Categories

MARKETING

Mengenal 5 Bentuk Email Marketing untuk Bisnis

Penggunaannya sesuai dengan fungsi dan tujuan dalam mengirimkan email marketing

Guest Post - 13 September 2020

Email marketing kini menjadi salah satu channel yang kerap digunakan dalam strategi pemasaran bagi suatu bisnis. Melalui email marketing, bisnis tidak hanya dapat memberi informasi produk maupun layanan yang dimiliki, tetapi juga membangun interaksi serta meminta pendapat kepada konsumennya.

Selain itu, email marketing ini dapat dimanfaatkan pula untuk mengubah audiens menjadi konsumen Anda. Namun, untuk merasakan dampak positif bagi perkembangan bisnis, Anda harus terlebih dahulu mengetahui beberapa jenis email marketing yang biasa dikirimkan kepada audiens. Melalui artikel ini, kami akan membahas bentuk-bentuk email marketing yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

1. Welcome Email

Email ini adalah email yang akan pertama kali diterima oleh audiens saat berlangganan email marketing Anda. Pada welcome email, Anda dapat memberikan ucapan selamat datang, selamat bergabung, atau terima kasih telah berlangganan kepada audiens yang melakukan subscribe. Anda juga dapat memberikan kesan personal dengan menyebut nama atau langsung memberikan konten yang menarik dan informatif. Sehingga audiens dapat memiliki kesan pertama yang baik dan memiliki kecenderungan untuk membuka email-email selanjutnya.

2. Thank You Email

Thank you email dapat Anda kirimkan ketika audiens terlibat sesuatu dengan brand. Contohnya saat registrasi, mengikuti sebuah acara, mengunduh sesuatu, melakukan pembelian, dan kegiatan lainnya yang dimiliki bisnis Anda. Email ini dapat menunjukan apresiasi sekaligus membangun kedekatan tersendiri antara audiens dengan brand Anda.

3. Newsletter

Melalui newsletter, Anda dapat mengirimkan berbagai bentuk publikasi yang diinginkan. Publikasi tersebut umumnya berupa informasi seperti artikel maupun pemberitaan terbaru, meski tidak terbatas pada itu saja. Anda juga dapat mengirimkan tema lain seperti pemberitahuan produk baru atau konten premium yang mungkin hanya didapatkan oleh audiens Anda yang berlangganan melalui email. Bentuk email ini dapat Anda kirimkan secara rutin, baik harian, mingguan, maupun bulanan. Anda juga dapat memberikan preferensi kepada audiens bila ingin menerima dalam jangka waktu tertentu saja.

4. Email Promosi

Salah satu manfaat penting menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran adalah Anda dapat mengirimkan promosi yang terukur kepada audiens. Anda dapat mengirimkan bentuk promosi seperti acara terbaru, diskon ataupun voucher terbatas, atau bentuk promosi lainnya yang dibutuhkan bisnis Anda. Bagi audiens, hal ini juga dapat menguntungkan karena mereka bisa mendapatkan informasi tersebut lebih awal, serta pada beberapa kasus mereka mendapatkan promosi khusus karena telah berlangganan melalui email. Anda juga dapat mencantumkan call to action pada email tersebut agar audiens dapat dengan mudah menuju tempat yang dibutuhkan untuk memanfaatkan promosi tersebut.

5. Email Survei

Tidak hanya promosi, email marketing juga memberikan kesempatan bagi bisnis Anda untuk mendapatkan feedback langsung dari para audiens. Anda dapat memanfaatkan survei ini untuk mengetahui kepuasan dan kebutuhan pelanggan, sekaligus melakukan upaya perbaikan dalam bisnis Anda. Untuk memancing audiens mengisi survei tersebut, Anda dapat memberikan lead magnet seperti bonus, diskon, atau voucher bagi mereka yang telah mengisinya.

Bila dimanfaatkan dengan baik, lima bentuk email marketing di atas dapat membantu Anda untuk membangun interaksi serta menarik audiens agar menjadi konsumen. Selain itu, Anda juga dapat membangun kedekatan dengan audiens melalui interaksi tersebut. Tentu saja bentuk email marketing tidak hanya terbatas pada lima bentuk itu saja, Anda dapat menemukan bentuk lainnya yang sesuai dengan fungsi dan tujuan dalam mengirimkan email tersebut. Anda juga dapat memanfaatkan bantuan email marketing tools seperti MTARGET, agar kegiatan email marketing Anda dapat dilakukan dengan mudah serta meraih hasil yang lebih efektif.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter