Categories

Berita

Gaet Parkee, DANA Tambah Fitur Pembayaran Parkir Nontunai

Bakal melanjutkan kemitraan dengan rilis fitur reservasi parkir

Marsya Nabila - 21 October 2020

DANA meresmikan fitur terbaru pembayaran parkir lewat kerja sama dengan startup penyedia layanan parkir Parkee. Inovasi ini permudah pemilik kendaraan untuk masuk ke pembayaran digital karena mereka tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk bayar parkir secara nontunai.

Co-Founder & CEO DANA Vince Iswara menerangkan perilisan ini adalah strategi perusahaan mengubah kebiasaan pengguna untuk beralih ke pembayaran digital, terutama di era pandemi ini uang tunai bisa menjadi perantara virus berbahaya tersebut.

“Ini sebenarnya changing people behaviour, jadi bukan lihat amount [potensi bisnis saja], melainkan sudah saatnya berubah. Kita percaya dengan perkembangan teknologi, maka akan semakin mudah bertransaksi kalau pakai platform yang bisa dipercaya,” ujarnya saat konferensi pers secara online, Rabu (21/10).

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup memindai tiket parkir menggunakan DANA pada 15 menit sebelum keluar gedung. Lalu melakukan konfirmasi dan bayar. Begitu transaksi berhasil, pengguna akan mendapat notifikasi yang akan mengingat mereka untuk meninggalkan gedung atau area parkir sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pada tahap awal, pengguna baru bisa menggunakan fitur ini di 200 lokasi parkir.

Parkee merupakan sekian banyak perusahaan yang digaet DANA. Vince menerangkan, teknologi DANA yang bersifat open platform memungkinkan mereka bekerja sama dengan beragam platform guna memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu pengelola parkir yang sudah bermitra dengan Parkee, PT Centerpark Citra Corpora mengatakan total omzet parkir secara global mencapai $80 miliar. Sementara, untuk di Indonesia sendiri pada tahun lalu sebesar Rp25 triliun untuk off street (pinggir jalan).

Dia memprediksi kalau on street (lahan parkir khusus) bisa lebih besar 1,5 kali lipat dari off street. “Ceruk marketnya sangat besar. Setahu saya sampai sekarang ini, market parking di Indonesia secara tarif masih yang paling murah. Di luar Jakarta, untuk parkir motor masih bisa Rp500,” kata Founder dan CEO Centerpark Charles Oentomo.

Ia mengaku pembayaran nontunai sangat dibutuhkan di industri parkir. Dari data perusahannya, 60% pembayaran masih menggunakan tunai. Sementara untuk pembayaran nontunai masih memanfaatkan uang elektronik berbasis kartu. Centerpark sendiri kini mengelola 400 lokasi parkir yang ada di 42 kota.

Bisnis Parkee

Founder & CEO Parkee Wilson Sumanang menerangkan, inovasi bersama DANA adalah jawaban dari konsumen yang membutuhkan solusi praktis, tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan di smartphone.

Oleh karenanya, ia tidak khawatir apabila pengguna Parkee lebih memilih untuk beralih ke aplikasi DANA untuk bayar parkir, ketimbang aplikasi Parkee. Pasalnya, Parkee menempatkan diri sebagai platform, yang artinya teknologinya bisa ditempatkan ke mitra dan tetap memperoleh bisnis.

Toh, solusi yang dikembangkan Parkee tidak hanya bayar parkir, juga ada fitur reservasi parkir, dan dasbor untuk pemilik gedung dan operator saat ingin mengidentifikasi pengunjung di area parkirnya, lengkap dengan durasi yang dihabiskan dan memantau jumlah transaksi secara real time.

“DANA bisa bantu bersama-sama mempromosikan pembayaran nontunai ke pengguna mereka dan Parkee. Jadi ini bukan jadi churn [buat aplikasi] tapi akan membawa manfaat yang lebih maksimal buat pengguna.”

Bersama DANA, lanjutnya, akan ada pengembangan berikutnya yang akan dilakukan. Salah satunya adalah merilis fitur reservasi parkir yang sudah masuk dalam tahap pengembangan. “Harapannya bersama DANA bisa memproses 1 juta transaksi dalam setahun ke depan.”

Parkee sudah dimanfaatkan oleh lebih dari 200 ribu pengguna dan layanannya dapat digunakan di lebih dari 200 lokasi parkir di seluruh Indonesia. Volume transaksi yang berhasil diproses mencapai lebih 900 ribu kali. Mitra Parkee diantaranya Centerpark dan EZ Parking.

Parkee bukan satu-satunya pemain parkir online yang ada di Indonesia. Selain itu ada Smark, Parkirin, Cari Parkir, Parkways, dan eParkir yang dikelola oleh Telkom.

Application Information Will Show Up Here
Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter