1. Entrepreneur

Bagaimana TikTok Shop Menjadi Kanal Promosi dan Penjualan yang Efektif untuk UMKM

Menilik dampak awal yang ingin diciptakan di TikTok Shop dan kemudahan bagi UMKM.

Seperti yang Anda ketahui, TikTok Shop kini menjadi salah satu platform aktivitas jual-beli online yang banyak digemari para pemilikbisnis online, terutama bisnis pada skala kecil dan menengah. Penggunaan TikTok Shop ini pun dinilai memiliki dampak positif bagi UMKM, khususnya dari segi peningkatan penjualan.

Kali ini, Anda akan diajak untuk menilik lebih dalam terkait dampak yang dihasilkan TikTok Shop bagi UMKM dari sisi UMKM itu sendiri serta dari TikTok selaku pihak yang mewadahi UMKM melalui TikTok Shop.

Dampak TikTok Shop Bagi UMKM

Dalam proses mengetahui dampak TikTok Shop bagi usaha skala kecil dan menengah, UMKM pengguna TikTok Shop menjadi pihak yang sangat penting untuk memberikan informasi terkait hal ini.

Untuk mengetahui apakah ada dampak yang signifikasi dari penggunaan TikTok Shop, Sevine, salah satu UMKM pengguna TikTok Shop membagikan pengalaman dan informasinya untuk Anda.

Jadi, apa saja dampak yang diperoleh Sevine selama menggunakan TikTok Shop?

Mengapa Memilih TikTok Shop?

Salah satu UMKM yang turut menggunakan platform TikTok Shop ini adalah Sevine. Sevine adalah usaha berbasis online di bidang fashion yang menyediakan fashionitem berupa totte bag untuk target pasar usia remaja dan dewasa.

Target pasar dari Sevine ini, menurut Rinda selaku Marketing Sevine, menjadi alasan utama bagi Sevine memilih TikTok Shop sebagai salah satu platform penjualan.

“TikTok Shop ini sangat memiliki peluang untuk menjual produk Sevine lebih banyak, karena pengguna tiktok kebanyakan range umur delapan belas sampai dua puluh empat. Nah, itu sama seperti target pasar Sevine,” ujarnya.

Berangkat dari alasan tersebut, Sevine mulai fokus dalam memanfaatkan TikTok Shop. Setelah mengunggah produk ke TikTok Shop, biasanya akun Sevine akan mengunggah 1 hingga 3 konten promosi di TikTok per-harinya.

Apabila konten yang diunggah pada akun Sevine berhasil masuk ke For You Page (FYP), hal tersebut dinilai Rinda menghasilkan dampak yang lebih besar secara organik terhadap branding dan penjualan Sevine.

“Apalagi kalau videonya masuk FYP. Jadinya hasilnya lebih berkali lipat dibanding pakai influencer. Jadi nggak perlu mengeluarkan modal,” kata Rinda.

Dampak dari Segi Penjualan dengan TikTok Shop

Sebelumnya, Sevine hanya mengandalkan penjualan melalui salah satu situs e-commerce. Setelah merambah ke TikTok Shop dan mulai mengunggah konten serta melakukan live sebanyak 3 hingga 4 kali dalam seminggu, diakui Rinda, Sevine mengalami kenaikan penjualan hingga 50% atau bahkan 70% jika video Sevine berhasil masuk ke FYP.

“Kalau untuk penjualannya itu naik sekitar lima puluh persen dari platforme-commerce sebelumnya. Sebelumnya kan cuma pake satu platform, nah abis itu kenaikannya lima puluh sampai tujuh puluh persen.”

Dari hasil yang diperoleh oleh Sevine selama menggunakan TikTok Shop dan juga peningkatan branding Sevine, Rinda menilai bahwa TikTok Shop memberikan banyak dampak positif bagi Sevine.

Kendala dalam Menggunakan TikTok Shop

Jika sebelumnya pembahasan lebih mengarah kepada dampak, lalu bagaimana dengan kemudahan penggunaan? Mengingat pengguna TikTok Shop mayoritas adalah usaha menengah, kecil, atau bahkan yang baru merintis, apakah penggunaan TikTok Shop cukup mudah?

