1. Entrepreneur

Anda Pelaku UMKM? Ketahui 9 Fitur dan Produk di Aladin Bank yang Berguna untuk Usaha

Terdapat fitur dan produk pada Aladin Bank yang berguna untuk usaha Anda.

Bagi Anda yang pelaku UMKM atau memiliki usaha, ketahuilah ada satu bank digital yang dapat membantu usaha Anda. Namanya adalah Bank Aladin Syariah. Untuk meyakinkan Anda, cari tahu fitur dan produk Aladin Bank di sini.

Sebelum menjelaskan fitur dan produk dari Aladin Bank, simak ulasan sekilas tentang Aladin Bank.

Apa Itu Aladin Bank?

Aladin Bank adalah PT Bank Aladin Syariah yang mengelola usahanya berdasarkan prinsip syariah. Aladin Bank memfasilitasi akses layanan perbankan syariah digital untuk melayani seluruh lapisan masyarakat dan membangun kerjasama dengan pelaku industri dari berbagai sektor.

Anda bisa mengunduh aplikasi Aladin Bank di Google Play Store dan App Store. Lalu, Aladin Bank memiliki beberapa produk yang bisa membantu usaha Anda. Penasaran? Yuk, cari tahu fitur dan produknya di bawah ini. 

Fitur dan Produk Aladin Bank

Berikut ini adalah 9 fitur dan produk pada Aladin Bank :

Tabungan Ala Bisnis

Credit Photo by Aladin Bank

Sesuai dengan namanya, produk ini dibuat khusus untuk nasabah yang memiliki usaha. Saat melakukan transaksi, fitur ini memastikan kelancaran bisnis Anda dengan bagi hasil yang kompetitif dan rasa tenang sesuai dengan prinsip syariah.

Adapun manfaat yang bisa Anda dapatkan dari produk ini adalah bebas biaya administrasi, setoran awal ringan, bagi hasil sesuai prinsip syariah, akses ke e-statement atau laporan rekening bulanan.

Tetapi, pembukaan rekening Tabungan Ala Bisnis dilakukan di kantor pusat Bank Aladin Syariah dengan mengisi dan menandatangani aplikasi pembukaan rekening tabungan serta menyerahkan dokumen persyaratan pembukaan rekening Tabungan Ala Bisnis.

Deposito Ala Bisnis

Selain Tabungan Ala Bisnis, terdapat produk lainnya yang ditujukan kepada pelaku usaha maupun UMKM yaitu Deposito Ala Bisnis. 

Sama seperti Tabungan Ala Bisnis, manfaat dari produk ini adalah bebas biaya administrasi, setoran awal ringan, bagi hasil sesuai prinsip syariah, akses ke e-statement. Anda juga harus pergi ke kantor pusat untuk membuka rekening ini dan membawa dokumen persyaratannya.

Ala Dompet

Credit Photo by Aladin Bank

Produk kali ini adalah produk rekening utama di Aladin Bank karena setelah mendaftar di aplikasi Aladin Bank nasabah secara otomatis mendapatkan Ala Dompet. Ala Dompet digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti belanja, pembayaran tagihan, transfer, dll.

Selain bebas dari biaya administrasi, berikut adalah keunggulan pada Ala Dompet : 

  • Pengelolaan berbasis akad mudharabah.
  • Bisa transaksi melalui aplikasi maupun kartu debit.
  • Gratis tarik tunai dan biaya admin bank di manapun.
  • Dapat monitor transaksi atau mutasi rekening di aplikasi dan dapat mengunduh e-statement atau laporannya.

Ala Impian 

Apakah Anda ingin memiliki tabungan modal usaha? Ingin memiliki rumah? Ataupun memiliki mimpi lainnya? Kalau begitu gunakan produk Ala Impian di Aladin Bank karena Anda bisa membuat 20 rekening tabungan dengan satu akun.

Tidak ada jangka waktu di produk satu ini, maka Anda bisa menarik dan memasukkan dana kapan saja. Selain itu tidak ada biaya admin dan ketentuan saldo minimum.

Yang perlu diingat, Ala Impian digunakan untuk menabung maka Anda tidak bisa melakukan pembayaran. pembelian, dan transfer ke bank lain ya.

Ala Berbagi 

Credit Photo by Aladin Bank

Ala berbagi adalah fitur donasi yang ada di aplikasi Aladin Bank. Sekarang ini terdapat 4 produk donasi yang tersedia, seperti Zakat (Mal, Profesi, Fitrah), Infaq, Wakaf, dan Qurban.

Anda dapat berdonasi langsung dari aplikasi Aladin Bank dan tanpa biaya admin. Tetapi, akan dikenakan potongan biaya untuk transaksi disesuaikan oleh masing-masing lembaga yang bekerja sama dengan Aladin. Namun, Aladdin memastikan setiap lembaga tidak akan memotong lebih dari 12,5% per transaksi donasi. 

Kartu Debit Aladin

Setelah Anda membuka rekening, otomatis akan mendapatkan kartu debit dengan 19 digit. Normalnya, kartu debit pada bank lain hanya memiliki 16 digit. 

Hal tersebut menjadi salah satu kekurangan dari Aladin Bank karena belum banyak merchant yang bisa menerima transaksi dari kartu debit 19 digit. 

Tetapi, pembuatan kartu debit tidak dikenakan biaya tambahan dan kartu debit Anda dapat diaktivasi langsung melalui aplikasi. 

Bayar dan Beli 

Credit Photo by Aladin Bank

Dengan fitur Bayar dan Beli, Anda dapat melakukan pembayaran dan pembelian tagihan. Tetapi fitur ini masih terbatas karena hanya bisa membayar dan membeli pulsa, paket data, PLN prabayar, dan PLN pascabayar.

Tarik dan Setor Tunai

ATM Aladin Bank masih terbatas di Indonesia, tetapi dengan fitur ini Anda bisa mengambil dan mengirimkan uang melalui Alfamart terdekat. Tetapi, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 per sekali tarik dan setor.

E-Statement 

Credit Photo by Aladin Bank

Fitur terakhir yang disediakan oleh Aladin Bank adalah E-Statement. Fitur ini berisi rangkuman transaksi yang dilakukan oleh nasabah selama jangka waktu tertentu.

Bisa dibilang E-Statement adalah mutasi rekening. Anda bisa mengecek laporan transaksi Anda dan dapat mengunduhnya. 

Bagaimana dengan fitur dan produk Aladin Bank? Apakah setelah membaca artikel ini Anda ingin menggunakan bank digital ini untuk membantu usaha Anda? Apapun itu, semoga artikel ini bermanfaat ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again