1. DScovery

Contoh CV Terbaik dengan Format Penulisan ATS Friendly Untuk Fresh Graduate

CV atau curriculum vitae adalah sebuah dokumen yang berisi penjelasan identitas diri calon pelamar kerja. Berikut ini contoh CV terbaik dengan format ATS friendly yang bisa digunakan untuk kemungkinan penerimaan yang lebih besar!

CV (Curriculum Vitae) adalah sebuah berkas dokumen yang berisi mengenai identitas diri milik seseorang dan ditulis secara jelas mulai dari pendidikan, pengalaman hingga pada kemampuan yang dimilikinya.

CV digunakan oleh HR (Human Resource)  untuk mengetahui pengalaman dan kualifikasi seorang kandidat, sehingga proses administrasi akan lebih mudah dilakukan. CV dibedakan menjadi bentuk CV kreatif dan CV ATS Friendly, saat ini lebih banyak perusahaan-perusahaan yang merekomendasikan pembuatan CV ATS friendly karena dirasa lebih mudah dibaca dibandingkan CV  kreatif.

Apa itu CV ATS Friendly?

CV ATS friendly adalah jenis curriculum vitae dengan tampilan yang dapat membantu proses screening HR suatu perusahaan dalam mencari kandidat. CV ATS friendly saat ini digunakan tidak hanya untuk mendaftar pekerjaan, tetapi juga mulai dimanfaatkan untuk pendaftaran organisasi, volunteer dan internship.

ATS (Applicant Tracking System) adalah sebuah sistem yang saat ini digunakan oleh para HR untuk memproses file lamaran kerja milik calon kandidat, sistem ini bekerja dengan memberikan nilai pada point-point kegiatan, pengalaman dan kemampuan yang tertulis di CV kandidat. Sistem ATS digunakan untuk memudahkan para HR dalam memberikan penilaian atas kualifikasi kandidat.

Istilah ATS Friendly adalah upaya yang dilakukan untuk menyusun CV agar dapat di screening dan mendapatkan nilai pada sistem ATS. Hal ini berkaitan dengan cara kerja sistem ATS dimana jika kandidat tidak memperoleh nilai sesuai standar yang ditentukan, maka CV yang dicantumkan akan otomatis gugur atau tidak lolos seleksi.

Kenapa CV ATS Friendly Lebih Diminati?

Sebenarnya kenapa seorang HR (Human Resource) lebih sering menyarankan penggunaan CV ATS friendly dibandingkan CV kreatif dengan banyak pola design. Berikut ini beberapa point yang menjadikan CV ATS friendly lebih diminati dalam proses lamaran kerja.

  • Terlalu banyak CV yang diterima dalam satu waktu

CV ATS friendly lebih disarankan oleh seorang HR karena biasanya pada saat proses lamaran pekerjaan berlangsung akan banyak CV yang diterima dalam satu waktu atau periode batasan waktu pendaftaran. Terkadang seorang HR bisa mendapatkan lebih dari 2.000 applicant pada saat periode lowongan kerja berlangsung, tidak jarang juga seorang HR bisa mendapatkan 10.000 file applicant dari calon kandidat.

Untuk menghemat waktu maka diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu HR memilih calon kandidat terbaik berdasarkan point-point atau hasil penilaian dari CV yang dilampirkan. Oleh sebab itu, CV ATS friendly lebih banyak diminati dibandingkan CV kreatif.

  • Perusahaan banyak menggunakan CV ATS

Saat ini banyak perusahaan besar yang lebih mengandalkan penggunaan CV ATS, karena banyaknya peminat yang ingin mendaftar kerja di perusahaan tersebut. Dalam penggunaan CV ATS friendly maka akan ditentukan sebuah keyword atau kata kunci yang sesuai dengan kualifikasi posisi yang dibutuhkan. 

Sebagai contoh jika terdapat lowongan kerja yang dibuka pada bidang design grafis, maka kata kunci yang digunakan akan relevan dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Misalnya adobe ilustrator, adobe premiere dan lain sebagainya bisa masuk menjadi kata kunci yang akan di screening pada sistem ATS. 

