1. Startup

Dengan Jutaan Orang Mulai Mengakses Internet Setiap Tahunnya, Perubahan Monumental akan Terjadi di Daerah Rural Indonesia

Layanan yang dibangun untuk kaum urban mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan orang yang tinggal di kota-kota kecil, sementara layanan hyperlocal baru sedang dibuat.

Jakarta adalah kota yang penuh jukstaposisi. Di samping banyaknya masjid terdapat kehidupan malam yang semarak, meskipun banyak juga lingkungan yang tutup setelah gelap. Lebih dari setengah dekade yang lalu, jika Anda ingin menikmati camilan larut malam, pilihannya terbatas—berkreasilah di dapur sendiri atau tunggu hingga fajar menyingsing. Namun, semua hal tersebut telah berubah. Sekarang, Anda bisa mendapatkan makanan yang diantarkan langsung ke depan pintu rumah hampir setiap saat hanya dengan beberapa ketukan di ponsel. Ponsel cerdas dan koneksi internet yang stabil telah mengubah harapan kita dan cara kita membelanjakan uang kita. Urbanites, khususnya, dimanjakan dengan kenyamanan.

Transformasi serupa sedang terjadi di daerah yang tidak terlalu padat di negara ini. Dengan pandemi yang belum berakhir dan pembangunan infrastruktur baru yang berkelanjutan, perkembangan ini hanya terjadi pesat di negara-negara berkembang. Sekitar 40 juta orang di enam negara di Asia Tenggara—Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Thailand—online untuk pertama kalinya pada tahun 2020, menurut laporan Google, Temasek Holdings, dan Bain & Company. Ini jauh lebih tinggi dari jumlah tahun 2018 sebesar 10 juta, atau total 100 juta antara tahun 2015 dan 2019. Tujuh wilayah metropolitan, termasuk Jakarta, menyumbang lebih dari 50% ekonomi internet di kawasan itu, tetapi wilayah di luar kota-kota besar memiliki potensi untuk tumbuh dua kali lebih cepat, sebut penulis laporan.

Dengan semua perkembangan baru ini, masyarakat Asia Tenggara akan lebih terhubung dari sebelumnya. Apa sebenarnya harapan para pendatang baru di dunia maya?

Social media mendominasi

Pada tahun 2019, Amalia yang bekerja di sebuah instansi pemerintah dipindahkan ke provinsi paling timur Indonesia, Papua. Lahir dan besar di Jakarta, kepindahannya membutuhkan banyak penyesuaian. “Koneksi internet cukup stabil di siang hari, tetapi sering tiba-tiba turun di malam hari,” katanya kepada KrASIA.

Pada Q2 2020, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta atau 73,7% dari populasi. Negara ini melihat 25,5 juta orang online untuk pertama kalinya dalam rentang waktu 2019 hingga 2020, menurut sebuah laporan oleh asosiasi penyedia internet Indonesia.

Jumlah pengguna internet di Indonesia

Pengguna internet baru di Pulau Jawa mencapai 56,4%, diikuti oleh Sumatera (22,1%), Pulau Sulawesi (7%), Kalimantan (6,3%), Bali dan Nusa Tenggara (5,2%), dan Maluku-Papua (3%), disebut dalam laporan.

Seperti yang biasa terjadi di negara berkembang, banyak orang Indonesia telah melalui komputer pribadi dan mengakses internet terutama melalui ponsel cerdas mereka. Motivasi utama adalah untuk mengakses media sosial, aplikasi perpesanan, serta konten informasi dan rekreasi.

Penetrasi internet (%) di Indonesia dari 2019 hingga Q2 2020

“Ada beberapa hotspot publik yang tersedia di daerah perkotaan. Banyak orang "nongkrong" di sekitar hotspot untuk internet gratis. Kebanyakan dari mereka menggunakan internet untuk hiburan, seperti streaming musik, dan untuk mengakses platform media sosial. Orang-orang juga mulai banyak menggunakan alat pembelajaran online selama pandemi,” kata Amalia.

