brand awareness. Khusus untuk pemula, konten adalah strategi terbaik untuk membangun branding, mulai dari warna, logo, gambar, dll.

Kamu dapat menambahkan gambar produk ini ke konten apa pun yang kamu buat untuk membantu audiens mengenal bisnis kamu. 

  1. Memperluas Jaringan 

Sebagian besar perusahaan mencoba menghasilkan banyak lalu lintas di situs web atau platform komunikasi lainnya melalui pemasaran konten.

Alasannya adalah lalu lintas yang tinggi, oleh karena itu konten kamu dipercaya dan diprioritaskan oleh berbagai platform. Misalnya, untuk konten blog, mesin pencari memprioritaskan jumlah pengunjung konten. 

Skill yang Dibutuhkan dalam Content Marketing

Tertarik terjun langsung ke dunia content marketing? Oleh karena itu, ada baiknya untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang pemasar konten. Ini dijelaskan di bawah ini:

  1. Komunikasi

Keterampilan komunikasi sangat penting dalam pekerjaan apa pun. Namun, dalam pemasaran konten, seseorang harus dapat meningkatkan keterampilan komunikasinya baik secara lisan maupun tulisan (verbal dan non-verbal).

Lalu mengapa? Dalam pekerjaan ini kamu mengenal banyak orang. Konten yang dibuat harus bisa menyentuh banyak orang.

Bukan hanya soal konten dan penonton, kalian juga bekerja sebagai tim, sehingga komunikasi yang baik harus dijaga agar tidak terjadi kesalahpahaman. Belajar berkomunikasi bahkan bisa dimulai dengan cara mengirim email ke klien atau kolega, lho!

  1. Menulis

Salah satu bentuk content marketing adalah menulis. Tulisan bisa berupa artikel, copywriting, status media sosial atau script video. Kamu harus dapat beradaptasi untuk menulis dalam gaya berbeda yang sesuai dengan audiens kamu.

Untuk berlatih menulis, kamu perlu banyak membaca dari berbagai sumber dan meneliti gaya mana yang cocok dengan produk kamu.

Jika kamu berlatih menulis tanpa membaca sumber lain, keterampilan kamu kan mandek. Carilah inspirasi sebanyak-banyaknya agar selalu penuh dengan ide dan karya. 

  1. Storytelling

Podcast atau video adalah salah satu bentuk konten yang bisa dicoba dalam content marketing. Jadi, untuk selalu memiliki penonton yang menonton video atau mendengarkan podcast diperlukan keterampilan bercerita yang mumpuni.

Jika kamu memiliki, atau ingin meningkatkan, keterampilan dan kemampuan di bidang ini, ikuti pelajaran berbicara di depan umum atau radio.

Kamu juga perlu banyak mendengarkan radio, menonton video, atau mendengarkan podcast lain untuk mengetahui cara menghibur audiens Anda tanpa konten visual. 

  1. Peka

Kamu harus selalu merasakan tren saat ini. Selalu up to date dengan apa yang sedang terjadi atau apa yang populer dengan banyak orang sehingga konten kamu tidak terlihat ketinggalan zaman.

Kamu juga harus kreatif dalam melihat tren saat ini. Pilih dengan hati-hati tren mana yang dapat dan tidak dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kesadaran akan produk kamu. 

Itu tadi informasi mengenai content marketing yang dapat kami bagi. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again