1. Startup

Fokus Nongsa Digital Park Jadi Pusat Data Center dan Talenta

Merupakan proyek kerja sama antara Citramas Group dengan Sinar Mas Land

Saat ini, pasar data center di Asia Tenggara mengalami pertumbuhan dengan peningkatan minat dari cloud provider, seperti Google, AWS, dan Alibaba untuk membuka cloud region.

Penerapan layanan berbasis cloud akan menjadi pendorong utama bagi pasar dalam beberapa tahun mendatang. Sementara, peningkatan penetrasi internet kemungkinan akan mendukung penggunaan perangkat pintar di wilayah ini.

Salah satu lokasi yang tengah disiapkan sebagai data center hub di Indonesia adalah Nongsa Digital Park (NDP), proyek kerja sama antara Citramas Group dengan Sinar Mas Land melalui perusahaan konsorsium PT Citra Sinar Mas Global. NDP dibangun tidak hanya sebagai data center hub, tetapi juga digital talent pool di Indonesia.

Pusat data center Indonesia

Nongsa Digital Park (NDP) adalah pusat teknologi dan inovasi yang berlokasi di Semenanjung Nongsa, Batam, dan sangat berdekatan dengan Singapura. Lokasi ini dinilai strategis bagi perusahaan lokal maupun asing yang ingin mendirikan data center di Indonesia.

Dikembangkan oleh Citramas Group, NDP diresmikan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia dan Singapura pada 20 Maret 2018. Data center ini dibangun dengan total investasi sebesar $200 juta (setara Rp3 triliun) dengan luas lahan mencapai 10 ha dan total kapasitas daya 28 mw.

Batam dipilih sebagai penempatan data center karena alasan minimnya lahan di Singapura saat ini. Implementasi data center, terutama hyper-scale cloud, depannya akan beralih ke negara-negara tetangga lain di Asia Tenggara, seperti Indonesia dan India dalam 5-10 tahun mendatang.

Menurut data yang dihimpun oleh NDP, saat ini terdapat kurang dari 20 penyedia data center di Indonesia. Mereka terbagi dalam kategori penyedia jasa dengan fasilitas kurang dari 5MW (Ex: IDC, Elitery, Jupiter), operator telekomunikasi (Ex: Telkom Sigma, Indosat).

Ekosistem pemain data center di Indonesia dan negara lainnya / Sumber: NDP

Di NDP sudah ada beberapa perusahaan yang menempatkan data center mereka. Di antaranya adalah Princeton Digital Group (PDG) dan Gaw Capital Partners. PDG dikabarkan telah menyiapkan investasi sebesar $150 juta atau sebesar Rp2,1 triliun untuk memperkuat bisnis data center di Indonesia.

Jakarta dominasi pusat data center

Penempatan NDP di Batam berupaya menjawab persoalan data center yang saat ini kebanyakan berpusat di Jakarta dan Jawa Barat. Lokasi terbanyak saat ini adalah Jakarta. Pemain seperti LOGOS dan Pure Data Centres membangun pusat data di Jakarta.

Sebelumnya, Amazon Web Services (AWS) telah membuka Region Indonesia, yakni AWS Asia Pasifik (Jakarta) Region. Pembukaan Region ini sejalan dengan rencana AWS untuk berinvestasi sebesar $5 miliar (sekitar Rp71 triliun) dalam 15 tahun ke depan di Indonesia dengan estimasi kontribusi terhadap PDB Indonesia sebesar $10,9 miliar (sekitar Rp155 triliun).

Pemain lain yang juga telah membangun data center mereka di Indonesia di antaranya adalah Tencent Cloud yang berlokasi di kawasan CBD Jakarta. Saat ini perusahaan menyampaikan, infrastruktur layanan komputasi awan mereka telah mencakup 27 wilayah dengan 61 zona ketersediaan.

Jika dilihat dari potensi yang ada, tak hanya Batam, tetapi juga Jawa Timur juga berpotensi menjadi data center hub di Indonesia. Penyebaran data center yang tidak terpusat pada satu lokasi dapat terhindar dari bencana alam, pemadaman listrik, dan gangguan lainnya yang berisiko bagi industri yang membutuhkan data secara intensif.

Pusat talenta digital

Pusat pelatihan digital talent di NDP / NDP

NDP saat ini juga diposisikan sebagai digital talent hub untuk Indonesia. Bermitra dengan perusahaan, seperti IBM, Apple hingga Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Infinite Learning memberikan pelatihan hingga beasiswa kepada mahasiswa terpilih.

Melalui Infinite Learning, pelatihan seperti mobile development, web development, cybersecurity, cloud practitioner essential, digital business hingga digital supply chain bisa diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat umum lainnya dengan harga terjangkau.

More Coverage:

Selain Infinite Learning, di NDP juga terdapat cabang ketiga Purwadhika Digital Technology School di Kota Batam sebagai pusat pembelajaran yang diharapkan dapat memicu lahirnya digital talent pool di kawasan tersebut.

Kepada media, Member of The Board & Senior Director NDP Marco Bardelli, mengungkapkan akan berkontribusi terhadap ekonomi digital. Dan yang penting adalah pergeseran mindset dari cara tradisional untuk mengukur sukses dalam hal investasi.

"Bagi kami yang penting adalah digital talent, bagaimana pekerjaan bisa disalurkan dengan adanya pembangunan ini. Saya lebih fokus kepada sisi manusia, yaitu membangun talenta muda Indonesia bisa bersaing dengan talenta digital lainnya dari berbagai negara," kata Marco.

Nongsa Digital Park mengklaim telah menampung sekitar 1.000 tenaga kerja digital dari 100 perusahaan multinasional seperti Glints, R/GA, dan WebImp. Kawasan ini juga dilengkapi dengan fasilitas dan infrastruktur yang mendukung dalam pengembangan talenta sesuai keahlian yang relevan dengan kebutuhan industri di bidang kreatif dan teknologi digital.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again