20 July 2012

by Bonang Setoaji

Google Selenggarakan ‘Google Apps Developer Challenge 2012’

Google akan mengadakan kompetisi yang menantang para developer di 6 regional untuk mengirimkan aplikasi buatan mereka. Salah satunya regional yang menjadi tempat kompetisi adalah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kompetisi yang diadakan Google ini bernama ‘Google Apps Developer Challenge 2012’. Kompetisi telah dimulai sejak tanggal 5 Juni 2012 yang lalu, para bisa mengirimkan aplikasi mereka pada tanggal 25 Juli 2012 mendatang.

Di kompetisi ini, Google menantang para developer mengembangkan aplikasi untuk Chrome Web Store dengan menggunakan layanan Google Apps dan Google Drive API. Selain ditantang untuk mengembangkan aplikasi dengan menggunakan Google Apps dan Google Drive API, developer juga dapat memilih kategori yang disediakan seperti: Enterprise/Small Business Solutions, Social/Personal Productivity/Games/Fun, Not-for-Profit: Education/Water/ Food & Hunger/Health.

Menariknya, yang diutamakan untuk mengikuti kompetisi ini adalah para pelajar/mahasiswa dan developer perempuan. Hadiah yang ditawarkan oleh Google sampai US $20,000. Yang pasti, ada tujuan dibalik kompetisi yang diselenggarakan Google ini.

Pengembangan aplikasi yang banyak di sasar para developer saat ini adalah aplikasi mobile. Berbagai acara termasuk hackathon yang diadakan di Indonesia para vendor berfokus pada pengembangan apliaksi mobile di platfrom mereka. Banyak pula para web developer yang beralih profesi menjadi mobile developer, bisa jadi ini dikarenakan perkembangan dunia mobile sendiri yang bertumbuh sangat cepat.

Diadakannya Google Apps Developer Challenge 2012 adalah untuk mengembangkan kembali potensi pada dunia web development dengan mem-publish aplikasi tersebut di Chrome Web Store. Selain mengangkat kembali kiprah web development, hal lain yang diangkat adalah kampanye dari Google bagi para developer untuk membangun Chrome apps yang berbasiskan web, serta menggali berbagai potensi yang ada pada Chrome Web Store.

Bagi para rekan-rekan developer yang ingin mengikuti kompetisi ini, dapat menuju tautan ini.