1. DScovery

Curiosity: Arti dan Fungsinya dalam Dunia Marketing

Seseorang yang penuh dengan rasa ingin tahu dapat berperan dalam menyukseskan strategi marketing.

Curiosity atau rasa ingin tahu merupakan suatu hal yang wajar dimiliki oleh setiap orang. Dalam dunia marketing, rasa keingintahuan ini merupakan salah satu aspek penting yang harus dimanfaatkan.

Pasalnya, dalam pembuatan strategi marketing tidak hanya membutuhkan orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi saja, melainkan kamu juga bisa memanfaatkan curiosity untuk menarik perhatian customer akan produkmu.

Lantas, apa arti curiosity dan apa saja fungsinya dalam dunia marketing?

Arti Curiosity dalam Dunia Marketing

Secara harfiah, arti curiosity adalah rasa ingin tahu. Curiosity ini merupakan dasar bagi seseorang untuk melakukan hal baru dengan berkreasi, beinovasi serta berimprovisasi dengan berbagai ide-ide baru yang cemerlang.

Curiosity juga menjadi salah satu dasar untuk membuat suatu strategi yang digunakan dalam dunia marketing. Mengutip dari laman Forbes, curiosity marketing adalah sebuah metode untuk para pebisnis dan marketers untuk menarik perhatian publik agar tertarik dengan produk atau layanan yang diberikan.

Dalam hal ini, curiosity marketing mengandalkan pengaruh psikologis agar orang-orang merasa tertarik dan membeli produk yang ditawarkan. Tujuan utamanya tentu untuk meyakinkan customer yang ingin tahu mengenai suatu produk secara lebih dalam.

Manfaat Curiosity dalam Dunia Marketing

Dalam dunia marketing, curiosity memiliki peran penting untuk menghasilkan sesuatu yang inovatif dan menarik. Apabila hal ini dimanfaatkan dan diterapkan pada strategi marketing, tentunya akan memberikan berbagai manfaat tertentu.

Melansir dari laman pure360, berikut adalah beberapa manfaat curiosity dalam dunia marketing, antara lain:

1. Menjadi Garis Terdepan dalam Inovasi Marketing

Inovasi adalah kunci utama dari strategi marketing yang sukses. Berbagai hal-hal baru seperti strategi, fitur, fungsi, hingga taktik digunakan setiap harinya. Semua hal tersebut harus terus diikuti dan diterapkan agar tidak ketinggalan zaman.

Dalam hal ini, curiosity berperan penting dalam menyajikan inovasi baru yang bisa digunakan dalam marketing. Dengan begitu, strategi yang digunakan akan lebih tepat sasaran dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Melihat Melalui Sudut Pandang Customer

Curiosity juga dapat mengantarkanmu untuk melihat melalui sudut pandang customer. Dengan hal tersebut, kamu bisa memahami hal-hal yang berkaitan dengan customer, seperti apa saja yang diharapkan mereka, apa yang membuat mereka tertarik untuk membeli, apa saja tujuan, dan lain sebagainya.

Tentunya hal-hal tersebut merupakan informasi penting yang bisa digunakan untuk menyukseskan sebuah marketing campaign. Pasalnya, berbagai informasi di atas merupakan sebuah dasar untuk membuat desain komunikasi marketing yang tepat sasaran.

3. Memahami Cara Kerja Campaign

Curiosity juga sangat penting digunakan untuk memahami cara kerja campaign. Kamu bisa memahami berbagai aspek-aspek penting dalam sebuah campaign dan menerapkannya.

Dalam hal ini, kamu bisa menganalisis secara lebih dalam terhadap salah satu campaign yang sukses. Namun, jangan lupa juga untuk mengolaborasikannya dengan bagian lain, seperti bagian penjualan dan customer service untuk hasil yang lebih akurat.

4. Meminta Feedback

Seseorang yang penuh dengan rasa ingin tahu tidak akan segan-segan untuk meminta feedback. Pasalnya, feedback merupakan hal terbaik untuk memahami bagaimana hasil dari suatu hal dari sudut pandang lain.

Feedback dapat berupa review maupun rating. Kamu juga bisa meminta feedback dalam bentuk survey yang ditujukan langsung pada customer.

Dengan feedback, kamu bisa mengetahui apa saja yang mereka sukai dan tidak sukai mengenai produkmu. Dari feedback tersebut, kamu bisa melakukan analisis untuk menyesuaikan produk yang kamu tawarkan dengan kebutuhan customer.

5. Memahami Kompetitor

Persaingan antar kompetitor merupakan hal yang normal dalam dunia bisnis. Meski sering dianggap sepele, namun memerhatikan kompetitor sebenarnya termasuk hal yang penting untuk dilakukan.

Seseorang yang memiliki curiosity akan melakukan hal tersebut untuk mengetahui apa saja yang kompetitor bisnisnya lakukan, termasuk apa saja hal-hal yang membuat mereka sukses dan gagal.

Memahami kompetitor bukan berarti kamu bisa melihat kelemahan mereka dan menjelekkannya. Namun, memahami kompetitor berarti kamu bisa melihat bagaimana hal-hal mengenai kelebihan dan kekurangan mereka dapat kamu manfaatkan untuk membuat suatu strategi marketing yang sukses.

6. Terbuka Terhadap Kritik dan Saran

Selain terbuka terhadap feedback dari atasan, seseorang yang memiliki curiosity juga biasanya terbuka terhadap kritik dan saran dari rekan-rekan kerja yang lain. Pasalnya, ada kemungkinan bahwa feedback yang diberikan oleh atasan bersifat subjektif.

Maka dari itu, agar kamu bisa menerapkan sebuah strategi marketing yang sukses, jangan lupa juga untuk melakukan cross-check feedback yang kamu dapatkan dengan data-data yang lebih objektif.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti curiosity dan fungsinya dalam dunia marketing. Curiosity penting dibutuhkan dan dimanfaatkan dalam membuat strategi marketing yang sukses.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again