1. Startup

Daftar Startup Cleantech Indonesia di Sektor Energi

Solum.id mendaftar ada 14 startup cleantech yang bergerak di bidang energi terbarukan

Terlepas dari kendala seputar pendanaan dan regulasi, ekosistem startup cleantech di Indonesia punya potensi untuk tumbuh subur.

Secara umum, ekosistem startup cleantech di Indonesia dapat dipetakan menjadi tiga sektor: sektor energi, sektor transportasi, dan sektor industri & pembangunan.

Di artikel ini, tim Solum.id telah mengumpulkan deretan startup cleantech Indonesia yang bergerak di sektor energi.

Berikut daftar lengkapnya.

1. Xurya

Didirikan pada tahun 2018, Xurya merupakan startup yang menyediakan solusi lengkap terkait kebutuhan listrik bersih bersumber energi matahari.

Platform yang Xurya bangun ditargetkan untuk membantu transisi energi para pemilik bangunan komersial dan industri, mulai dari tahap studi kelayakan investasi, manajemen instalasi, hingga operasional dan pemeliharaan berkala.

Website: xurya.com

2. SolarKita

SolarKita menyediakan solusi terintegrasi bagi konsumen residensial yang tertarik untuk menambahkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) pada atap rumahnya.

Pelayanan yang diberikan mencakup dari tahap konsultasi hingga perawatan dan pemantauan performa PLTS. SolarKita juga menawarkan program pendanaan yang cukup fleksibel.

Website: solarkita.com

3. Warung Energi

Berdiri pada tahun 2017, Warung Energi adalah salah satu unit bisnis milik PT Bina Lintas Usaha Ekonomi (BLUE) yang mengusung konsep one-stop shopping terkait solusi teknologi energi terbarukan.

Warung Energi menjual komponen PLTS secara terpisah sekaligus melayani instalasi PLTS rumahan dalam berbagai paket yang dapat disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan konsumen.

Website: warungenergi.com

4. BTI Energy

Didirikan pada Maret 2020 di Denpasar, Bali, BTI Energy merupakan penyedia layanan EPC (engineering, procurement, and construction) yang fokus pada energi terbarukan, khususnya energi matahari.

Fokus utama BTI Energy adalah mengatasi tantangan biaya tinggi dalam pemasangan panel surya, yakni melalui biaya yang terjangkau beserta skema pembayaran yang fleksibel.

Website: btienergy.id

5. Gree Energy

Sejak 2013, Gree Energy telah menawarkan solusi dekarbonisasi bagi industri pengolahan makanan dengan mengubah air limbah yang dihasilkan menjadi biogas — yang kemudian dapat digunakan untuk menghasilkan energi, panas, air bersih, pupuk organik, ataupun dijual sebagai kredit karbon.

Website: gree-energy.com

Untuk daftar selengkapnya, kunjungi Solum.id. Solum.id adalah media online yang fokus menyajikan berbagai artikel tentang sektor keberlanjutan dan teknologi masa depan.

-

Disclosure: Solum.id adalah bagian dari grup DailySocial.id

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again