1. DScovery

Cryptocurrency: Definisi, Karakteristik, Fungsi, Jenis, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dapat kamu gunakan sebagai alat transaksi di dunia virtual.

Sejak 2013, cryptocurrency telah menarik perhatian komunitas global. Ini karena banyak media yang mulai meliput mata uang digital ini. Keberadaan cryptocurrency tentunya menawarkan banyak keuntungan dan kerugian dari banyak sisi.

Cryptocurrency adalah istilah yang banyak didengar dalam beberapa tahun terakhir. Tapi tahukah kamu apa itu cryptocurrency? Mari cari tahu lebih lanjut.

Apa Itu Cryptocurrency?

Sederhananya, cryptocurrency adalah mata uang digital. Mata uang ini tidak tersedia dalam bentuk fisik seperti koin atau uang tunai yang digunakan di seluruh dunia.

Dalam cryptocurrency, semuanya benar-benar virtual. Namun, mata uang digital ini memiliki nilai yang cukup tinggi.

Itu juga dapat disimpan dalam dompet digital di smartphone atau perangkat komputasi lainnya. Selain itu, pemegang cryptocurrency juga dapat menggunakan mata uang digital untuk transaksi jual beli.

Karakteristik Cryptocurrency

Adapun, BitDegree menjelaskan pentingnya cryptocurrency dalam hal karakteristik dan kegunaannya sebagai berikut:

Digital, dimana cryptocurrency didefinisikan sebagai mata uang digital, artinya hanya berlaku di komputer. Cryptocurrency tidak ada dalam bentuk fisik yang biasa kita gunakan

Peer-to-peer, menjelaskan bahwa cryptocurrency digunakan untuk transaksi online orang-ke-orang

• Global, karena cryptocurrency serupa di setiap negara, transaksi dapat dilakukan secara bebas antar negara di seluruh dunia tanpa terpengaruh oleh nilai tukar.

Terenkripsi, setiap pengguna harus memiliki kodenya sendiri untuk memperdagangkan mata uang kripto. Saat transaksi sedang berlangsung, pengguna tidak dapat melihat siapa yang melakukan transaksi. Selain itu, nama asli tidak muncul di setiap toko cryptocurrency. Selain itu, tidak ada aturan tentang siapa yang dapat menggunakan cryptocurrency dan untuk apa ia dapat digunakan.

Terdesentralisasi, biasanya selalu melibatkan pihak yang menjadi perantara setiap transaksi, misalnya bank. Namun, tidak ada bank atau pihak seperti itu dalam cryptocurrency. Setiap orang bertanggung jawab atas uangnya sendiri.

Truthless, saat kamu menggunakan cryptocurrency, kamu tidak perlu mempercayai siapa pun di sistem. Dari penjelasan diatas dapat dijelaskan bahwa cryptocurrency adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa melibatkan pihak ketiga. Selain menggunakan cryptocurrency sebagai alat transaksi, banyak juga pengguna yang menggunakan cryptocurrency sebagai alat investasi.

Fungsi Cryptocurrency

1. Membeli barang atau jasa

Saat ini banyak toko yang mulai menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran, termasuk dua perusahaan terkenal seperti Overstock dan Newegg.

Kamu juga dapat menggunakan cryptocurrency di banyak restoran, penerbangan, hotel, aplikasi, dan bar. Mengutip Cointelegraph, ada juga universitas yang juga mengadopsi cryptocurrency. Namun, sebagian besar bisnis baru menerima bitcoin.

2. Investasi

Fungsi cryptocurrency lainnya adalah berinvestasi. Di awal popularitas cryptocurrency, harganya terus meningkat tajam. Tak heran jika banyak orang yang "mendadak kaya" setelah berinvestasi di cryptocurrency.

Cryptocurrency memiliki prinsip yang kurang lebih sama dengan prinsip ekonomi, yaitu. harga naik ketika ada banyak permintaan. Semakin banyak orang berinvestasi dalam cryptocurrency, semakin tinggi harganya. Namun belakangan ini, kenaikan harga mata uang digital ini tidak sekuat tahun-tahun sebelumnya. Ini mungkin karena berinvestasi dalam cryptocurrency adalah kategori risiko tinggi.

3. Mining

Mining atau ekstraksi penting dalam cryptocurrency. Pada dasarnya, pengguna cryptocurrency mendapatkan validasi dengan memecahkan teka-teki kriptografi yang rumit dan menyimpannya di blockchain. Teka-teki ini dapat dipecahkan dengan cara mining. Semakin tinggi daya komputasi pengguna, semakin besar kemungkinan dia bisa menyelesaikannya. Jika kamu berhasil memecahkan teka-teki, kamu akan diberi hadiah berupa biaya transaksi.

