1. Startup

Startup Cloud Kitchen DishServe Tutup

Sebelumnya sempat pivot menjadi penyedia solusi otomatisasi operasional restoran, kafe, dan dapur khusus layanan pengiriman

Startup cloud kitchen DishServe mengumumkan gulung tikar. Salah satu penyebabnya dikarenakan tidak memiliki runway yang cukup untuk terus beroperasi, sementara perusahaan tidak mampu meyakini para investor bahwa bisnis ini dapat tumbuh positif dalam jangka panjang.

Informasi ini pertama kali diumumkan oleh CEO DishServe Rishabh Singhi melalui tulisan yang diunggah di LinkedIn kemarin (01/5). Ia menyampaikan, "Sebuah perjalanan yang luar biasa berakhir. Dengan sangat sedih saya ingin mengumumkan bahwa kami telah menutup DishServe," tulisnya.

Dipaparkan pula sejumlah pencapaian dan pelajaran yang dipetik sepanjang ia merintis DishServe pada 2020. Di antaranya adalah:

  1. Pabrik produksi makanan yang sepenuhnya otomatis. Tidak memiliki pengalaman manufaktur sebelumnya dan membuat fasilitas produksi yang berfungsi penuh dalam waktu tiga bulan.
  2. Memiliki jaringan lebih dari 200 mitra dapur, murni dengan model kemitraan, sehingga asset-light dan mungkin termasuk cara termurah untuk mengoperasikan cloud kitchen.
  3. Meluncurkan dan meningkatkan berbagai merek makanan sehat yang menghadirkan keterjangkauan, aksesibilitas, dan rasa kepada pelanggan di 10 kota di Indonesia, melayani lebih dari 100 ribu pelanggan.

Pencapaian positif tersebut ternyata tidak sebanding realita yang ada di lapangan. Ia merinci tiga isu yang diharapkan dapat diselesaikan:

  1. Awalnya margin DishServe rendah, sementara fokusnya mengejar pertumbuhan. Alhasil, perusahaan menghabiskan sebagian besar runway-nya untuk itu. Pada saat mulai mengejar peningkatan margin, sisa runway sudah terlalu sedikit.
  2. Narasi tentang F&B dinilai sudah membosankan, tidak begitu seksi lagi di mata VC sekarang. Akhirnya, perusahaan tidak dapat meyakinkan cukup banyak orang bahwa bisnis DishServe dapat ditingkatkan menjadi bisnis ARR senilai $100 juta dalam 5-6 tahun ke depan.

"Terakhir, kami mencoba menyelesaikan terlalu banyak masalah, mulai dari pembuatan merek hingga rantai pasokan dan distribusi hingga produksi makanan. Kami seharusnya dapat berfokus pada salah satunya dan mulai memonetisasinya lebih awal," tutup Singhi.

Saat dihubungi lebih lanjut oleh DailySocial.id, Singhi masih enggan memberikan pernyataannya lebih lanjut, terkait efektif tutup operasional, karyawan terdampak, dan rencana ia selanjutnya. Ia hanya menyampaikan bahwa dirinya masih membutuhkan waktu untuk mencerna seluruh keputusan yang telah diambil.

Sebelum membangun DishServe, Singhi menjabat sebagai COO RedDoorz selama hampir lima tahun.

Kini akun media sosial DishServe sudah dihapus, pun situsnya sudah tidak bisa diakses lagi.

Perusahaan telah mengantongi pendanaan pra-seri A dari sejumlah investor, di antaranya Genting Group, Insignia Venture Partners, Stonewater Ventures, Ratio Ventures, Rutland Ventures, 300x Ventures, MyAsiaVC, dan beberapa angel investor. Pada 2020 mereka juga telah menerima pendanaan tahap awal dari Insignia.

Sempat umumkan pivot

Sebelum mengambil keputusan tutup ini, DishServe mengumumkan pivot berfokus pada penyediaan solusi otomatisasi operasional restoran, kafe, dan dapur khusus layanan pengiriman (delivery online). Sebelum mantap dengan keputusan tersebut, uji coba telah dilakukan sejak Juli 2022, kemudian rampung pada tiga bulan kemudian tepatnya September 2022.

Target penggunanya pun luas, tidak terbatas pada bisnis kuliner rumahan saja, tapi juga bisnis yang berada di skala lebih tinggi. Tak terlepas juga bisnis yang sudah punya kehadiran toko offline juga tak liput dari incaran, sehingga DishServe tidak sepenuhnya bergantung pada bisnis pesan antar makanan saja (delivery only).

Untuk melayani segmen delivery only, perusahaan telah membangun sederet merek F&B yang fokus untuk memproduksi makanan berkualitas tinggi dengan meningkatkan akses, harga terjangkau, dan cita rasa enak. Merek DishServe diklaim mampu meningkatkan daya jangkau konsumen dengan skema manufaktur massal di pabrik, sehingga menurunkan biaya produksi sekaligus mempertahankan kualitas secara konsisten.

More Coverage:

Merek DishServe seluruhnya adalah menu makanan sehat. Nama-namanya adalah KitFit, LIT, Uncle Tam, Bing Bing, dan Chickass.

Adapun bisnis awal DishServe adalah menyediakan fasilitas dapur rumah atau aset dapur yang kurang dimanfaatkan sebagai bagian dari jaringan untuk bertindak sebagai titik distribusi jarak jauh untuk brand F&B. Sebagai marketplace, DishServe memudahkan pemilik brand untuk berkembang tanpa biaya tetap melalui infrastruktur yang dimiliki DishServe.

Selain itu, dapur rumahan juga bisa memperoleh penghasilan tambahan dengan bertindak sebagai titik distribusi jarak jauh. Dengan demikian, konsumen yang menyukai brand yang tergabung dalam DishServe dapat terbantu karena mereka dapat dengan mudah membeli makanan dalam kurang dari 10 menit dikirim dari titik terdekat mereka.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again