12 January 2022

by Glenn Kaonang

Gadget Champions 2021: Deretan Gadget Terbaik 2021 untuk Belajar, Berkreasi, Bekerja dan Bermain

Deretan gadget terbaik untuk belajar, berkreasi, bekerja, dan bermain yang bisa dibeli di Indonesia di sepanjang tahun 2021

Gadget Champions 2021 adalah awal baru yang menyegarkan untuk sebuah ajang penghargaan terhadap gadget dan beragam produk elektronik lain yang dirilis di tahun 2021.

Berbeda dari sebelumnya, kali ini kami tak lagi mengategorikan pemenang penghargaan berdasarkan jenis perangkat seperti laptop, ponsel, atau kamera digital; melainkan berdasarkan fungsinya, yakni untuk bekerja, belajar, membuat konten, dan bermain game. Berkat sistem kategorisasi baru ini, semakin banyak jenis perangkat yang bisa kami apresiasi sebagai yang terbaik di tahun 2021.

Semua produk yang tercantum sebagai pemenang di Gadget Champions 2021 murni merupakan hasil pertimbangan dari gabungan tiga media teknologi asli Indonesia, yaitu Hybrid.co.id, Yangcanggih.com, dan Gizmologi.id. Semuanya juga merupakan gadget yang telah dijual secara resmi di Indonesia sepanjang tahun 2021.

Berikut daftar pemenang Gadget Champions 2021 berdasarkan masing-masing kategori.

Best for School

Untuk kategori ini, daftar pemenangnya meliputi gadget-gadget yang cocok digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar, mulai dari jenjang SD hingga universitas. Dalam menilai, kami memberikan penekanan utama pada value serta keseimbangan antara performa dan harga. Singkatnya, gadget harus memiliki harga yang relatif terjangkau dan tepat guna. Berikut gadget terbaik untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar versi Gadget Champions 2021.

OPPO A16

Paling terjangkau di antara semua smartphone besutan OPPO, A16 memiliki kelebihan di ketahanan baterai dan kamera yang cukup baik untuk kelasnya. Ia ideal buat pelajar yang baru pertama kali menggunakan ponsel karena mudah dioperasikan.

Acer Aspire 5 A514

Kombinasi performa yang baik dan desain yang cukup estetis membuat laptop ini pantas menjadi salah satu yang terbaik untuk para pelajar di tahun 2021. Harganya pun terjangkau sehingga tidak akan terlalu membebani orang tua.

Apple iMac M1

Dari segi harga, komputer all-in-one dengan desain warna-warni ini memang tergolong premium, tapi itu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Performanya pun sangat mumpuni, bahkan untuk keperluan menyunting video sekalipun.

Xiaomi Pad 5

Tablet Android besutan Xiaomi ini memiliki spesifikasi terbaik di kelas harganya. Bagi pelajar yang membutuhkan tablet dengan layar berukuran lega di kisaran harga 5 jutaan rupiah, sulit mencari tablet yang spesifikasinya lebih baik dari Xiaomi Pad 5.

Huawei MatePad T8 (Kids Edition)

Ideal untuk anak SD berkat bantalan karet yang mengamankannya dari benturan, tablet dengan harga 2 jutaan rupiah ini juga sudah dilengkapi stylus untuk membantu anak-anak menggambar.

Logitech Pop Mouse

Secara fisik, mouse ini kelihatan meriah sekaligus cukup ergonomis untuk digunakan oleh si kecil. Harganya pun cukup terjangkau, sekaligus bisa ditandemkan dengan keyboard Logitech Pop Keys.

OPPO Enco Buds

TWS paling terjangkau dari OPPO ini hadir membawa mode khusus gaming serta kualitas suara yang baik. Selain itu, fisiknya pun tahan debu dan air dengan sertifikasi IP54.

Apple iPad 9th Gen

Tablet terbaik untuk belajar, dengan performa yang kencang dan ekosistem aplikasi yang amat lengkap. Di kelas harganya, inilah tablet dengan performa tercepat saat ini.

Realme 8i

Selain mampu memanjakan mata berkat layar 6,6 inci yang mendukung refresh rate 120 Hz, Realme 8i juga siap digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar selama seharian berkat baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Best for Content Creation

Agar dapat menghasilkan karya-karya terbaik, para kreator konten membutuhkan dukungan perangkat yang terbaik. Di kategori ini, kami telah memilih pemenang berdasarkan kemampuannya menunjang aktivitas para desainer grafis, desainer 3D, videografer, fotografer, serta editor video. Berikut gadget terbaik untuk menunjang proses penciptaan konten kreatif versi Gadget Champions 2021.

OPPO Reno6

Berbekal fitur-fitur kamera canggih untuk menciptakan video dan foto dengan efek menarik, Reno6 adalah smartphone kelas menengah terbaik untuk keperluan membuat konten di TikTok, Instagram, maupun YouTube.