Jenis-jenis Cryptocurrency

Diketahui ada lebih dari 2.200 jenis cryptocurrency yang diperdagangkan secara publik. Ini menunjukkan bahwa ada begitu banyak cryptocurrency yang mendapatkan kepercayaan publik. Jenis cryptocurrency berikut ini biasanya diperdagangkan:

1. Bitcoin

Bitcoin adalah jenis cryptocurrency pertama yang masih sangat populer hingga saat ini. Mata uang kripto jenis ini pertama kali muncul pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Tidak ada yang tahu asal usul penyebutan tersebut.

Pada November 2019, lebih dari 18 juta bitcoin diperdagangkan dengan total nilai pasar sekitar $146 miliar. Mengutip Investopedia, sejauh ini 68% cryptocurrency adalah bitcoin.

2. Litecoin

Litecoin adalah jenis cryptocurrency yang ada pada awal adopsi mata uang digital. Jenis cryptocurrency ini muncul pada tahun 2011 sebagai mata uang digital peer-to-peer (P2P) yang membuat blok baru untuk membentuk blockchain lebih cepat. Oleh karena itu, Litecoin memungkinkan pengguna melakukan transaksi lebih cepat tanpa memerlukan sistem komputasi yang kuat.

3. Dogecoin

Dogecoin adalah turunan dari Litecoin yang muncul pada Desember 2013. Seperti namanya, Dogecoin adalah mata uang kripto dengan maskot anjing Shiba Inu. Jenis ini dikenal sebagai cryptocurrency paling ramah karena komunitasnya selalu melakukan amal, donasi, dan kegiatan positif lainnya. Dogecoin memiliki nilai yang jauh lebih rendah daripada Bitcoin. Maka jangan heran jika cryptocurrency jenis ini biasa digunakan untuk hadiah, transaksi kecil dan tip.

4. BitcoinCash

Diluncurkan pada Agustus 2017, ini sudah menjadi salah satu dari lima cryptocurrency teratas. Jenis ini juga diperkenalkan karena beberapa pengguna Bitcoin tidak setuju dengan aturan yang diterapkan. Kelompok pengguna ini berpisah dan membentuk mata uang digital mereka sendiri yang disebut BitcoinCash. Kelompok tersebut juga melakukan berbagai improvisasi yang menurut mereka lebih baik daripada cryptocurrency pertama.

5. Feathercoin

Merupakan jenis cryptocurrency open source. Jenis ini dibuat pada April 2013 oleh Peter Bushnell, seorang petugas IT di Brasenose College, University of Oxford. Koin bulu ini mirip dengan Litecoin dan dilisensikan di bawah lisensi MIT/X11.

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Kelebihan

• Universal

Seluruh dunia dapat menggunakan cryptocurrency. Namun, tidak semua orang memenuhi persyaratan untuk mendaftar sebagai nasabah bank. Oleh karena itu, cryptocurrency dianggap universal karena tidak ada syarat untuk menjadi pengguna.

• Cepat

Transaksi pembayaran dengan cryptocurrency cukup cepat dibandingkan dengan transaksi bank. Transfer bank internasional biasanya dapat memakan waktu lebih dari satu hari.

Pada saat yang sama, perdagangan bitcoin hanya membutuhkan waktu beberapa menit hingga satu jam.

• Transparansi

Setiap pengguna cryptocurrency dapat melihat semua transaksi yang dilakukan. Namun tentunya kamu tidak tahu siapa yang melakukan transaksi tersebut, karena hanya berupa nomor tanpa identitas.

• Kontrol pribadi

Setiap pengguna bertanggung jawab atas uang mereka sendiri.

Kekurangan

• Celah bagi kejahatan

Tidak ada yang tahu siapa di balik sebuah kode cryptocurrency. Itulah sebabnya banyak orang menggunakan cryptocurrency untuk tujuan kriminal. Kamu dapat memperdagangkan barang legal atau ilegal dengan mata uang digital ini tanpa terlacak.

• Sekali lupa password, semua uang bisa hilang

Karena cryptocurrency menggunakan sistem kata sandi tanpa ada yang memeriksanya, jika kamu lupa kata sandinya, kamu berisiko kehilangan semua dana di akun Anda.

• Banyak yang masih menganggapnya ilegal

Banyak negara yang masih menganggap cryptocurrency ilegal dan tidak sah untuk transaksi jual beli di negaranya.

Demikian penjelasan kamu tentang apa itu cryptocurrency, mulai dari definisi, jenis-jenis, hingga kelebihan dan kekurangannya. Semoga jadi pertimbangan mu untuk memilih mata uang ini, ya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again