21 February 2014

by Yoga Wisesa

Detail Terbaru Tentang Cortana, Personal Assistant A la Siri dari Microsoft

Microsoft melakukan pendekatan yang unik dalam merancang fitur Personal Assistant (PA) baru mereka. Layanan ini bukanlah sebuah 'penemuan' baru, namun dengan menggunakan karakter dan ikon dari franchise game terbesar mereka untuk menjadi asisten pribadi Anda, Microsoft mendapat anggukan setuju baik dari pecinta teknologi dan juga para gamer.

Dikenal dengan nama Cortana, karakter ini pertama kali muncul dalam seri permainan shooter eksklusif Xbox berjudul Halo. Cortana adalah asisten artificial intelligence yang menemani Master Chief (bukan Chef!) sang tokoh utama Halo, dalam petualangannya.

Bukan hanya mengambil karakter dan nama dari permainan tersebut, Cortana dalam Windows Phone juga diperankan oleh talenta pengisi suara yang sama, Jen Taylor.

 

Info menarik: [InfoDigi] Pengguna Instagram Indonesia: Suka #latepost dan Selfie

 

Detail tentang Cortana masih sangat sedikit, tapi untungnya Microsoft mau membocorkan sedikit informasi esensial tentangnya yang membuat kita cukup penasaran. Cortana dirancang untuk menggantikan fitur search built-in di Bing yang memadukan kemampuan Siri dan Google Now.

Dalam inkarnasinya di mobile, Cortana akan mengambil penampilan berupa ikon bulat dengan animasi dinamis - bukan lagi gadis cantik hologram berwarna biru dengan rambut pendek. Animasinya akan 'berubah' saat berbicara atau berpikir, melompat-lompat, atau bahkan 'cemberut' bergantung dari input yang Anda masukan.

Fitur yang membedakannya dengan personal assistant lain ialah kemampuan Notebook. Notebook memungkinkan Cortana mengakses seluruh informasi seperti data lokasi, memilih kepribadian yang tepat, mengingatkan penggunanya, mengakses info pribadi dan info kontak.

Itu artinya ia sangat pintar, tapi bukankah apa yang Cortana coba akses itu merupakan data pribadi? Microsoft berjanji walaupun ia bisa mengaksesnya, Cortana tidak akan menyimpannya dalam Notebook tanpa seizin Anda.

Dengan memanfaatkan Notebook, Cortana dapat mencari jawaban yang Anda tanyakan melalui teks maupun suara. Ia akan memberikan saran, peringatan, jawaban dan menyapa Anda langsung dengan memanggil nama. Dari hasil search dan penggunaan smartphone, Cortana akan mempelajari data-data pribadi seperti alamat rumah, tempat kerja dan minat Anda.

 

Info menarik: Waze Memiliki 750.000 Pengguna di Indonesia

 

Ia akan memberikan Anda masukan dan informasi tentang cuaca, bursa saham, arah jalan, janji temu hingga musik berdasarkan data lokasi dan detail lain. Seperti personal assistant dari Apple, Cortana juga memiliki fitur do-not-disturb yang berfungsi untuk 'membungkam' notifikasi masuk. Ia bisa memilah-milah mana kontak terpenting untuk Anda dan mana yang bisa menunggu di lain kesempatan.

Yang banyak orang harapkan adalah Cortana bukan hanya hadir di perangkat mobile ber-Windows Phone saja, tapi juga bisa diakses dari PC dan juga yang terpenting: Xbox One. Karena walaupun vitur voice command di dalamnya sudah cukup canggih, pengguna masih harus mengikuti pola perintah yang 'kaku'.

Kini kita tinggal menunggu kapan Microsoft mengumumkan secara resmi ketersediaan Cortana, saya sudah tidak sabar untuk merasakan bagaimana rasanya menjadi Master Chief...

Sumber The Verge. Sumber gambar header: Forbes.