Categories

Gadget

Duet S Pen dan S Notes pada Galaxy Note20 untuk Bekerja di Era New Normal

Berbagai pembaruan yang Samsung terapkan pada S Pen dan S Notes di Note20 Series

Glenn Kaonang - 12 August 2020

Dilihat dari sudut mana pun, Samsung Galaxy Note20 Series memang merupakan perangkat yang sangat ideal untuk memaksimalkan produktivitas. Layar besarnya sangat nyaman dipakai untuk menyunting dokumen, sedangkan storage-nya yang melimpah juga memastikan pengguna bisa menyimpan banyak file sekaligus. Tidak ketinggalan juga adalah baterainya, yang tak cuma berkapasitas besar, tapi juga mendukung pengisian yang cepat.

Jadi tanpa didampingi S Pen pun sebenarnya Note20 sudah sangat cocok dipakai bekerja. Namun kenyataannya tidak demikian. Sejak generasi pertamanya yang dirilis 10 tahun silam, Galaxy Note Series selalu hadir bersama S Pen, dan Samsung tentu sudah menyempurnakannya lebih jauh lagi pada Note20 Series.

Pembaruan yang paling utama adalah terkait latency. Berkat refresh rate 120 Hz pada layar Note20 Ultra, latency S Pen bisa dipangkas hingga menjadi 9 milidetik saja. Pada Note20, latency-nya tercatat cuma 26 milidetik, jauh lebih instan daripada milik generasi sebelumnya. Secara keseluruhan, latency yang rendah bakal semakin memberikan kenyamanan saat mencatat, mengedit foto, maupun mengedit video menggunakan S Pen.

Namun seperti yang kita tahu, S Pen bukan lagi sekadar stylus, melainkan juga remote control dengan beragam fungsionalitas. Pada Note20, Samsung telah menambahkan beberapa gerakan baru (Air Gesture) untuk S Pen. Selain hardware, pembaruan juga diterapkan pada software, spesifiknya aplikasi Samsung Notes.

Fitur-fitur baru S Notes

Duet maut S Pen dan S Notes pada Note20 bakal semakin terasa di masa pandemi seperti sekarang, sebab kita dituntut untuk bisa bekerja di mana pun dan dalam situasi apa pun, termasuk bekerja dari rumah dan selagi diganggu oleh banyak faktor pengalih perhatian. Di sinilah S Notes mencoba membantu.

Ketika harus mencatat sesuatu secara tiba-tiba, ada fitur Screen-off Memo yang bisa dimanfaatkan. Cukup keluarkan S Pen dan ketuk layar Note20 Series menggunakan S Pen, maka pengguna bisa langsung menulis tanpa perlu membuka lockscreen terlebih dulu dan mencari aplikasi S Notes. Catatan yang dibuat di sini tentu akan disimpan ke dalam S Notes secara otomatis, dan pengguna juga punya opsi untuk mengubah catatannya menjadi format PDF, PPT maupun DOC.

Terkadang saat mencatat dengan terburu-buru, mungkin tulisan pengguna akan kelihatan miring, dan di sini fitur Auto Straighten bakal sangat berguna. Lalu seandainya harus memberikan feedback kepada tim, S Notes menawarkan fitur Import PDF sehingga pengguna bisa langsung mencorat-coret di atas dokumen tersebut menggunakan S Pen, baik untuk menandai tulisan, memberikan komentar, atau menaruh gambar.

Juga unik adalah fitur Audio Bookmark, yang dirancang untuk memberikan timestamp pada Voice Notes dan mensinkronisasikannya dengan tulisan yang pengguna buat secara bersamaan. Fitur ini sangat berguna seandainya pengguna lupa mengenai salah satu poin pembicaraan yang dicatat sebelumnya. Cukup tekan tombol play di kanan atas S Notes, lalu ketukkan S Pen pada poin yang ingin diingat, maka S Notes akan memainkan Voice Notes-nya secara otomatis.

Pembaruan lainnya adalah sistem folder pada S Notes, yang memudahkan pengguna untuk mengatur semua catatannya seperti mengatur file di PC, sehingga mudah dicari di kemudian hari. Buat yang punya lebih dari satu perangkat pintar, S Notes kini menawarkan fitur sinkronisasi otomatis sehingga semua catatan yang pengguna buat bisa tersedia di setiap perangkat yang dimiliki.

Konsumen yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series bisa langsung mengikuti pre-order mulai 6 Agustus hingga 19 Agustus 2020. Berikut rincian penawaran menarik yang bisa didapat selama masa pre-order:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp 14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp 2.399.000
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256 GB memiliki harga Rp 17.999.000, sementara varian 512 GB dibanderol senilai Rp 19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note20 Ultra akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp 2.599.000

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan Bank Cashback hingga Rp1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra Bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah register sebelumnya di situs resmi Samsung dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp699.000.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs Pre-Order Samsung di www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung untuk pre-order kali ini, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Samsung. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter