1. DScovery

Free Trial: Definisi, Manfaat, dan Tips Melakukannya

Free trial adalah strategi yang memungkinkan pengguna mencoba produk sebelum membelinya. 

Sebelum munculnya strategi freemium, free trial adalah strategi yang memungkinkan user mencoba produk, terutama software, sebelum membelinya.

Ini karena sebagian besar user tidak ingin mengeluarkan uang untuk produk yang mungkin tidak memenuhi kebutuhan mereka.

Baik, free trial atau freemium memungkinkan hal ini dan membantu user mengetahui apakah kebutuhan mereka dapat dipenuhi oleh produk yang mereka coba.

Pada artikel ini, kami akan memberi kamu penjelasan lengkap tentang free trial. Simak ulasan selanjutnya!

Definisi Free Trial

Menurut Chargebee, free trial adalah model akuisisi konsumen di mana konsumen ditawarkan produk atau layanan gratis untuk jangka waktu tertentu.

Tujuan dari free trial sendiri adalah untuk memberikan waktu kepada konsumen untuk mengenal produk atau layanan tersebut. Konsumen kemudian memutuskan sebelum membeli apakah produk atau jasa tersebut tepat bagi mereka. Selain itu, free trial membatasi berbagai fitur produk untuk konsumen.

Selain itu, free trial membatasi berbagai fitur produk untuk konsumen. Dengan demikian, konsumen hanya dapat mencoba beberapa fitur produk.

Manfaat Free Trial

• Meningkatkan Angka Konversi Pelanggan Baru

Konsumen dapat mengetahui manfaat yang mereka dapatkan dengan mencoba produk atau layanan secara gratis. Dengan kata lain, perusahaan dapat menunjukkan kualitas yang lebih baik dari produk/jasa mereka sebagai lead magnet untuk meningkatkan penjualan lead interest.

Manfaat ini memudahkan bisnis untuk meningkatkan jumlah konversi prospek. Dengan demikian, ada lebih banyak prospek yang melakukan pembelian.

• Meningkatkan Customer Satisfaction

Tidak dapat dipungkiri bahwa memenuhi kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan perusahaan. Jika konsumen merasa puas dengan produk/jasa yang dijual oleh perusahaan, berarti peluang untuk meningkatkan penjualan (sales growth) menjadi semakin besar.

Strategi pemasaran free trial dapat membuat konsumen lebih senang karena mereka dapat mengetahui apakah produk/jasa tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Karena mereka memiliki kesempatan untuk mencoba produk sebelum membelinya. Hal ini memungkinkan konsumen untuk memastikan kepuasan mereka dengan produk.

• Mempengaruhi Keputusan Pembeli Konsumen

Perlu kamu ketahui bahwa konsumen melewati beberapa tahapan dalam sales funnel sebelum mengambil keputusan pembelian. Membimbing konsumen untuk melakukan keputusan pembelian membutuhkan saran (nurturing) dari pemasar dan pelaku bisnis.

Salah satu caranya adalah dengan menunjukkan manfaat dari produk/jasa tersebut. Sehingga calon pelanggan atau calon pelanggan merasa lebih tertarik dan percaya dengan produk/jasa yang kamu tawarkan. Perusahaan dapat menerapkan beberapa strategi untuk menunjukkan keunggulan suatu produk.

• Mendapatkan Customer Feedback untuk Proses Pengembangan Produk

Manfaat terakhir dari strategi free trial ini adalah perusahaan bisa mendapatkan feedback atau umpan balik pelanggan, yang pastinya akan sangat menguntungkan. Terutama dalam pengembangan produk atau dalam proses pengembangan produk.

Meskipun konsumen yang menyelesaikan feedback mungkin tidak membeli produk/layanan, pendapat mereka dapat menjadi wawasan yang sangat berguna dalam proses riset produk. Sehingga kamu dapat melakukan peningkatan dan membuat produk yang lebih baik lagi.

Tips Melakukan Free Trial

Lantas, bagaimana cara menerapkan strategi free trial dengan benar?

Nah, dilansir dari Wrike, berikut beberapa tips untuk free trial.

• Tunjukkan kepada konsumen fitur hebat produk kamu yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan biarkan mereka mencobanya

• Pertimbangkan batasan yang diberikan pada konsumen selama masa free trial, mulai dari jangka waktu hingga fitur yang digunakan

• Perhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan konsumen untuk menemukan produk kamu. Ini dapat membantu kamu menentukan free trial yang ditawarkan

• Berikan informasi pembayaran produk dengan jelas agar konsumen tahu kapan harus membayar produk kamu untuk terus menggunakannya

Berikut beberapa hal yang dapat kamu pelajari dari free trial. Semoga membantu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again