1. Entrepreneur

Pentingnya Desain Konten Media Sosial, Amalia Nanda: Desain Visual Adalah Wajah Terdepan Sebuah Bisnis

Amalia Nanda, Content Lead Nice To Meet You Studio, membagikan pendapatnya dan beberapa tips terkait desain konten pada media sosial bisnis, terutama UMKM.

Media sosial adalah salah satu platform yang jarang luput dari keseharian banyak orang. Tak heran, media sosial kini tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan sosial, seperti berinteraksi dengan kerabat secara online, tapi juga untuk kebutuhan bisnis.

Media sosial merupakan platform digital yang wajib dimiliki oleh sebuah usaha, termasuk usaha berskala kecil dan menengah, di era yang serba digital seperti sekarang. Dengan menggunakan media sosial, sebuah usaha dapat menjangkau lebih banyak orang melalui konten yang terkadang tidak hanya informatif tapi memiliki tampilan yang enarik.

Tapi, apakah konten media sosial harus memilki desain yang menarik? Seberapa penting desain konten pada akun media sosial usaha, terutama pada UMKM?

Apakah Desain Konten Pada Media Sosial UMKM Penting?

Ketika berbicara tentang konten, beberapa orang tidak hanya mempertimbangkan informasi yang disajikan, tapi juga bagaimana tampilan konten tersebut. Tapi, apakah desain pada konten media sosial merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan?

Menurut Amalia Nanda, Content Lead Nice To Meet You Studio, desain konten pada media sosial terutama media sosial usaha, termasuk UMKM, merupakan hal yang penting. Baginya, desain konten bukan hanya untuk menambah estetika media sosial, tapi tampilan visual pada konten media sosial juga memberikan audiencesfirstimpression terkait usaha yang Anda miliki.

“Desain visual itu wajah terdepan untuk sebuah brand atau bisnis, bukan sekadar estetika semata,” ujar Amalia.

Selain itu, Amalia juga memaparkan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mempertimbangkan desain pada konten media sosial usaha Anda, termasuk untuk UMKM.

Manfaat Desain Pada Konten Media Sosial Bisnis

Selain membuat tampilan media sosial usaha menarik, terdapat beberapa manfaat lainnya dari mempertimbangkan desain pada konten media sosial bisnis. Salah satu manfaatnya adalah desain pada konten media sosial bisnis dapat membantu membangun brand image dan menyampaikan pesan kepada audiences. Menurut Amalia, media sosial merupakan media terbaik untuk berkomunikasi dengan audiences sebagai calon pelanggan. Mengemas tampilan konten sebagai sarana komunikasi di media sosial dengan desain akan membantu membangun image bisnis Anda di mata pelanggan dan memudahkan informasi pada konten diterima dengan baik oleh audiences.

Kemudian, Amalia juga menjelaskan bahwa desain dapat membantu sebuah usaha mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan. Membangun trust adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh sebuah bisnis, terutama pada UMKM.

“Desain juga membantu kita membangun trust, mendapat kepercayaan dari pelanggan, dan hal ini sangat penting untuk UMKM, termasuk yang baru membangun atau mengembangkan bisnis. Pasti kamu pernah ingin beli sesuatu, cek-cek akun media sosial mereka dan ketika desainnya ‘proper’, kamu tahu bahwa bisnisnya bukan tipu-tipu. Jika ada dua bisnis dengan produk dan harga yang sama, kemungkinan besar kamu akan memilih yang desain konten media sosialnya lebih bagus,” jelas Amalia.

Ciri-Ciri Desain Konten Media Sosial yang Ideal

Bagaimana ciri desain konten media sosial yang baik? Seperti yang Anda ketahui, setiap akun media sosial usaha menampilkan desain konten media sosial yang berbeda. Sebuah desain tidak bisa dikatakan baik atau buruk. Namun, idealnya desain untuk konten media sosial sebaiknya disesuaikan dengan target audience dan produk usaha Anda.

