1. DScovery

Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri yang Baik dan Bakal Dilirik Rekuiter

Lagi bingung sama kelebihan dan kekurangan diri saat interview kerja nanti? Tenang, cek jawabannya di bawah!

Tampaknya di hampir setiap interview kerja, perekrut bertanya tentang kekuatan dan kelemahan kandidat potensial. Sepertinya mudah untuk menjawabnya, ya. Tapi ternyata tidak sesederhana itu. Beberapa dari kita bahkan mungkin bingung apa kelebihan dan kekurangan kita?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa belajar mengidentifikasi diri sendiri atau menanyakan pendapat orang lain. Kalau kamu masih bingung, berikut beberapa contoh kelebihan dan kekurangan dan cara menjawabnya saat interview kerja, yang bisa jadi referensi kamu!

Kelebihan Diri

Berikut adalah beberapa contoh kelebihan untuk membantu kamu menjawab pertanyaan, "Katakan, apa kelebihan kamu?" selama interview kerja. Sesuaikan saja dengan kekuatanmu yang sebenarnya, ya!

Percaya Diri

Nah, jawaban yang satu itu bisa membuat kamu terlihat ambisius dan siap bekerja di perusahaan. Gunakan gestur yang baik untuk menjawab pertanyaan tentang kekuatan dan kelemahan kamu agar tampil meyakinkan. Jangan lupa berikan contoh yang baik. Misalnya, kamu yakin dengan semua hasil pekerjaan kamu.

Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi adalah kunci utama dalam bekerja, terutama dengan orang lain. Beri tahu perekrut bahwa kamu dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, seperti:

Menyampaikan informasi, menerima informasi/instruksi, mendengarkan dan berkomunikasi secara tertulis.

Kamu dapat menyampaikan kelebihan tersebut dalam kalimat yang jelas dengan bahasa tubuh yang sesuai, dan perekrut akan dengan mudah menganggapnya sebagai bukti bahwa kamu dapat berkomunikasi dengan baik.

Fleksibel

Contoh kelebihan selanjutnya yang dapat kamu gunakan adalah fleksibilitas.

Dilansir dari halaman Easy Summary, kalau memberikan jawaban ini saat ditanya tentang kekuatan dan kelemahan, kamu tampak fleksibel. Ini berarti kamu dapat digunakan di berbagai posisi tergantung pada kebutuhan perusahaan.

Jawaban yang fleksibel seringkali menjadi pilihan terbaik kandidat saat perekrut bertanya tentang kekuatan mereka.

Bisa Bekerja dalam Tim

Di tempat kerja kamu akan menghadapi situasi di mana kamu harus bekerja sendiri atau berkolaborasi dengan orang lain atau tim. Oleh karena itu, kemampuan berkolaborasi dan bekerja dalam tim menjadi kelebihan yang bisa kamu gunakan. Ini juga menunjukkan bahwa kamu fleksibel, mudah beradaptasi, dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

Kemampuan Problem Solving

Jawaban kelebihan kamu selanjutnya yang bisa kamu jawab adalah problem solving.

Di sinilah kamu dapat menjelaskan kepada perekrut bahwa kamu mampu menangani masalah apa pun yang dihadapi. Jawaban ini cukup dicari bagi perusahaan. Alasannya karena ada banyak jenis hambatan di tempat kerja.

Agar terlihat lebih meyakinkan, jangan lupa berikan contoh inisiatif problem solving kamu di kantor lama.

Senang Mempelajari Hal Baru

Ketika kamu bertanya tentang kelebihan dan kelemahan kamu, jawaban untuk kelebihan lainnya adalah kamu senang mempelajari hal-hal baru. Ini populer di kalangan perusahaan, mereka cenderung memberi kamu berbagai tugas yang terkadang di luar deskripsi pekerjaan.

Disini kamu bisa mengatakan bahwa kamu merasa tertantang dengan mempelajari hal-hal baru dan ingin mencoba untuk menguasainya. Kamu juga mungkin menemukan bahwa kamu senang ketika kamu dapat menambahkan keterampilan baru ke tugas yang tidak kamu kuasai.

Passion pada Bidang yang Dilamar

Passion pada bidang yang kamu lamar adalah salah satu jawaban terbaik ketika ditanya tentang kelebihan dan kelemahan kamu dalam sebuah wawancara. Alasannya, karena ini perusahaan tidak perlu khawatir mencari pengganti kamu dalam waktu dekat.

