1. English

Echelon Indonesia 2016 Resmi Dibuka

Dengan tema Empowering through Innovation, acara akan digelar 5 - 6 April 2016 di Jakarta

Acara Echelon Indonesia 2016 secara resmi telah dibuka. Acara yang diselenggarakan di Balai Kartini ini menghadirkan 3 panggung utama, sesi keynote dan penelis dan berbagai acara yang mensinergikan teknologi, bisnis dan gaya hidup untuk mendukung inovasi.

Acara dibuka oleh perwakilan penyelenggara (DailySocial.id dan e27.co) serta dihadiri oleh pewakilan dari pemerintah salah satunya Ricky Pesik, Vice President dari Bekraf. Acara Echelon Indonesia 2016 sendiri diselenggarakan oleh e27.co dan DailySocial.id serta didukung oleh Bekraf.

Dengan tema utama Empowering through Innovation acara dua hari ini dibagi dalam tiga panggung utama (Start, Scale dan Steer) yang masing-masing menyuguhkan konten menarik mulai dari ecommerce, tema investasi, pengembangan startup, hardware, transportasi, kewirausahaan sosial, pengembangan sumber daya manusia dan berbagai tema lain.

Selain keynote, diskusi panel dan pitching oleh startup yang masuk ke TOP100 Startup Programme dari Indonesia, acara juga dimeriahkan oleh eksebisi dari berbagai startup dengan ragam segmen yang bervariasi.

Thaddeus Ko Co-founder dan COO dari e27 mengatakan dalam rilis pers bahwa tahun ini selain menjadi platform untuk startup, korporasi dan SME berkumpul dan berdiskusi tentang pertumbuhan teknologi yang mendukung segala aspek bisnis, Echelon juga memberikan penekanan pada ecommerce dan FinTech sebagai salah satu segmen yang bertumbuh pesat. Dengan dukungan pemerintah khususnya di roadmap ecommerce, diharapkan para pelaku yang terlibat di diindustri bisa bersinergi untuk membawa bisnis berbasis teknologi ke arah yang lebih berkembang.

Rama Mamuaya, founder dan CEO DailySocial.id menambahkan bahwa dengan acara ini diharapkan semua aspek bisnis bisa saling berdiskusi dan mendapatkan insights dari berbagai nara sumber yang hadir agar bisa lebih siap dalam menyambut era digital. Rama juga menambahkan bahwa penyelenggara berharap para pelaku bisnis bisa lebih terbuka dan berinovasi dengan menerapkan teknologi sebagai basis bisnis mereka di masa depan.

Acara Echelon Indonesia 2016 sendiri akan digelar mulai hari ini, 5 april sampai denan 6 April 2016. Setidaknya ada 64 booth yang bisa dijelajah untuk saling berjejaring. Akan banyak pula investor serta pelaku ekosistem digital yang akan hadir. Pemerintah pun membuka dua booth, tidak lupa para sponsor yang juga menyapa pengunjung yang datang.

Sambutan perwakilan Bekraf

Perwakilan Bekraf mengucapkan selamat atas dibukanya ajang Echelon Indonesia 2016. Dalam sambutannya, Ricky Pesik sebagai Vice President dari Bekraf juga menjelaskan beberapa program Bekraf dan rencana yang ingin dicapai sampai dengan tahun 2019 nanti.

Sebagai badan baru membawahi 16 sektor di bidang kreatif memiliki tiga target utama sampai dengan 2019 atau selama masa pemerintahan presiden Jokowi. Tiga target utama itu antara lain: peningkatan kontribusi produk kreatif sebesar 13 persen,  peningkatan tenaga kerja di bidang kreatif sebesar 13 juta dan kontribusi eksport dari produk ekononi kreatif sebesar 10 persen.

Program atau target utama ini untuk menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu penyumbang ekonomi terbesar

Sedangkan dari sisi teknologi beberapa sektor yang bersentuhan antara lain adalah aplikasi dan game developer, animasi, media. Bekraf juga memiliki program untuk menyediakan forum yang membahas bidang TI di ekonomi kreatif.

Ricky juga menjelaskan beberapa kegiatan terkait TI yang sudah mulai dan akan diluncurkan antara lain Coding MUM, penyiapan ekosistem terintegrasi untuk  pre-startup bernama Bek UP. Bekraf juga berperan untuk memberikan masukan ke presiden terkait ekosistem seperti apa yang dibutuhkan Indonesia di masa depan dari sisi TI.

Bekraf juga dijelaskan memiliki peran untuk membantu dan menciptakan ekosistem yang lebib baik tentang TI, juga memberi masukan atas regulasi, baik yang baru atau memperbaiki yang sudah ada. Masukan ini dianjurkan para para pengambil keputusan termasuk presiden, tujuannya agar lebih adaptif untuk kremajuan ekosistem teknologi yang lebih maju.

Setelah sambutan dari penyelenggara serta perwakilan Bekraf acara Echelon Indonesia 2016 sendiri langsung digelar dengan menghadirkan para pembicara terpilih di 3 panggung yang berbeda. Satu perwakilan dari pemerintah lainnya, Menkominfo dijadwalkan akan hadir pula sebelum makan siang.

Update: Kami tambahkan informasi tentang kehadiran Menkominfo Rudiantara.

Gelaran Echelon Indonesia 2016 juga dihadiri oleh perwakilan pemerintah selain Bekraf. Menkominfo Rudiantara juga hadir dan memberikan sedikit 'sambutan' pada para peserta di panggung utama Echelon.

Meski tidak menyiapkan secara khusus presentasi terkait tema acara Echelon, Rudiantara tetap memberikan presentasi singkat tentang infrastruktur yang merupakan tulang punggung dari perkembangan ICT, seperti yang beliau sebutkan dalam presentasi, tanpa infrastruktur maka digital tidak akan jalan. Rudiantara menjelaskan tentang proyek palapa ring yang diusahakan selesai pada awal tahun 2019 untuk paket Barat dan Tengah.

Ikuti terus perkembangan acara Echelon di DailySocial.id.

Update: Perbaikan keterangan program bekraf (Coding MUM dan Bek UP).

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again