“Yang paling utama adalah desainnya sesuai dengan target audience dan customer produk kamu. Desain se-powerful itu untuk membangun image dan menjaring audience. Kalau desain tidak cocok dengan audience yang dituju, bisa jadi yang datang melihat konten kamu bukan yang akan membeli produk kamu,” ujar Amalia.

Tips Membuat Desain Konten Media Sosial Bisnis

Membuat desain konten media sosial bukanlah hal yang mudah. Namun, seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, hal ini penting untuk dilakukan. Apabila Anda berencana untuk mulai mempertimbangkan tampilan konten media sosial usaha Anda, berikut ini beberapa tips yang diberikan Amalia untuk Anda.

Pastikan Fondasi Bisnis Kuat dan Jelas

Tips pertama sebelum mulai membuat strategi konten media sosial beserta desainnya adalah memastikan poin-poin dasar dalam usaha Anda telah jelas. Poin-poin tersebut antara lain adalah visi misi, produk, keunggulan, dan target customer.

Kemudian, dari poin-poin sebelumnya Anda dapat menentukan beberapa hal lainnya yang dapat digunakan sebagai pertimbangan pembuatan konten dan desain konten media sosial, antara lain persona brand, target audience, serta pesan yang ingin disampaikan kepada audiences.

Buat Strategi Konten Media Sosial dan Desainnya

Selanjutnya, setelah poin-poin pada tips sebelumnya telah ditentukan, Amalia menyarankan untuk menggunakan informasi tersebut untuk membuat strategi konten media sosial usaha Anda.

“Informasi tersebut menjadi acuan kita untuk membuat strategi konten media sosial, baik dari konten maupun desainnya.”

Anda dapat menentukan bagaimana konten Anda akan didesain agar dapat menarik audiences yang telah Anda tetapkan sebelumnya dan bagaimana akhirnya pesan yang ingin Anda sampaikan dapat diterima dengan baik dengan target audiences tersebut.

Menggunakan Jasa Desain Sebagai Bentuk Investasi

Meskipun desain konten adalah salah satu hal yang crucial karena mempengaruhi beberapa hal seperti yang sebelumnya telah disinggung, namun masih banyak yang mengabaikannya. Salah satu faktornya adalah bingung menentukan desain seperti apa yang sesuai untuk media sosial usahanya.

Sebagai solusinya, Amalia menyarankan untuk menggunakan jasa desain sebagai bentuk investasi. Menurutnya berinvestasi pada desain akan memberikan dampak besar jangka panjang pada bisnis.

“Berinvestasi pada desain memang bukan keputusan yang mudah, sebagian malah berpikir kalau spending untuk desain itu tidak memberikan hasil yang nyata. Tapi kalau dilihat dalam jangka waktu menengah dan panjang, serta diiringi dengan berbagai strategi lainnya, impactnya sangat besar pada bisnis,” jelasnya.

Selain itu, menggunakan jasa desain untuk meng-handle desain konten media sosial usaha juga memberikan kemudahan kepada Anda selaku pemilik dan Anda dapat memanfaatkan waktu untuk fokus kepada aspek lain dalam bisnis.

“Banyak aspek yang harus diperhatikan dalam bisnis, bukan hanya marketing, produk, atau service, tapi juga sampai ke finance dan resource lainnya. Mencari jasa desain dengan model penawaran yang sesuai bisa jadi solusi. Urusan desain bisa didelegasikan dan pemilik bisnis bisa fokus ke aspek lain dalam bisnis yang juga nggak kalah penting,” lanjut Amalia.

Desain konten media sosial ternyata memiliki peranan yang cukup penting dalam hal engagement dengan audiences di media sosial bisnis Anda, baik UMKM maupun bisnis skala besar sekalipun. Meskipun sulit, namun desain konten media sosial adalah suatu hal yang wajib Anda pertimbangkan. Jika perlu, Anda juga dapat menerapkan beberapa tips di atas untuk mempermudah pembuatan strategi desain konten media sosial usaha Anda.

Header by Pexel.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again