HP ZBook Power G8

Dirancang untuk para desainer grafis dan desainer 3D, laptop ini siap digunakan untuk berbagai pekerjaan berat. Di saat yang sama, spesifikasinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Vivo X70 Pro

Hasil kolaborasi Vivo dan Zeiss berhasil menghadirkan smartphone dengan kualitas foto terbaik di kelas semi-flagship. Hasil rekaman videonya yang stabil saat dipakai tanpa tripod juga menjadi nilai tambah buat para vlogger dan pencipta konten video.

Samsung Galaxy Z Flip3

Berkat layar lipatnya, Galaxy Z Flip3 bisa digunakan dengan cara unik yang tidak dapat dijumpai di ponsel berdesain konvensional lainnya. Hasil foto dan videonya yang amat baik pun juga membuatnya semakin cocok di tangan para pencipta konten.

Fujifilm GFX 50S II

Kamera mirrorless dengan sensor medium format yang paling terjangkau saat ini. Dukungan koleksi lensa medium format Fujifilm GF yang ekstensif dan kualitas hasil foto yang menakjubkan membuatnya pantas menjadi andalan para fotografer profesional.

Sony Alpha 1

Kamera mirrorless bersensor full-frame ini sanggup merekam video 4K 120 fps atau 8K 30 fps. Ia juga merupakan kamera tercepat Sony saat ini, dengan kemampuan menjepret secara kontinyu hingga 30 gambar per detik.

Canon EOS R3

Bodi kamera full-frame dengan mount Canon RF terbaik saat ini. EOS R3 memiliki performa yang sangat gegas, membuatnya sangat ideal di tangan fotografer olahraga profesional. Satu fitur canggihnya, vehicle detection, sangat berguna dalam membantu fotografer mengabadikan aksi balap mobil atau motor.

Panasonic Lumix DC-BS1H

Kamera video barebone yang mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan untuk menghasilkan video berkualitas sinema. Dukungan lensa yang lengkap membuatnya semakin ideal untuk para videografer profesional.

DJI Mavic 3

Paling canggih di antara semua consumer drone buatan DJI, Mavic 3 hadir membawa kamera Hasselblad dengan sensor Micro Four Thirds yang mampu merekam video beresolusi 5,1K. Dengan daya tahan baterai hingga 46 menit dan jangkauan transmisi video hingga 15 km, ia pun juga sangat layak digunakan dalam lingkup profesional.

Apple iPhone 13 Pro

Berbekal mode video Cinematic, iPhone 13 Pro mampu menghasilkan video yang terbaik untuk sebuah smartphone. Didukung juga oleh beragam aplikasi penyunting video yang canggih, ponsel ini pun dapat difungsikan sebagai solusi alat videografi yang komplet.

Apple MacBook Pro 16 2021

Inilah laptop terbaik untuk video editor, fotografer, dan desainer grafis yang memiliki mobilitas tinggi. Di samping mengusung monitor Mini LED yang terang dan akurat, ia juga mengunggulkan kinerja yang amat kencang, bahkan di opsi paling terjangkaunya sekalipun.

Apple iPad Pro 12,9 M1 2021

Tipis tapi sangat bertenaga, inilah tablet terkencang saat ini yang bisa diandalkan untuk keperluan video editing dan sketsa di mana pun. Tak hanya itu, layarnya mampu menampilkan visual dengan dynamic range yang luas dan warna yang memukau.

Best for Work

Perangkat canggih yang mampu menunjang produktivitas selalu menjadi kebutuhan khalayak. Di kategori ini, prioritas utamanya adalah perihal kualitas dan performa. Berikut gadget terbaik untuk menunjang pekerjaan versi Gadget Champions 2021.

Asus ExpertBook B9400

Bagi para pebisnis profesional yang membutuhkan laptop tangguh untuk menunjang aktivitas bisnisnya, inilah laptop terbaik yang bisa dibeli di tahun 2021. Bodinya ringan tapi tangguh, performanya kencang, serta turut dilengkapi fitur-fitur keamanan terkini.

Acer Swift 3 Infinity 4

Opsi menarik bagi para pekerja kantoran dan pekerja lepas yang memiliki bujet terbatas, laptop ini hadir membawa desain yang unik dan keren, tidak ketinggalan pula performa yang cukup mumpuni.

Samsung Galaxy Z Fold3

Membawa ponsel ini ibarat memiliki sebuah tablet yang dapat disimpan di dalam saku. Ingin mencorat-coret dengan lebih nyaman dan lebih presisi, gunakan saja stylus S Pen Pro bersamanya.