Diakui Rinda, terdapat beberapa hal yang menjadi kendala selama ia mengelola TikTok Shop Sevine, antara lain tidak adanya kategori untuk produk dan benefit gratis ongkir yang hanya bisa dinikmati oleh beberapa akun saja.

“Kalau untuk kendalanya di TikTokshop mungkin fiturnya kurang ada kategori-kategorinya jadi produknya masih pada jadi satu gitu ya. Sama biasanya free ongkir nya nggak semua akun dapet karena masih banyak (pelanggan) yang mengeluh nggak dapet free ongkir jadi larinya ke e-commerce lain untuk checkout,” katanya.

Meskipun terdapat beberapa kendala yang dialami Rinda, namun TikTok Shop masih menjadi andalan bagi Sevine sebagai salah satu platform penjualan karena dinilai sangat efektif dalam meningkatkan branding serta penjualan produk totte bag Sevine.

Bagaimana TikTok Shop Bisa Berdampak bagi UMKM?

Dari informasi yang dibagikan Rinda terkait dampak TikTok Shop bagi Sevine selaku UMKM, Anda tentu dapat melihat banyaknya sisi positif dari TikTok Shop dan bagaimana TikTok Shop memiliki peran yang besar terhadap perkembangan Sevine saat ini.

Lalu, apakah dampak ini adalah hal yang sejak awal memang ingin diciptakan oleh TikTok Shop? Apa yang membuat TikTok Shop menjadi platform yang bisa memberikan dampak  signifikan terhadap UMKM Indonesia?

TikTok Shop merupakan marketplace inovatif yang terintegrasi sepenuhnya ke dalam platform media sosial TikTok. Dengan dukungan fitur-fitur seperti video singkat, tab tampilan produk pada profil, dan live streaming pada aplikasi TikTok, TikTok Shop hadir menyatukan online seller, pembeli, dan  juga kreator.

Pemanfaatan TikTok Shop oleh UMKM

Sebelumnya, Anda telah mengetahui bagaimana pemanfaatan TikTok Shop oleh Sevine dimana Sevine aktif melakukan promosi melalui fitur video singkat dan livestream. Apakah hanya itu yang bisa dilakukan UMKM dengan TikTok Shop?

Selain kedua fitur tersebut, spokesperson TikTok Shop mengatakan UKM juga bisa mengikuti program inkubasi dan pelatihan TikTok Shop Seller Conference yang sebelumnya telah diselenggarakan bulan Juni lalu dan akan kembali diadakan bulan Agustus 2022 ini.

“Dalam program ini, para seller dapat mengikuti workshop dan menjalin networking dengan sesama seller serta kreator.”

Tidak hanya TikTok Shop Seller Conference, pada bulan yang sama, TikTok Shop juga akan mengadakan program fashion exhibition bernama TikTok For You Fashion. Program ini dapat diikuti oleh seller TikTok Shop pada kategori fashion dengan rangkaian acara mulai dari fashion show hingga talkshow bersama kreator yang diadakan di Kota Kasablanka.

Dampak yang Ingin Diciptakan TikTok Shop bagi UMKM

Dengan pemanfaatan fitur-fitur yang dihadirkan TikTok Shop, banyak UKM sangat terbantu dalam hal promosi dan penjualan. Apakah hal tersebut memang goals yang ingin diciptakan TikTok Shop untuk UMKM?

Kepada DailySocial, pihak TikTok Shop membeberkan dampak awal yang ingin diciptakan untuk para pelaku bisnis kecil dan menengah di Indonesia.

Sejak awal, TikTok Shop telah berkomitmen untuk menjadi platform yang dapat membantu UMKM di Indonesia mengembangkan bisnisnya secara digital. Hal ini, menurut spokesperson TikTok Shop, juga sebagai salah satu bentuk kontribusi TikTok dalam membantu pemulihan kondisi ekonomi Indonesia setelah mengalami penurunan di masa pandemi.

