23 May 2016

by Glenn Kaonang

Google Rilis Science Journal, Aplikasi untuk Mempermudah Eksperimen dengan Sains

Pengguna bisa melakukan beragam pengukuran dengan sensor milik smartphone untuk kemudian dianalisa datanya

Dari pengalaman pribadi saya, bereksperimen dengan sains itu terasa menyenangkan selama perlengkapannya memadai. Proyek sederhana seperti sekadar mengukur sesuatu lalu menganalisa data guna memahami cara kerjanya saja bisa memberikan kepuasan tersendiri, terutama bagi siswa-siswi di bangku sekolah.

Itulah misi yang dituju Google melalui Science Journal, sebuah aplikasi Android yang dirancang untuk mempermudah eksperimen sains. Dengan aplikasi ini, pengguna pada dasarnya dapat melakukan berbagai pengukuran dengan memanfaatkan sensor-sensor milik smartphoneaccelerometer, sensor cahaya dan lain sebagainya – lalu menganalisa datanya dalam wujud grafik atau bagan yang mudah dipahami.

Sensor milik smartphone tentunya cukup terbatas. Maka dari itu, Google juga akan memasarkan sejumlah material pelengkap untuk semakin memaksimalkan potensi Science Journal dalam praktikum-praktikum ilmiah. Material pelengkap tersebut mencakup berbagai macam sensor eskternal, microcontroller dan masih banyak lagi, namun sayang sejauh ini Google baru akan menawarkannya untuk konsumen AS saja.

Science Journal siap mengukur secara real-time dan presisi, kemudian menampilkan hasil analisa secara merinci / Google

Secara keseluruhan, Science Journal diproyeksikan sebagai buku catatan digital untuk mendampingi pengguna selama bereksperimen, mulai dari membuat catatan-catatan kecil sampai melakukan pengukuran yang presisi secara berulang supaya hasilnya benar-benar valid.

Science Journal saat ini sudah tersedia secara cuma-cuma di Google Play, dan akan dijadikan open-source mulai musim panas nanti. Bagi yang membutuhkan inspirasi terkait aktivitas apa saja yang bisa dilakukan bersama aplikasi ini, Anda bisa langsung mengunjungi situs Science Journal.

Sumber: Google for Education via The Verge.

Application Information Will Show Up Here