Lenovo ThinkPad X1 Titanium Yoga

Paling tipis di antara semua lini laptop ThinkPad convertible, tapi tetap dengan bodi yang tangguh sesuai standar militer, serta fitur pengamanan yang lengkap. Satu kelebihannya adalah ukuran layarnya yang mencapai 13,5 inci, yang dapat memberikan ruang vertikal ekstra. Dengan daya tahan baterai mencapai angka 9 jam, laptop ini pun layak direkomendasikan bagi para pebisnis yang memiliki mobilitas ekstra.

Sony WF-1000X Mark 4

Tak hanya mengunggulkan kualitas suara yang amat baik dan dukungan active noise cancellation (ANC), TWS premium besutan Sony ini juga hadir membawa desain yang sangat nyaman digunakan.

Samsung S24A400

Dibanding monitor pada umumnya, monitor yang satu ini punya kelebihan dalam bentuk webcam terintegrasi. Ukurannya yang ringkas juga membuatnya cocok digunakan sebagai monitor kedua di atas meja kerja.

Best for Gaming

Industri gaming adalah salah satu yang malah berkembang pesat di kala pandemi. Alhasil, kebutuhan akan perangkat gaming pun juga ikut naik, dan di tahun 2021 kita juga melihat banyak perangkat gaming yang menarik. Berikut perangkat gaming terbaik versi Gadget Champions 2021.

Acer Predator Helios 300

Tak hanya menawarkan keseimbangan harga dan performa yang baik, laptop ini turut ditunjang oleh manajemen panas yang efektif. Kualitas rancang bangunnya pun solid, sehingga pengguna bisa percaya diri berlama-lama bermain game dengannya.

Western Digital SN850 NVMe SSD

Ruang penyimpanan ekstra saja tidak cukup buat para gamer, sebab performa storage yang cepat pun juga merupakan faktor yang krusial. SSD NVMe PCIe 4.0 yang satu ini merupakan cara mudah dan terjangkau untuk mendongkrak performa PC atau laptop secara instan.

ASUS ROG Phone 5

Sebagai sebuah smartphone gaming, performa yang kencang tentu menjadi andalan ROG Phone 5. Tidak kalah penting, ponsel ini juga mengandalkan sistem manajemen panas yang baik sehingga nyaman digunakan berlama-lama. Harganya pun relatif terjangkau, terutama jika melihat performa yang ditawarkan.

ASUS ROG Strix Advantage Edition

Paduan prosesor dan kartu grafis AMD di laptop ini menawarkan performa gaming yang kencang di tingkat harga yang kompetitif. Desainnya pun keren dan kokoh, dan ia turut didukung sistem pendingin yang efektif.

Asus ROG Zephyrus Duo 15 SE

Dengan sepasang layarnya, laptop ini sanggup memberikan pengalaman baru saat bermain game maupun bekerja. Bukan cuma itu, kualitas layar dan performanya pun juga termasuk salah satu yang terbaik di tahun 2021.

Lenovo Legion 5 Pro

Dengan layar 16 inci yang memiliki refresh rate 165 Hz, cakupan warna sRGB 100%, serta dukungan DisplayHDR 400 dan Dolby Vision, laptop gaming yang satu ini sangat unggul perihal kualitas visual. Performanya pun kencang, dengan spesifikasi di atas rata-rata kelas harganya.

MSI GE76 Raider

Perangkat gaming terasa kurang lengkap tanpa pencahayaan RGB, dan itu sama sekali bukan masalah di laptop ini. Dengan bodi yang kokoh dan spesifikasi kelas atas, laptop ini juga ideal dijadikan pengganti PC desktop.

HP Victus 16

Harganya relatif terjangkau, akan tetapi spesifikasi dan performanya tetap memadai untuk ukuran laptop gaming. Desainnya yang tampak minimalis dan bernuansa bisnis juga bisa menjadi nilai tambah bagi sebagian pengguna.

LG C1 OLED TV

Dengan dukungan VRR dan refresh rate 120 Hz, inilah TV dengan kualitas visual terbaik buat para gamer konsol next-gen. Tidak hanya game, film juga bakal tampak menawan saat diputar di TV ini.

Nintendo Switch OLED

Dijual sekitar 1 juta lebih mahal dari versi standarnya, generasi baru Nintendo Switch yang memiliki layar OLED ini menjanjikan kualitas visual yang jauh lebih menawan dalam form factor yang sudah sangat familier.

Realme GT Neo2

Berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 870 dan sistem pendingin pasif yang efektif, Realme GT Neo2 bisa menjadi salah satu smartphone terbaik untuk bermain game di tahun 2021. Belum lagi ditambah harganya yang sangat menarik.

Poco F3

Poco F3 adalah smartphone dengan chipset Snapdragon 870 yang paling murah di tahun 2021, dan ini menjadikannya sebagai pilihan terbaik bagi para gamer mobile yang memiliki dana pas-pasan.

Di tahun 2022, kami berencana untuk tetap menghadirkan jawara gadget terbaik setiap bulannya. Tujuannya tidak lain dari membantu para pembaca untuk mendapatkan gadget terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.