Karyawan yang bekerja dengan semangat biasanya bertahan lama di perusahaan dan melakukan pekerjaan yang berkualitas. Mereka dapat menjelaskan manfaatnya secara detail. Beri tahu perekrut mengapa kamu menyukai bidang ini.

Kekurangan Diri

Nah, setelah kelebihan diri, berikut adalah beberapa contoh kekurangan diri:

Kurang Mahir Menguasai Software Tertentu

Software yang digunakan di tempat kerja selalu diperbarui. Beberapa pekerjaan memerlukan penggunaan software tertentu, tetapi jika kamu tidak terlalu mahir menggunakan software, jujurlah.

Beri tahu mereka bahwa kamu tidak pandai menggunakan software terbaru. Namun, kamu adalah pembelajar yang mau dan cepat, jadi bersiaplah untuk bekerja saat kamu mempelajari cara menggunakan software sampai kamu bisa.

Belum Punya Cukup Pengalaman

Kamu dapat memberi tahu mereka bahwa kamu belum memiliki pengalaman kerja yang cukup. Jawaban yang satu ini bisa digunakan terutama jika kamu baru saja lulus kuliah.

Namun, sebagai solusinya, kamu bisa memaparkan pengalaman magang atau aktivitas lain yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Jangan lupa untuk menjelaskan jawabannya dengan antusias. Kamu kemudian akan dianggap oleh perekrut sebagai karyawan masa depan yang ambisius yang ingin belajar.

Belum Mahir Berbahasa Asing

Keterampilan bahasa asing sering digunakan sebagai persyaratan pekerjaan. Seperti bahasa Mandarin, Inggris, Korea dan lain-lain. Misalnya, Anda dapat berbicara bahasa Inggris tetapi tidak dapat berbahasa Korea.

Sampaikan kalau kamu tidak pandai bahasa Korea, tetapi bahasa Inggris kamu bagus (buktikan jika kamu memilikinya) dan saat ini kamu sedang belajar untuk meningkatkan keterampilan bahasa Korea kamu dalam suatu kursus.

Kompetitif

Kekurangan selanjutnya yang bisa digunakan adalah sifat kompetitif. Jawaban ini menunjukkan bahwa kamu hanya melakukannya dengan baik ketika kamu memiliki tujuan untuk dicapai atau seseorang untuk direkrut.

Selain itu, ini juga bisa menjadi contoh bagi para perekrut bahwa kamu siap bekerja dalam pekerjaan yang kompetitif. Tetapi untuk meningkatkan, jelaskan bahwa kamu memiliki semangat bersaing yang adil. Mereka tidak memukul siapa pun dengan cara yang tidak terpuji.

Terlalu Kritis dengan Diri Sendiri

Menjadi terlalu kritis terhadap diri sendiri bisa menjadi respons yang baik terhadap kelemahan. Di sini kamu bisa menjelaskan bahwa kamu sangat kritis terhadap semua pekerjaan yang diberikan atasan kamu

Sayangnya, kekurangan tersebut terkadang membuat kamu cepat lelah atau enggan menerima bantuan dari rekan kerja. Sebagai solusinya, katakanlah kamu mencoba memperbaiki dengan menghargai pekerjaan yang kamu lakukan.

Kurang Percaya Diri

Kurang percaya diri adalah kondisi dimana kamu merasa tidak mampu dan menganggap orang lain lebih baik dari kamu. Bagi kamu yang pemalu atau tertutup, kamu bisa memberi tahu para perekrut bahwa kamu masih belum terbiasa berbicara di depan banyak orang.

Ceritakan juga bahwa kamu mencoba meningkatkan kepercayaan diri dengan bergabung dalam komunitas, banyak berbicara di depan cermin, dan mengikuti kelas untuk meningkatkan keterampilan kamu.

Ketidaksabaran

Jika kamu adalah orang yang tidak sabar, kamu dapat mengungkapkan bahwa kamu tidak sabar di tempat kerja karena ingin pekerjaan kamu cepat selesai. Namun, hal ini tidak membuat kamu bekerja secara asal-asalan. Kamu masih memperhatikan kualitas pekerjaan dan mengoreksi kembali untuk memastikan bahwa semuanya sudah sesuai untuk meminimalisir kesalahan.

Ini adalah contoh kelebihan dan kekurangan kamu yang bisa kamu pakai sebagai referensi. Semoga membantu, ya! Semangat bekerja dengan dan semoga wawancaranya berjalan dengan baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again