1. DScovery

Fungsi Manajamen: Pengertian, Penerapan dan Jenis-Jenisnya

Ada 5 fungsi manajemen merupakan teori dasar manajemen perusahaan oleh Henry Fayol

Manajemen adalah perhatian utama perusahaan. Sebuah perusahaan tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa manajemen. Dalam konteks ini, ditelaah 5 fungsi manajemen yang harus dipahami.

5 fungsi manajemen merupakan teori dasar manajemen perusahaan. Teori ini dikemukakan oleh Henry Fayol. Sebutkan peran manajemen yang memberikan landasan atau arah bagi organisasi dan pemangku kepentingannya untuk berkembang dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Definisi Manajemen

Manajemen adalah proses pengorganisasian, pengaturan, pengelolaan SDM, sampai dengan pengendalian agar bisa mencapai tujuan dari suatu kegiatan. Manajemen sangat penting untuk kebutuhan pribadi dan bisnis.

Manajemen dapat menjadikan bisnis lebih berkembang karena diterapkan secara struktural dan prosedural. Dengan demikian, proses manajemen membantu kamu membuat keputusan atau kebijakan yang baik.

Biasanya, manajemen diambil dari posisi tinggi, yaitu dari pemilik perusahaan ke manajer. Karena manajemen perusahaan dapat diberikan secara terpusat sehingga bekerja secara efisien.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pegawai tersebut juga harus memiliki kualitas yang unggul dalam praktek untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan benar, tepat waktu dan sesuai prosedur.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa manajemen memiliki fungsi yang penting. Menurut industrialis Perancis, ada 5 fungsi manajemen dalam sebuah organisasi.

Fungsi Manajemen 

Jika ditanya jelaskan fungsi manajemen, maka ada 5 fungsi manajemen yang harus kamu ketahui. Fungsi tersebut telah disebutkan oleh Henry Fayol.

Secara garis besar, fungsi-fungsi manajemen tersebut merupakan proses dari suatu aktivitas yang dilakukan dengan merencanakan, mengorganisasikan, mengatur SDM, sampai dengan pengendalian.

Perencanaan 

Salah satu dari lima fungsi manajemen yang penting adalah perencanaan. Peran manajemen adalah memberikan kepemimpinan, koordinasi dan kontrol yang baik berdasarkan rencana yang telah ditentukan.

Namun, rencana yang dibuat selama pelaksanaan proses manajemen tidak harus dilaksanakan sepenuhnya. Rencana dapat berubah tergantung pada situasi yang berlaku. Namun, perencanaan tetap penting dibuat.

Memiliki rencana dapat mengkonseptualisasikan segala sesuatu dengan baik, sehingga setiap pelaksanaan yang dilaksanakan memiliki dasar perbandingan yang baik, sehingga setiap langkah penting tidak sembarangan.

Perencanaan yang baik juga memungkinkan tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan. Selain itu, perencanaan juga berfungsi untuk menciptakan strategi untuk memfokuskan ketidakpastian pada masa depan.

Pengorganisasian 

Menurut Henry Fayol, organisasi berasal dari mengelola sumber daya yang ada dengan baik dan membuat ketentuan agar rencana yang ada dapat berjalan sesuai dengan perkiraan.

Setelah melakukan fungsi organisasi ini, terdiri dari 4 tingkatan. Diantaranya adalah pembagian tugas, menjadi tingkat instruksional, adanya jenjang organisasi, dan sentralisasi. Dengan organisasi, pelaksanaan tugas menjadi lebih efisien.

Mengapa harus ada sentralisasi atau sistem terpusat? Ini memudahkan manajemen organisasi. Oleh karena itu, perintah yang diberikan harus dalam satu kesatuan yang disetujui oleh tingkat atas atau pemimpin.

Tentu saja, ketika setiap orang menjalankan organisasi, hal itu menimbulkan kebingungan tentang siapa yang harus mereka patuhi dan pekerjaan apa yang sebenarnya mereka lakukan.

Akan berbeda jika organisasi dilaksanakan secara terpusat, sehingga memudahkan setiap orang untuk mengelola tugas dan tanggung jawab yang didelegasikan oleh yang berwenang tersebut.

Pengarahan 

Fungsi manajemen lainnya yaitu perngarahan atau briefing. Pengarahan juga diperlukan untuk setiap kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti organisasi atau perusahaan.

Dapat dikatakan fungsi manajemen atas instruksi ini untuk memperlancar proses penyelesaian tugas agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Instruksi biasanya diberikan dari atas ke bawah.

Misalnya dari manajer ke karyawan. Arahan ini ditujukan kepada mereka yang bertanggung jawab atas sumber daya manusia yang tergabung dalam perusahaan atau organisasi. Adanya briefing juga meminimalisir resiko kesalahan karyawan.

Koordinasi

Fungsi administrasi yang tidak kalah penting bertujuan untuk mengkoordinasikan atau menyelaraskan kegiatan. Adanya koordinasi lintas sektor atau lintas sektor semakin memudahkan tercapainya tujuan perusahaan.

Koordinasi yang baik dicapai melalui interaksi yang efektif dengan rekan kerja atau bawahan. Interaksi ini harus harmonis dan dalam semangat kekeluargaan. Dengan cara ini, mitra dapat melakukan kerjasama tim yang baik.

Adanya koordinasi ini ditandai dengan terbentuknya pertemuan-pertemuan rutin, dimana dicarikan solusi atas permasalahan yang muncul di perusahaan. Selain itu, fungsi koordinasi berguna untuk sekadar mencapai kesepakatan setelah bertemu bersama.

Pengendalian 

Fungsi manajemen lainnya adalah control atau pengendalian. Fungsi ini juga mencakup bagian yang tidak boleh dilupakan.

Tujuan dari pengendalian adalah untuk mengontrol proses eksekusi fungsi. Selain itu, fungsi ini juga berguna untuk memastikan semua aktivitas perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Adanya pengendalian juga bermanfaat bagi perkembangan perusahaan. Karena kontrol mencegah risiko kemungkinan kerugian. Setiap tugas dipantau secara ketat untuk memastikan apakah memenuhi standar atau tidak.

Selain itu, panduan ini akan menunjukkan kepada karyawan bagaimana evaluasi akan terlihat di masa mendatang. Karena dengan setiap tindakan yang diambil, masalah dan hambatan muncul lagi dan lagi. Hasil pemantauan dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memecahkan masalah.

Manfaat dari Fungsi Manajemen

Setiap fungsi tentu saja memiliki manfaat, baik untuk perusahaan dan orang-orang yang bekerja secara langsung pada perusahaan tersebut. Berikut ringkasan manfaat dari fungsi manajamen yang diterapkan pada perusahaan:

  • Membantu manajer dan para anggota untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional, dan efektif.
  • Mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh. Proses tersebut tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen.
  • Manajemen akan memudahkan kita untuk menyajikan kerangka kerja untuk jangka pendek maupun jangka panjang sehingga target pun akan lebih mudah untuk ditentukan.
  • Membantu proses alokasi sumber daya yang efektif.
  • Mendorong tumbuhnya sikap profesional dalam diri setiap anggota organisasi yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas.

Itulah hal-hal dasar mengenai fungsi manajemen yang harus kamu tau. Manajemen sebagai bagian penting dalam sebuah intitusi khususnya perusahaan harus sangat diperhatikan demi lancarnya perjalanan lembaga tersebut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again