1. Entrepreneur

Kenali 10 Fitur Saku Laundry, Aplikasi Digital Bisnis Laundry

Fitur Saku Laundry dapat memproteksi bisnis laundry hingga layanan antar-jemput pakaian

Di era digital saat ini banyak aplikasi laundry yang ditawarkan, kebanyakan dari aplikasi tersebut hanya menawarkan sebagai pencatat transaksi atau POS (Point Of Sale).

Saku Laundry, sebagai aplikasi bagi usaha jasa laundry berusaha menghadirkan bagaimana aplikasi tersebut bukan hanya untuk mencatat transaksi laundry saja, tetapi juga mengelola bisnis laundry secara keseluruhan.

Ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan di Saku Laundry untuk mengantisipasi masalah sekaligus memproteksi bisnis laundry dari segala kemungkinan yang kerap terjadi dalam pengelolaan bisnis laundry.

1. Secure Laundry Apps

Fitur ini bertujuan sebagai pengaman bisnis laundry dari kecurangan karyawan. Aplikasi Saku Laundry terintegrasi dengan semua mesin wash dan dry yang ada pada bisnis Anda, dengan teknologi IOT (Internet of Thing), Anda dapat mengendalikan mesin hanya melalui handphone.

Secure Laundry Apps dapat meminimalisir kecurangan karyawan yang kerap memanipulasi nota transaksi, dimana jumlah mesin beroperasi seringkali tidak sesuai dengan jumlah nota/uang yang harus disetorkan ke owner. Nota setiap transaksi harus diinput terlebih dahulu pada aplikasi untuk dapat menjalankan mesin wash dan dry tersebut.

2. POS System

Fitur ini digunakan untuk pencatatan pesanan, penerimaan pembayaran, mencetak nota (print) atau mengirim via online receipt, pencatatan operasi mesin, performa kinerja karyawan, biaya operasional laundry (listrik, detergen, pelembut, gaji, dan lainnya), dan pencatatan data pelanggan.

Laporan ini akan otomatis tersedia untuk membantu analisis aktivitas outlet, mulai dari laporan pendapatan, proses laundry, profit laundry, biaya-biaya pengeluaran operasional laundry, sampai laporan laba dan rugi dalam menjalankan bisnis laundry.

3. Cashless Payment

Aplikasi Saku Laundry sudah mengadakan fitur QRIS dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran yang menggunakan QR Code. QRIS pada aplikasi ini dapat menerima pembayaran transaksi dari semua cashless provider QR, seperti Ovo, Gopay Dana, Link Aja, ShopeePay, mobile banking, dan masih banyak lagi.

4. Pickup Notification

Fitur ini terdapat pada akun kurir, di mana kurir dapat melakukan proses antar-jemput pakaian pelanggan. Pickup Notification dilengkapi dengan GPS map dan notifikasi online ketika ada permintaan pick up dari pelanggan.

Kurir dapat melakukan transaksi, menghitung pakaian, menerima pembayaran, mencetak nota sampai dengan proses pengiriman kembali pakaian yang sudah selesai di laundry kepada pelanggan. Data transaksi yang diinput oleh kurir secara otomatis muncul di akun kasir dan akun owner.

5. Customer Convenience

Fitur ini terdapat pada akun konsumen. Tujuannya untuk memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan konsumen dalam menggunakan jasa laundry.

Dilengkapi dengan fitur untuk memantau seluruh proses laundry pakaiannya mulai dari proses pencucian, pengeringan, setrika, lipat, kemas, hingga proses pengantaran kembali ke rumah konsumen.

Akun khusus konsumen ini dilengkapi  dengan detail log transaksi agar konsumen bisa melihat proses laundry tersebut dikerjakan oleh siapa, jenis mesinnya, dilakukan pada jam dan tanggal berapa, hal ini berguna untuk verifikasi jika ada kesalahan pada saat proses laundry berlangsung.

6. Site Multi Location

Fitur Site Multi Location dikembangkan khusus bagi pemilik outlet laundry lebih dari satu yang tersebar di berbagai daerah. Selama ini owner mungkin mengalami kesulitan dalam mengontrol semua outlet laundrynya.

Dengan fitur ini owner dapat memantau puluhan bahkan ratusan outlet hanya dalam satu aplikasi, lengkap dengan laporan keseluruhan operasional, biaya, omset laundry, keuntungan dan kerugian dari seluruh outlet tersebut.

7. Digital Receipt

Selain nota yang bisa dicetak melalui printer, Saku Laundry juga menyediakan fitur nota digital yang bisa di kirim ke Whatsapp, email, Line, Wechat ataupun platform sosial media lainnya. Hal ini akan menghemat biaya operasional dan juga memudahkan pelanggan untuk menyimpan struk laundry.

Nota digital saku laundry ini bersifat online, di mana konsumen bisa sekaligus memantau proses pengerjaan pakaiannya mulai dari proses pencucian, pengeringan, setrika, lipat, kemas, hingga proses pengantaran kembali ke rumah konsumen oleh kurir.

8. Real Time Report

Seluruh laporan operasional disajikan secara real time, sesuai dengan waktu yang sebenarnya pada saat terjadi transaksi di outlet. Keterangan hari, jam dan menit saat itu dapat dipantau oleh owner.

Owner bisa langsung melihat laporan tersebut dengan log transaksi secara lengkap tanpa harus mengaudit nota terlebih dahulu. Owner dapat melihat total transaksi, omset pendapatan, performa karyawan,  mesin, dan order pelanggan.

9. Promotion Media

Promotion Meida merupakan fitur yang bertujuan untuk memudahkan owner melakukan broadcast program promo kepada seluruh database pelanggan yang tercatat pada aplikasi.

Program promo tersebut dapat berupa diskon, program cuci gratis ataupun program lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan agar terus mencuci di outlet laundry Anda.

Fitur ini menjadi sangat efektif untuk mengurangi biaya iklan cetak brosur dan cara konvensional lainnya yang selama ini dilakukan dengan hasil yang kurang maksimal, bahkan pesan promo kerap tidak sampai ke orang yang tepat.

10. Compatible All Machine

Aplikasi Saku Laundry dapat digunakan pada semua brand, merek, jenis, tipe maupun kategori mesin cuci dan mesin pengering. Mesin digital maupun mesin manual (analog), instalasi saku laundry sangat aman, tidak merusak modul (sistem) mesin serta tidak berpengaruh terhadap garansi mesin. Anda dapat mengatur dan memantau mesin dari handphone.

Itulah fitur pada aplikasi Saku Laundry yang dapat Anda manfaatkan dalam mengelola bisnis laundry. Mempermudah memantau bisnis dan dapat mengelola lebih dari satu outlet.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again