1. DScovery

Disrupsi: Pengertian, Penyebab, Dampak dan Tips dalam Menghadapinya

Disrupsi adalah perubahan besar yang terjadi dalam bisnis.

Pernahkah kamu mendengar istilah disrupsi? Dalam dunia bisnis, disrupsi sering kali dianggap sebagai istilah yang memiliki konotasi negatif. Pasalnya, disrupsi seringkali berkaitan dengan adanya perubahan yang menyebabkan berubahnya suatu susunan atau tatanan.

Disrupsi menyebabkan dampak yang cukup signifikan apabila sebuah bisnis gagal menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Oleh sebab itu, disrupsi harus dihadapi agar bisnis dapat terus bertahan.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan disrupsi dan apa saja tips dalam menghadapinya?

Pengertian Disrupsi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disrupsi adalah suatu hal yang tercabut dari akarnya. Dari pengertian tersebut, disrupsi dapat diartikan sebagai suatu fenomena ketika terjadi perubahan atau lompatan besar yang menyebabkan seluruh tatanannya berubah.

Dalam dunia bisnis, disrupsi bisa disebabkan oleh adanya perubahan zaman. Hal inilah yang kemudian menjadi tantangan yang cukup berat bagi perusahaan agar terus melakukan inovasi yang relevan dengan perubahan zaman.

Sebuah perusahaan yang masih menggunakan sistem atau cara-cara yang lama kemungkinan besar akan gagal bersaing dengan mereka yang sudah memiliki sistem yang baru. Oleh sebab itu, setiap perusahaan harus memiliki strategi dan langkah-langkah yang tepat untuk menghadapi disrupsi di tengah era persaingan seperti saat ini.

Penyebab Disrupsi

Secara garis besar, disrupsi disebabkan oleh adanya perubahan secara masif yang dapat mengubah seluruh tatanan. Dalam hal ini, ada dua penyebab utama terjadinya disrupsi, yakni:

Adanya Inovasi yang Belum Pernah Ditawarkan Sebelumnya

Salah satu penyebab utama disrupsi adalah adanya inovasi yang dibawa oleh perusahaan-perusahaan baru. Dalam hal ini, mereka basanya menawarkan model bisnis baru yang belum pernah ditawarkan sebelumnya.

Sementara perusahaan-perusahaan lama lebih fokus pada model bisnis yang sedang dijalani untuk mempertahankan pasarnya. Celah inilah yang kemudian menjadi pangsa pasar bagi perusahaan baru untuk masuk dan menawarkan inovasi yang belum ada sebelumnya.

Keinginan untuk Saling Mempertahankan Target Pasar

Perusahaan-perusahaan baru cenderung memiliki pondasi dan pengetahuan bisnis yang cukup kuat. Hal inilah yang kemudian menjadi celah yang berbahaya bagi perusahaan-perusahaan lama. Pasalnya, mereka tidak akan mengira bahwa pasar mereka akan diubah oleh para pendatang baru yang memiliki inovasi dan sumber daya yang baru.

Dampak Disrupsi

Disrupsi tentu memiliki dampak yang cukup signifikan dalam dunia bisnis. Banyak perusahaan yang meskipun sudah mapan, tetap harus beradaptasi terhadap perkembangan zaman dengan melakukan inovasi dalam hal teknologi.

Ketika mereka tidak mampu melakukan hal itu, maka akan berdampak buruk bagi kelangsungan bisnisnya. Beberapa contoh bisnis yang paling berdampak dalam hal ini adalah bisnis retail, media cetak, taksi konvensional, dan lain masih banyak lagi.

Tips dalam Menghadapi Disrupsi

1. Melakukan Inovasi

Melakukan inovasi merupakan tips paling utama dalam menghadapi disrupsi. Inovasi dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan pasar yang terus berubah seiring waktu.

Agar tepat sasaran, setiap inovasi yang dilakukan harus disertai dengan riset yang mendalam. Selain bertujuan agar sesuai dengan tujuannya, riset ini juga berguna untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya

Selain inovasi, kualitas sumber daya juga perlu diperhatikan. Pasalnya, SDM yang berkualitas dan berintegritas akan membawa perubahan positif bagi perusahaan.

Sumber daya yang berkualitas juga memungkinkan terciptanya inovasi yang unggul dan ide-ide yang cemerlang agar perusahaan dapat tetap bertahan dalam menghadapi disrupsi.

3. Melakukan Transformasi Digital

Perkembangan teknologi yang semakin maju menyebabkan berbagai perubahan yang terjadi, salah satunya adalah transformasi digital. Teknologi digital yang canggih dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan selesai dengan cepat.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai disrupsi. Dengan memahami lebih jauh tentang disrupsi, tentunya kamu dapat terhindar dari dampak buruknya dengan melakukan beberapa tips di atas.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again