Categories

MARKETING

Tips Mengelola Database Email Marketing dalam Jumlah Besar

Melalui pengumpulan data dan pengelolaan secara nurturing.

Guest Post - 26 July 2020

Dalam menggunakan email marketing, hal yang cukup penting untuk diperhatikan adalah pengelolaan database pelanggan yang dimiliki. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola database, yaitu bagaimana cara kita mengumpulkan data lalu kemudian mengelola data tersebut dengan baik.  Dengan memiliki pengelolaan database yang baik, seorang pelaku bisnis dapat memanfaatkan database tersebut untuk menciptakan kampanye pemasaran yang lebih terukur dan masif.

Namun, salah satu masalah yang biasanya akan muncul saat mengelola database adalah bagaimana para pelaku bisnis dapat melakukan pengelolaan database saat data yang dimiliki mulai berjumlah besar. Melalui artikel ini, kami akan membahas bagaimana strategi yang tepat untuk melakukan pengumpulan dan pengelolaan data, sehingga data yang dimiliki nantinya dapat dimanfaatkan untuk membuat kampanye menjadi lebih maksimal.

Strategi Mengumpulkan Data

Lead Magnet

Lead magnet merupakan hal yang kita berikan kepada calon pelanggan agar memberikan ketertarikan kepada mereka untuk memberikan data yang dibutuhkan. Dalam menggunakan lead magnet sebagai strategi pengumpulan data, Anda perlu melihat nilai lead magnet yang diberikan dengan data yang dibutuhkan. Nilai antara keduanya harus berbanding lurus. Contohnya, bila yang ditawarkan hanya subscribe ke newsletter Anda, data yang dikumpulkan mungkin tidak bisa terlalu banyak, cukup nama dan email misalnya. Akan tetapi, ketika lead magnet yang diberikan nilainya lebih tinggi misalnya diskon, voucher, atau ebook, data yang dapat diminta kepada calon pelanggan bisa lebih banyak lagi.

Anda bisa memanfaatkan berbagai cara untuk mendatangkan leads. Dimulai dari yang paling sederhana, yaitu pengunjung website Anda. Anda juga bisa mendatangkan leads dari berbagai kegiatan yang diikuti seperti pameran, exhibition, atau konten media sosial yang dapat memperlihatkan lead magnet yang akan diberikan.

Strategi Mengelola Data

Nurturing Data

Nurturing data adalah bagaimana cara kita dapat memproses sebuah data. Banyak pelaku bisnis yang telah berhasil memiliki jumlah database yang sangat besar. Namun masih banyak pula yang belum tahu database tersebut akan digunakan untuk apa serta bagaimana mengelola data-data tersebut dengan baik. Data yang tidak diolah dan dikelola dengan baik tidak akan dapat menjadi insight untuk kampanye pemasaran Anda.

Anda bisa memanfaatkan fitur Contact Management yang tersedia di penyedia layanan email marketing Anda untuk dapat mengelola data dalam jumlah cukup banyak seperti 10.000 data, 100.000 data, atau bahkan lebih. Untuk dapat memanfaatkan fitur ini dengan baik, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pengelolaan data menggunakan fitur Contact Management.

  • Labeling

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan label kepada database yang dimiliki. Label ini juga bisa digunakan untuk membedakan database yang Anda miliki. Ada berbagai cara untuk melakukan labeling. Contohnya Anda bisa memberikan label berdasarkan bagaimana cara Anda mendapatkan database tersebut. Misalnya database tersebut diberi label “exhibition” karena Anda mendapatkannya dari acara exhibition yang baru saja Anda ikuti. Dengan memiliki label seperti ini, Anda bisa menghubungi mereka dengan cara yang lebih personal, misalnya membawa konteks exhibition yang baru saja diikuti bersama.

  • Segmentasi

Segmentasi selalu penting dilakukan untuk menciptakan komunikasi yang terukur dan relevan bagi bisnis. Dengan melakukan segmentasi pada database, Anda akan dapat lebih cermat untuk mengetahui konten yang cocok, produk yang pernah dibeli, atau bagaimana aktivitas yang dilakukan pada kampanye pemasaran yang sebelumnya.

Dengan melakukan pengelolaan data yang tepat, Anda dapat menjaga relevansi dengan audiens dan customer pada kampanye email marketing dengan lebih baik lagi. Kegiatan pengelolaan data ini juga sebaiknya tidak hanya dilakukan dalam sekali waktu, namun harus dilakukan secara terus menerus. Salah satu penyedia layanan email marketing yang dapat membantu Anda melakukan pengelolaan data tersebut adalah MTARGET. Bila tertarik untuk mencoba fitur-fitur yang disediakan oleh MTARGET, silahkan daftarkan diri Anda melalui link berikut ini.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter