1. Entrepreneur

Fitur-fitur Opaper, Aplikasi Bisnis FnB Daring untuk UMKM

Opaper membantu bisnis FnB dari menu, transaksi, pengiriman, manajemen stok, dan lainnya

Pelaku bisnis FnB Anda perlu mengenal aplikasi Opaper. Fitur yag tersedia di Opaper dapat membantu untuk pencatatan data pemesanan dan penjualan secara otomatis dan terintegrasi yang umum dilakukan UMKM khususnya di bidang Food & Beverage ke sebuah sistem digital yang lebih instan, akurat dan mudah digunakan.

Sebelum menggunakan aplikasi Opaper, berikut fitur yang perlu kamu ketahui dari aplikasi Opaper.

Order Manajemen

Pada fitur ini, pengguna dapat memaksimalkan manajemen order bisnis FnB atau Food & Beverage dengan melacak proses pesanan yang masuk, memenuhi pesanan, hingga proses pesanan sampai kepada pembeli. 

Dengan demikian, pelaku bisnis dapat melakukan tindakan lebih lanjut untuk memenuhi pesanan tersebut secara sistematis. Order manajemen dapat menerima dan mencatat setiap data yang masuk secara real-time.

Adanya order manajemen akan meminimalisir kesalahan dalam proses pemenuhan pesanan karena pengelolaannya yang sistematis dan terotomatisasi.

Ada berbagai macam fitur yang disajikan, yaitu membuka website toko online, QR code menu, pesan-antar makanan, Kiosk, pembayaran, dan food court.

Website Toko Online: Membuka website toko secara online dengan mudah, cukup memasukkan nama dan alamat bisnis. Layout toko yang mudah dan dilengkapi fitur terima pesanan dine-in, pick up ataupun delivery yang sudah terintegrasi dengan sistem pembayaran. Pelanggan juga dapat mengakses dari website toko yang telah Anda buat, tanpa harus mengunduh aplikasi.

QR Code Menu: Dapat mempercepat proses antrian tanpa pembeli harus menunggu dengan waktu yang lebih lama. Pengoptimalan QR dengan sistem dapat melihat menu secara real-time untuk menu yang masih tersedia atau sedang out of stock. Anda dapat memasang QR Code toko melalui Instagram, TikTok, Facebook, atau media sosial lainnya.

Food Delivery: Terintegrasi dengan ojek online atau jasa pengiriman lain. Sistem delivery tanpa membayar 20-30% komisi, sehingga Anda dapat menjual menu delivery sama dengan harga outlet. Pengiriman dapat dilakukan di seluruh Indonesia khususnya untuk makanan frozen food.

Kiosk: Sistem self order, pelanggan tidak perlu antri di kasir. Staf dapat langsung fokus membuat menu yang dipesan. Hal ini meminimalisir catatan salah pesanan karena pelanggan dapat melakukan sendiri pemesanan, memilih, dan langsung bayar.

Pembayaran: Tersedia berbagai macam metode pembayaran, yaitu transfer, e-wallet, virtual account, QRIS, kartu debit/kredit. Aplikasi Opaper terintegrasi dengan Xendit, sebagai pembayaran yang terdaftar OJK.

Food Court: Buat sistem lebih otomatis dan terintegrasi dalam satu POS digital. Fitur ini digunakan untuk pengelolaan orderan menjadi lebih rapi dan efisien. Mempermudah pembagian komisi antarra tenant dan pengelola karena rekap penjualan telah dicatat oleh sistem. 

Operasional & Back Office

Bagian penting dalam menjalankan bisnis untuk membantu menjalankan proses operasional, seperti pengelolaan data, bidang keuangan, personalia dan lainnya. Back office sendiri berkemampuan untuk berkontribusi dan memberikan pelayanan secara konsisten dalam membantu aktivitas front line

Fitur ini menyediakan kontrol cost menu, shift karyawan, dan semua kegiatan operasional bisnis FnB. Berbagai macam fitur pada Operasional & Back Office, yaitu POS digital, laporan keuangan, manajemen inventory, analisa data, manajemen multi-outlet, manajemen tim & shift.

POS Digital: Point of Sales yang terdapat di Opaper dapat dioperasikan tanpa biaya layanan. Penggunaan POS digital dapat menghemat modal bisnis karena hanya butuh satu aplikasi. Dengan satu super aplikasi dapat terima pesanan, atur karyawan, hingga laporan keuangan.

Laporan Keuangan: Dilaporkan secara real-time, sehingga tidak perlu lagi melakukan sync dari mesin POS. Pengelola bisnis maupun manajer bersama staf lapangan dapat mengakses dan memantau laporan keuangan. Laporan per shift untuk mengetahui shift mana yang paling ramai dan Anda dapat memaksimalkan operasional pada shift tersebut.

Manajemen Inventory: Melihat omset dan atur cost dalam satu aplikasi. Dapat menghitung keuntungan dan margin bisnis dengan mudah, dapat memonitor jumlah stok. Anda juga dapat mengontrol cost makanan dan minuman dari pengaturan bahan dasar dan resep.

Analisa Data: Fitur ini untuk mengetahui produk atau menu apa yang tidak terlalu disukai pembeli, sehingga dpat dilakukan pengembangan atau pergantian produk. Menganalisa hari dan jam sibuk outlet agar dapat mengatur jumlah staf. Kebutuhan CRM lengkap untuk mempererat hubungan dengan pelanggan.

Manajemen Multi-Outlet: Dapat melihat laporan untuk semua outlet dalam satu aplikasi. Fitur ini dapat mengetahui sistem POS yang paling menguntungkan untuk jangka panjang.

Manajemen Tim & Shift: Mengatur shift menjadi lebih mudah. Hal ini untuk memaksimalkan jumlah karyawan pada busy hour di bisnis Anda.

Customer Relation

Customer relation digunakan untuk sistem pemasaran yang digunakan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan agar konsumen tersbut datang lagi membeli produk secara berulang.

Strategi ini juga dikenal dengan sebutan metode Customer Relationship Management (CRM). Metode ini menjelaskan megenai strategi yang perlu dilakukan untuk mendapat loyalitas pelanggan dengan meningkatkan kualitas hubungan antara pihak pebisnis dengan pelanggan.

Hubungan antara pihak pebisnis dengan pelanggan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan. Perusahaan yang mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan pastinya akan lebih mudah meningkatkan nilai retensi pelanggan.

Pelanggan yang loyal secara otomatis bisa membuat usaha yang kamu jalankan semakin berkembang dan revenue pun meningkat.  Pada fitur ini, Anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan fitur loyalty & poin, data pelanggan, diskon & promosi, reservasi.

Loyalty & Poin: Mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya dan pelanggan mendapatkan loyalty promo. Anda juga dapat mengetahui menu favorit pelanggan dan memberikan promo tersebut dengan bantuan aplikasi Opaper.

Data Pelanggan: Dapatkan info produk favorit dan riwayat pembelian setiap pelanggan. Dengan ini Anda bisa retargeting untuk beri diskon dan promo yang tepat untuk membuat mereka beli lagi.

Diskon & Promosi: Anda dapat memiliki margin yang lebih tinggi tanpa bayar 30% komisi untuk bikin diskon ongkos kirim yang lebih menarik untuk pembelimu. Anda dapat mengoptimalkan dengan menggunakan voucher flash sale.

Reservasi: Pelanggan dapat melakukan reservasi tempat menggunakan aplikasi Opaper dengan mudah.

Itulah berbagai macam fitur yang disediakan oleh Opaper untuk UMKM khusus di bidang FnB. Apakah Anda tertarik?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again