1. Startup

Detikcom Luncurkan "Masak Apa" untuk BlackBerry, Android, dan iPhone

Informasi tentang masak memasak dan di mana mencari rumah makan semakin menjadi komoditas menarik di ranah mobile. Diluncurkan di akhir bulan Juli yang berdekatan dengan awal puasa, Detikcom, dengan payung PT  Agranet Multicitra Siberkom, merilis aplikasi Makan Apa untuk 3 mobile platform, BlackBerry, Android, dan iPhone. Semuanya tersedia secara gratis. Kebutuhan untuk menjalankan aplikasi ini tidak besar, cukup minimal gunakan BlackBerry OS 5, Android 1.6, ataupun iOS versi 3.0. Sebelumnya Detikcom telah mengeluarkan Makan di Mana untuk 3 mobile platform yang sama.

Detikcom sebagai media online terkemuka di Indonesia nampaknya semakin agresif dalam membuat aplikasi untuk mobile. Tidak lain bahwa dengan pertumbuhan mobile yang lebih cepat ketimbang penetrasi desktop di tanah air yang menyebabkan potensi mobile yang demikian besar. Meskipun demikian, sementara ini memang implementasinya baru di area ponsel pintar (smartphone).

Detikcom telah membuat khusus portal Mobile Apps yang memuat daftar aplikasi apa yang dibuat oleh Detikcom dan untuk platform apa saja. Nampaknya sih fokus Detikcom hanya untuk 3 platform, BlackBerry, Android, dan iOS (iPhone atau iPad).

Selain Makan Apa, kompetitor terdekat yang memuat tentang resep masakan adalah Sajian Sedap dari Kompas-Gramedia, Selera Nusantara dari Apps-Foundry, dan Sedapur [yang terakhir ini sementara hanya berbasis web]. Konsep monetisasi yang paling tepat di sini tentunya adalah B2B, bekerja sama dengan sejumlah perusahaan FMCG yang bergerak di bisnis ini. Buat saya monetisasi di bidang ini cukup menarik karena peluangnya cukup luas dan memang perusahaan yang bergerak di segmen ini belum banyak yang go online.

Tentunya memang membaca resep dari layar seluas 3 inci sambil memasak belum tentu senyaman jika Anda membaca buku resep. Buat saya platform paling pas untuk ini tentu tablet. Hanya Selera Nusantara yang saat ini telah diimplementasikan untuk iPad. Tapi tentunya ada pertimbangan khusus dari pengembang kenapa lebih memilih untuk diluncurkan bagi smartphone, termasuk karena jumlah penetrasi 3 mobile platform ini yang lebih besar ketimbang tablet. Anda yang berminat bisa langsung akses tautan di atas. Selamat berpuasa dan variasikan menu berbuka dan sahurnya dengan aplikasi ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again