1. Entrepreneur

Mengenal Google Adwords, Layanan Iklan Digital untuk Bisnis Anda

Memanfaatkan layanan iklan digtal Google Adwords untuk Bisnis

Metode periklanan digital banyak diminati di tengah maraknya digitalisasi bisnis. Hal itu sejalan dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, media sosial dan konsumen yang berbelanja melalui platform secara online.

Google Adwords atau biasa dikenal dengan istilah Google Ads merupakan salah satu layanan iklan digital yang dapat digunakan oleh berbagai kategori usaha, mulai dari usaha skala kecil hingga skala besar.

Tidak hanya untuk meningkatkan penjualan, Google Ads bisa dimanfaatkan untuk beragam tujuan dan Anda dapat menentukan sendiri tujuan iklan tersebut pada saat pendaftaran Ads. Simak pembahasan dibawah ini untuk mengenal Google Ads lebih mendalam.

Mengenal Google Adwords

Google Adwords atau Google Ads merupakan bentuk layanan periklanan online Google. Google Ads biasa digunakan para sektor usaha untuk mempromosikan bisnisnya dengan menjangkau lebih banyak target konsumen potensial secara online, tidak terbatas jarak dan waktu seperti iklan fisik.

Layanan Google Ads merupakan layanan iklan yang tersegmentasi, Anda dapat menentukan target penerima iklan sesuai dengan target konsumen dari produk atau layanan Anda. Dengan begitu iklan akan menjangkau orang-orang yang tepat dan sesuai dengan target konsumen Anda.

Pengelolaannya yang dilakukan secara online juga akan memudahkan Anda untuk membuat atau melakukan perubahan iklan kapanpun, termasuk konten iklan, pengaturan segmentasi, maupun anggaran yang Anda keluarkan untuk iklan tersebut.

Google Ads menawarkan kemudahan dimana Anda dapat menentukan sendiri tempat iklan muncul dan mengatur pengeluaran iklan sesuai anggaran yang Anda miliki, tentunya hal itu akan berpengaruh terhadap jangkauan yang akan Anda dapatkan. Laporan hasil dari Google Ads akan membantu Anda untuk mengukur pengaruh dan keberhasilan dari iklan.

Manfaat dan kegunaan Google Adwords

  • Membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan dengan mencantumkan link online store Anda
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan traffic ke situs dengan cara mencantumkan tautan atau link website pada iklan
  • Meningkatkan kunjungan toko dengan cara mencantumkan alamat perusahaan pada iklan

Keuntungan menggunakan Google Ads

  • Mencapai target konsumen yang spesifik

Pengiklan dapat memilih target iklan secara spesifik seperti usia target yang ingin dijangkau, minat mereka, lokasi, serta bahasa. Pengiklan juga dapat memilih jenis situs dimana iklan akan ditampilan dan mengatur jadwal tayang iklan.

Selain itu, pengiklan dapat menentukan kata kunci yang akan membantu iklan untuk mencapai targetnya sehingga iklan akan muncul kepada orang yang menelusuri kata kunci tersebut. Dengan begitu, iklan akan menjangkau target yang spesifik sesuai dengan target konsumen dari produk atau layanan Anda.

  • Mencapai target pemasaran

Pengiklan dapat mengatur target atau tujuan dari iklan dengan memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Google Ads. Google Ads memiliki fitur tombol telepon untuk mengarahkan penonton iklan melakukan panggilan dengan produk atau layanan yang diiklankan, fitur iklan format video yang akan memungkinkan Anda memamerkan produk atau layanan dalam format video, fitur download aplikasi jika tujuan iklan Anda adalah agar pelanggan mengunduh aplikasi, dan fitur link yang akan mengarahkan pelanggan menuju situs web sehingga akan menaikkan traffic web Anda.

  • Anggaran atau budget dapat disesuaikan

Pengiklan dapat mengatur iklan sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Meski begitu, iklan akan tetap bisa menjangkau target konsumen yang spesifik, hanya saja anggaran ini akan berpengaruh pada jangkauan yang didapatkan.

Google Ads juga memungkinkan pengiklan untuk membayar sesuai hasil, dimana pengiklan hanya membayar ketika penonton iklan berinteraksi dengan iklan yang disajikan, seperti mengklik tautan/link atau menonton video iklan sampai selesai.

  • Memperluas pasar dan menjangkau lebih banyak target konsumen potensial

Bagi Anda yang ingin memperluas pasar secara online, maka Google Ads adalah jawabannya. Melalui layanan iklan digital Google Ads memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak target konsumen potensial sehingga akan memperluas pasar Anda.

  • Terkoneksi dengan seluruh platfrom

Melalui Google Ads, Anda dapat terhubung dengan seluruh pelanggan potensial di berbagai platform, mulai dari komputer, seluler, maupun aplikasi.

  • Dapat mengukur performa iklan

Beriklan dengan Google Ads akan memudahkan Anda untuk mengukur performa iklan karena Google Ads menyediakan laporan hasil iklan. Melalui data tersebut, Anda dapat melihat apakah iklan Anda memiliki performa yang baik atau tidak. Jika tidak, Anda juga memiliki opsi untuk melakukan perubahan pengaturan iklan dengan mudah di Google Ads.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again