1. DScovery

FGD (Focuss Grub Discussion): Definisi, Tujuan, Karakteristik, dan Perbedaannya dengan Interview

Focuss Grub Discussion adalah teknik yang digunakan oleh peneliti untuk menyatukan kelompok dan mendiskusikan topik tertentu. 

FGD atau Focus Group Discussion merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam dunia kerja. Baik dalam tahap perekrutan karyawan baru maupun dalam riset pasar, jika ingin mengembangkan suatu produk.

Jadi apa tujuan utama dari focuss grub discussion ini? Apa bedanya dengan teknik lain? Berikut kami berikan penjelasannya.

Definisi Focuss Grub Discussion (FGD)

Menurut situs web British Ecological Society, FGD adalah teknik yang digunakan oleh para peneliti untuk menyatukan kelompok dan mendiskusikan topik tertentu. Dari beberapa kelompok terpilih, peneliti biasanya membuat kesimpulan tentang pendapat tentang topik tertentu.

Selanjutnya percakapan ini dipimpin oleh satu orang dan biasanya berlangsung santai dan informal, sehingga tidak ada yang merasa tertekan untuk menyampaikan pendapat.

Penentuan kandidat ini biasanya didasarkan pada berbagai pertimbangan dan apa yang sedang dilakukan. Ketika tujuannya adalah untuk meneliti pasar, perusahaan biasanya mencari kandidat yang sesuai dengan target demografis mereka.

Tujuan FGD

Tujuan utama dari diskusi ini berbeda. Namun, tujuan utama FGD dalam proses rekrutmen adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang karakter kandidat.

Mari kita asumsikan bahwa studi kasus diberikan dalam panel ini.

Nah, orang yang menjadi fasilitator akan melihat bagaimana kinerja masing-masing calon. Mereka juga memeriksa solusi apa yang telah dipilih kandidat dan seberapa efektif solusi tersebut. Hasil FGD ini menunjukkan potensi dan kesesuaian masing-masing kandidat untuk suatu posisi di perusahaan.

Karakteristik FGD

1. Adanya Seorang Fasilitator dari Perusahaan

Peran fasilitator dalam FGD adalah mengatur jalannya diskusi dan berhak mendorong peserta yang dianggap pasif untuk lebih bersedia mengemukakan pendapatnya. Fasilitator juga berhak menghentikan peserta yang dianggap terlalu dominan.

2. Kandidat Para Pelamar Dibagi Menjadi Beberapa Kelompok

Kamu harus tahu bahwa semakin banyak orang dalam suatu kelompok, semakin baik. Idealnya, jumlah orang dalam satu kelompok adalah 6-8 orang.

Tapi bisa juga terdiri dari 12-15 orang, tergantung topiknya. Ketika begitu banyak yang dilakukan, diperlukan fasilitator yang kuat untuk memfasilitasi diskusi yang sedang berlangsung.

3. Para Peserta memiliki Kesamaan dalam Suatu Hal

Dalam diskusi kelompok terarah, setiap calon kandidat diberikan makalah yang berisi studi kasus, yang harus didiskusikan dalam kelompok. Biasanya topik ini ditentukan oleh fasilitator atau perusahaan, sehingga hasilnya biasanya homogen atau sama.

4. Terlaksanakan dalam Satu Ruangan

Ini harus dilakukan untuk menciptakan suasana yang serius - informal. Selain itu, hal ini juga dilakukan agar para kandidat tidak takut dan menyampaikan pendapatnya meski hanya mengenal panelis lain dalam FGD.

5. Durasi FGD kelompok Sangatlah Beragam

Dalam diskusi kelompok terarah, durasi juga merupakan poin yang sangat penting yang harus dipertimbangkan panelis karena topik atau bahasan ditentukan dan lebih dari dua peserta berpartisipasi dalam diskusi.

Perbedaan FGD dengan Interview

FGD seringkali menjadi hal yang sering dibandingkan dengan interview kerja bagi pencari kerja. Sebenarnya, hal ini tidak benar. Meski sama-sama digunakan dalam rekrutmen, kedua hal tersebut sebenarnya cukup berbeda.

Aspek pertama yang membedakan FGD dengan Interview adalah jumlah peserta. Interview biasanya dilakukan satu lawan satu, di mana kandidat berbicara kepada perekrut sendirian di ruangan tertutup. Pada saat yang sama, REA dilakukan oleh 4-15 orang di area yang lebih terbuka. Setiap partisipan juga harus mematuhi aturan-aturan tertentu yang tidak ada dalam interview konvensional.

Selain itu, FGD biasanya berlangsung lebih lama daripada interview. FGD dapat berlangsung selama 60-90 menit tergantung pada diskusi selama proses setup.

Di sisi lain, interview berlangsung setidaknya 20-45 menit, tergantung bagaimana kandidat menjawab pertanyaan perekrut.

Terakhir, perbedaan utama antara FGD dan wawancara adalah tujuan. FGD dilakukan agar perusahaan benar-benar memahami kepribadian, pola pikir, dan kemampuan masing-masing kandidat. Lain halnya dengan wawancara kerja, di mana tujuan kandidat dan aspirasi karir dijelaskan jika perusahaan menerimanya.

Cara Menjalankan FGD

1. Desain Riset

  • Menentukan objek

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam focus group discussion adalah perusahaan menentukan tujuan atau sasaran dari focus group discussion yang akan dilakukan. Kemudian perusahaan harus mengajukan serangkaian pertanyaan tentang tujuan yang telah ditetapkan.

  • Perekrutan peserta

Langkah selanjutnya yang perlu diambil adalah mengumpulkan kandidat untuk berpartisipasi dalam fgd berdasarkan tujuan. Jadi jika kamu membutuhkan orang dari latar belakang yang berbeda atau serupa, maka pilihannya ada di sini.

2. Pengumpulan Data

Pada fase ini, setiap kandidat berpartisipasi dalam fgd. Biasanya satu orang dipilih secara acak untuk melakukan induksi dan mereka diberi tahu aturan dasarnya sebelum melanjutkan.

Ini diikuti dengan studi kasus atau pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap kandidat dalam waktu tertentu.

Salah satu tip paling efektif untuk berpartisipasi dalam diskusi kelompok terarah adalah menjawab setiap pertanyaan dengan percaya diri, bersikap sopan, dan tahu kapan harus angkat bicara. Jadi fasilitator atau moderator menilai Anda sebagai kandidat profesional.

Pada tahap pengumpulan data, fasilitator menarik kesimpulan dari fgd yang sedang berlangsung.

3. Analisis

Langkah selanjutnya dalam diskusi kelompok terarah adalah perusahaan menentukan peringkat, menganalisis hasil diskusi dan juga perlu segala sesuatu yang diperlukan untuk mengevaluasi setiap kandidat.

Hasil analisis ini menentukan kandidat mana yang melanjutkan ke proses selanjutnya dan mana yang tidak.

Demikianlah penjelasan dari kami terkait focus group discussion. Semoga membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again