  • Informasi lebih jelas dan ringkas

CV ATS friendly juga dinilai memiliki keterangan informasi yang lebih jelas dan ringkas, sehingga akan lebih mudah dibaca oleh HR. CV ATS friendly dominan dengan penulisan kalimat pendek berupa point-point penting apa yang telah dilakukan oleh seseorang, dibandingkan dengan CV kreatif yang cenderung lebih mengutamakan kreativitas individu dalam memberikan informasi dirinya.

  • Penulisan terlihat lebih rapi

CV ATS friendly dinilai memiliki penulisan yang terlihat lebih rapi dibandingkan CV kreatif. Bukan berarti menggunakan CV kreatif adalah hal buruk, terdapat beberapa posisi yang meminta kandidatnya untuk menggunakan CV kreatif, biasanya hal ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik ide dan kreatifitas individu. 

Beberapa posisi yang biasanya menggunakan CV kreatif seperti, desain grafis, videographer, photographer dan lain sebagainya. Untuk itu lebih baik kenali posisi apa yang akan dilamar, serta persyaratan yang diinginkan oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Contoh CV Terbaik dengan Format ATS Friendly

Untuk membuat CV terbaik dengan ATS friendly maka kamu perlu mengetahui aspek apa saja yang perlu diperhatikan pada saat menulis informasi data diri. Berikut ini contoh CV terbaik format penulisan ATS  friendly khususnya bagi kamu fresh graduate!

  • Deskripsi Diri

Deskripsi diri biasanya berisi mengenai penjelasan nama, pendidikan terakhir yang telah ditempuh dengan fokus pendidikan seperti S1 Hukum, menjelaskan mengenai kebiasaan dan ketertarikannya dalam bidang tertentu. Deskripsi diri pada format CV ATS friendly juga menjelaskan mengenai beberapa pengalaman singkat yang dapat dirinci seperti, memiliki pengalaman sebagai Head Officer Accounting dan lain sebagainya

  • Kontak Pribadi

Kontak pribadi dalam CV format ATS friendly berisi mengenai kontak apa saja yang dapat digunakan untuk menghubungi seorang kandidat. Kontak pribadi juga bisa mencantumkan akun profesional seperti, Linkedin, alamat email dan bahkan sosial media yang menampilkan portofolio.

  • Keahlian

Keahlian pada CV ATS friendly berisi mengenai kemampuan apa saja yang dimiliki oleh seorang kandidat. Untuk membuat CV ATS yang friendly maka kamu perlu memasukan kata kunci yang sekiranya dibutuhkan untuk menempati posisi lowongan kerja tersebut. Biasanya perusahaan akan memberikan deskripsi kualifikasi yang dibutuhkan, point penjelasan ini bisa digunakan untuk menyesuaikan keahlian milikmu dengan kebutuhan perusahaan.

  • Pengalaman

Pengalaman berisi mengenai kinerja dan aktivitas yang telah dilakukan oleh seorang kandidat dalam periode waktu tertentu. Pengalaman bisa menjadi nilai tambah dalam pandangan recruiter, karena kandidat tersebut menunjukan apa saja pekerjaan atau aktivitas yang dilakukannya untuk meningkatkan keahlian atau skill. 

  • Pendidikan

CV ATS friendly juga mencantumkan pendidikan dan disusun dari pendidikan terakhir hingga ke yang lebih lama. Disini juga dicantumkan nama institusi pendidikan, periode tahun masuk dan lulus, fokus studi yang ditempuh dan lain sebagainya.

Nah itu dia contoh CV terbaik dalam format ATS friendly yang bisa kamu pertimbangkan pada saat menyusun curriculum vitae. Dokumen ini adalah hal yang penting dimiliki pada saat melamar pekerjaan, karena recruiter atau HR akan melihat kompetensi apa yang kamu miliki, apakah kemampuan tersebut relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar dan lain sebagainya. Semoga informasi dalam artikel ini bisa membantumu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again