1. Startup

Laporan DS/Innovate: Fintech Report 2022 - H1 2023

Sepanjang tahun 2022 ada 13 aksi akuisisi/merger yang melibatkan startup fintech Indonesia untuk perluasan model bisnis

Teknologi finansial (fintech) masih menjadi sektor teknologi yang paling populer dari sisi adopsi maupun pengembangannya di Indonesia. Dari tahun ke tahun inovasinya terus bergulir, mendemokratisasi berbagai aspek dalam model bisnis keuangan.

Menurut catatan DailySocial.id, selama 5 tahun terakhir secara terus-menerus sektor fintech menempati peringkat pertama sebagai vertikal bisnis yang paling diminati investor.

Di sisi lain, sektor finansial dikenal dengan kompleksitasnya mengingat industri ini diregulasi ketat otoritas. Setiap pemain harus memenuhi standar kepatuhan yang tinggi agar bisa beroperasi. Dengan perkembangan bisnis yang ada, fintech masih menjadi bahasan menarik bagi pelaku industri teknologi.

Untuk itu, DS/Innovate sebagai unit riset DailySocial.id menginisiasi "Fintech Report 2022-H12023".

Secara garis besar, laporan tersebut mencoba menangkap dinamika industri fintech tanah air, merangkum data-data penting dan berbagai perspektif dari para stakeholder. Ada 3 bahasan utama yang disajikan dalam laporan ini, sebagai berikut:

  1. Gambaran bisnis fintech di tahun 2022 dan H1 2023; menggambarkan segmentasi, performa bisnis, tren, pendanaan, dan regulasi yang menarik untuk disorot dalam periode tersebut.
  2. Dinamika fintech di tahun 2022 dan H1 2023; menyorot sejumlah aksi penting para pelaku fintech, termasuk tren efisiensi, perubahan fokus bisnis keberlanjutan, dan berbagai tantangan yang dihadapi industri.
  3. Aksi strategis fintech; mencatat berbagai rencana penting seperti ekspansi, IPO, dan konsolidasi dalam aksi M&A.

Terdapat sejumlah data menarik, salah satunya terkait konsolidasi. Tercatat sepanjang tahun 2022 ada 13 aksi merger/akuisisi yang melibatkan startup fintech di Indonesia. Sebagian besar dilakukan untuk perluasan model bisnis. Misalnya yang dilakukan GoPay ke Kripto Maksima untuk memperkuat lini wealthtech. Sementara sampai paruh pertama 2023, sudah ada 4 aksi serupa yang dilakukan oleh pemain fintech di area ini. Teranyar Stockbit melakukan akuisisi ke Ayers Asia untuk memperluas produk investasinya.

Selain itu, masih ada sejumlah data yang ditampilkan dalam laporan, termasuk pendanaan startup fintech, capaian bisnis fintech lending, dan lainnya.

Informasi lebih lanjut terkait Fintech Report 2022 - H1 2023 bisa diperoleh di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again