“TikTok Shop berkomitmen untuk menjadi platform yang dapat dimanfaatkan para pemilik bisnis lokal, khususnya UKM, untuk mengembangkan bisnisnya di platform digital. Hal ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi di Indonesia pasca pandemi.”

Kemudian, melalui TikTok Shop, para pelaku UMKM juga diharapkan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dan dapat mengenalkan produknya ke seluruh Indonesia, serta memberikan pengalaman jual-beli yang menghibur. Dampak positif ini juga dikatakan telah dirasakan oleh sebagian besar seller TikTok Shop.

“Hal ini sudah dirasakan oleh sejumlah seller di TikTok Shop yang mengalami peningkatan jumlah penjualan, salah satunya adalah Ayjona Store, seller yang terkenal dengan produk kaftannya, yang berhasil mengalami peningkatan GMV hingga sepuluh kali lipat selama bulan Ramadan tahun ini di TikTok Shop.”

Melihat fakta bahwa adanya peningkatan rata-rata GMV (Gross Merchandise Value) TikTok Shop sebanyak 18 kali lipat sejak Agustus hingga Desember 2021 serta potensi pertumbuhan, TikTok Shop antusias untuk bisa terus berperan dalam membantu peningkatan bisnis UMKM Indonesia secara digital yang juga sejalan dengan program pemerintah 30 Juta UKM Go Digital di 2023.

“TikTok Shop bersemangat untuk mengajak UKM untuk menjadikan platform ini sebagai medium dalam meningkatkan bisnisnya, sejalan dengan program pemerintah yang menargetkan sebanyak 30 juta UKM go digital di 2023, TikTok Shop akan terus membantu UKM untuk menumbuhkembangkan bisnisnya melalui platform TikTok Shop.”

Mengapa TikTok Shop Menjadi Platform yang Efektif untuk UMKM?

Dari komitmen awal TikTok Shop hingga banyaknya pelaku UMKM yang mengandalkan TikTok Shop saat ini mengartikan TikTok Shop berhasil menjadi platform yang efektif dalam meningkatkan penjualan UMKM. Bagaimana hal ini dapat tercapai? Mengapa banyak UMKM akhirnya memilih menggunakan TikTok Shop?

Menurut spokesperson TikTokShop, terdapat tiga hal yang menjadi alasan mengapa TikTok Shop dinilai menjadi platformcommerce yang banyak diminati UMKM sebagai tempat jual-beli serta mampu memberikan hasil yang positif bagi UMKM.

Pertama, TikTok Shop merupakan platform jual-beli yang mengusung konsep shoppertainment. Konsep ini adalah sebuah konsep di mana pengguna dapat berbelanja produk-produk menarik sambil menikmati hiburan dari fitur video singkat dan livestream.

Kedua, adanya solusi yang menyatukan seller, konsumen, dan kreator pada TikTok Shop sehingga memperluas jangkauan pasar sebuah bisnis.

“TikTok Shop menyediakan solusi satu atap yang menyatukan penjual, pembeli, dan kreator online dalam satu platform. Hal ini memudahkan para UKM untuk menjangkau pasar atau audiens yang lebih luas melalui video singkat, livestreaming dan tampilan showcase produk di profil seller.”

Ketiga, TikTok Shop memfasilitasi UKM dengan program pelatihan dan edukasi seperti program TikTok Shop Seller Conference yang akan diselenggarakan pada Agustus 2022 bersamaan dengan peringatan Hari UKM Nasional.

Setelah mengetahui apa yang menjadi tujuan awal TikTok Shop dan apa yang dirasakan oleh UMKM pengguna TikTok Shop saat ini, dapat dilihat bahwa TikTok Shop berhasil membawa dampak yang positif bagi UMKM serta memiliki peran besar dalam perkembangan bisnis setiap UMKM yang tergabung sebagai seller TikTok Shop.

Kemudahan branding dan peningkatan penjualan adalah dua hal yang membuat banyak UKM mengandalkan TikTok Shop sebagai salah satu platform commerce bisnisnya. Salah satunya adalah Sevine.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again