Senada dengan pengamatan Amalia, operating partner East Ventures, David Fernando Audy mengatakan bahwa kebutuhan pengguna internet pemula tentu berbeda dengan kebutuhan masyarakat yang tech-savvy di wilayah metro. Biasanya, mereka mencari akses ke informasi baru, menyerap teks dan gambar melalui kueri di mesin pencari sebelum bergabung dengan jaringan media sosial.

“Begitu mereka memiliki kecepatan internet yang cukup untuk mencari dan berbagi gambar, mereka akan menjadi pengguna aktif platform media sosial seperti Facebook atau Instagram. Mereka juga ingin mengonsumsi konten audio-visual dari platform seperti YouTube. Setelah terbiasa menggunakan internet dan media sosial, mereka akan mulai menjajaki perdagangan online, yang merupakan layanan yang lebih maju,” kata Audy.

Namun, penyedia layanan digital cenderung merancang dan membuat produk berdasarkan kebutuhan masyarakat perkotaan karena mereka sering kali menjadi pengguna pertama dengan pendapatan yang dapat dibelanjakan lebih tinggi, dan pasarnya jauh lebih padat dan lebih besar. Misalnya, mudah untuk mencari informasi tentang restoran di Jakarta, dan ada banyak daftar acara, yang semuanya dapat dicari di aplikasi pesan-antar makanan atau tiket acara. Namun, selangkah saja meninggalkan area metro, keadaannya akan jauh berbeda.

“Kami memiliki Gojek dan Grab di sini, tetapi mereka tidak selalu tersedia seperti di Jakarta,” kata Amalia. “Untuk mendapatkan informasi terbaru, kami biasanya mengikuti akun komunitas lokal seperti Info Jayapura di Facebook dan Instagram—ini adalah dua aplikasi yang harus dimiliki di sini.”

Di luar kota-kota besar, meski sudah tidak asing lagi dengan belanja online, mereka tetap lebih suka menggunakan Facebook daripada Tokopedia atau Shopee. “Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, orang suka membeli barang secara online melalui Facebook Marketplace karena mereka memiliki banyak pilihan lokal, dan lebih mudah untuk menghubungi penjual di sana,” tambah Amelia. Secara garis besar, media sosial merupakan pintu gerbang pertama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam menjalankan bisnisnya secara online. Mereka mulai dengan Facebook dan WhatsApp dan pada akhirnya beralih ke platform e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar mereka.

Layanan spesifik untuk pengguna internet baru

Arena yang paling kompetitif—yang hampir tidak ada di kota-kota urban—akan menjadi layanan hyperlocal yang dibangun untuk kota-kota dengan tingkat yang lebih rendah. Ini dapat terwujud dalam pembelian kelompok dan social commerce, di mana jaringan komunitas memindahkan kebiasaan belanja orang secara online, seringkali dengan penduduk setempat yang bertindak sebagai pemimpin atau perwakilan kelompok. Sentuhan manusiawi dalam pengaturan ini menghilangkan keraguan yang mungkin dimiliki beberapa orang tentang melakukan transaksi online.

Investor telah menggelontorkan cek untuk penyedia layanan hyperlocal dalam mengantisipasi pertumbuhan bisnis yang melonjak. Penyedia perdagangan sosial Super baru-baru ini mengumpulkan USD 28 juta dalam putaran Seri B yang dipimpin oleh SoftBank, dan KitaBeli meraih USD 10 juta dari AC Ventures dan East Ventures pada bulan April. Kedua platform tersebut menjual barang-barang konsumen yang bergerak cepat di daerah-daerah di luar kota-kota besar Indonesia dan seringkali melayani orang-orang yang belum pernah berbelanja online sebelumnya. Di tempat lain di kawasan ini, social commerce masih merupakan sektor baru, dengan kemunculan platform-platform baru dalam beberapa tahun terakhir, seperti Webuy di Singapura dan Mio di Vietnam, yang mengumpulkan pendanaan awal pada bulan Mei.

Selain selera konsumen yang besar, digitalisasi usaha kecil juga akan membentuk kembali lanskap komersial Indonesia. Melalui laporan digital competitiveness report-nya, East Ventures memproyeksikan seluruh wilayah di Tanah Air akan terkoneksi internet tahun depan, dan 18,4 juta UMKM akan go digital pada akhir 2022.

Beberapa startup sudah mewujudkannya. Startup pembukuan seperti BukuWarung dan BukuKas juga tengah naik daun. Mereka berhasil mendapatkan pendanaan besar baru-baru ini, dan keduanya mengklaim telah mendigitalkan jutaan UMKM di kota-kota kecil di seluruh negeri. Sementara itu, Mitra Tokopedia, Mitra Bukalapak, GrabKios by Kudo, Warung Pintar, dan Ula telah mengembangkan platform bagi pemilik toko untuk mengelola inventaris dan pesanan mereka secara digital. Sejauh ini, banyak dari layanan ini terbatas di Jawa, tetapi Audy dari East Ventures percaya bahwa jejak mereka dapat menyebar karena UMKM diwariskan kepada anak muda yang mobile-first.

“Usaha kecil seperti warung tetangga dan rumah makan biasanya dimiliki oleh keluarga, dan sekarang telah terjadi regenerasi dimana para milenial mengelola kios tersebut, dan mereka lebih terbuka untuk menggunakan layanan digital,” kata Audy. “Semakin banyak UMKM yang mau berjualan online, namun seringkali mengalami kesulitan dalam mengelola beberapa toko online secara bersamaan, terutama karena sebagian besar usaha mikro dan kecil tidak memiliki karyawan. Oleh karena itu, akan ada lebih banyak permintaan untuk e-commerce enabler. Misalnya, ada Sirclo, yang memungkinkan pemilik usaha kecil untuk membuka dan mengelola beberapa toko online dengan mudah.”

Pentingnya teknologi di daerah terpencil

Ada bermacam-macam konsekuensi dari percepatan transformasi digital yang cepat selama pandemi —akses yang lebih baik ke pendidikan dan keterlibatan yang lebih kuat dalam masyarakat yang lebih luas di luar lingkungan terdekat mereka. Namun, sementara populasi ini sekarang memiliki akses ke jalur baru untuk pertukaran informasi, mereka masih membutuhkan kecepatan internet yang lebih tinggi, koneksi yang stabil, dan layanan lokal.

Dalam pidato yang diberikan tahun lalu, Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pandemi adalah katalis untuk transformasi ekonomi pedesaan. Dia berjanji pemerintah akan memberikan lebih banyak akses ke teknologi, modal, dan peningkatan kapasitas. Salah satu upaya publik adalah pembangunan jaringan kabel serat optik Palapa Ring khususnya di kawasan timur Indonesia.

Pandemi telah memaksa bisnis dan organisasi publik untuk menempatkan karyawan mereka bekerja dari rumah. Banyaknya alat produktivitas dan kolaborasi yang tersedia, ditambah dengan internet dengan kecepatan tinggi, memungkinkan hal ini. Banyak orang yang tinggal dan bekerja di perkotaan kembali ke kampung halamannya untuk menghemat biaya sewa dan biaya hidup. Jika pengaturan ini berlanjut setelah pandemi, urbanisasi mungkin melambat, dan orang-orang yang tinggal di kota-kota kecil akan dapat bekerja dari jarak jauh untuk bisnis di mana pun di negara ini. Ini membuka peluang baru bagi orang-orang di kota tingkat-2 dan tingkat-3 dan bahkan dapat mengubah cara kantor dan kantor pusat perusahaan akan beroperasi dalam waktu dekat.

Artikel ini pertama kali dirilis oleh KrASIA. Kembali dirilis dalam bahasa Indonesia sebagai bagian dari kerja sama dengan DailySocial

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again