1. Startup

GoPay dan Bank Jago Rilis Produk Simpanan Jangka Pendek

Produk tabungan menjadi fokus GoPay untuk mengakselerasi layanannya yang kini memiliki 700 ribu pengguna

Produk tabungan masih akan menjadi fokus PT Dompet Anak Bangsa (GoPay) selanjutnya usai menjadi aplikasi independen pada tahun lalu. Lewat produk utamanya GoPay Tabungan by Jago, GoPay kembali memperkenalkan rekening simpanan bersama mitra ekosistemnya PT Bank Jago Tbk.

Rekening simpanan GoPay Tabungan by Jago adalah produk tabungan jangka pendek yang disebut memiliki sejumlah keunggulan, antara lain menabung mulai dari Rp1, fleksibilitas pencairan, tidak ada biaya administrasi dan biaya penalti, dan bunga sebesar 3,75% p.a.

"Inovasi GoPay masih akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, misalnya transaksi pembayaran dan produk tabungan. Kami ingin bangun fondasi masyarakat untuk menabung, sebelum loncat ke produk lain, seperti investasi," ujar Head of Banking & Financial Management GoPay Andreas Santopen ditemui usai peluncuran produk GoPay Tabungan by Jago, Rabu (31/1).

Saat ini, GoPay Tabungan by Jago memiliki tiga jenis rekening. Pertama, rekening utama yang telah lebih dulu diperkenalkan pada Oktober 2023. Kedua, rekening utama Syariah, dan terakhir rekening simpanan. Seluruh produk dan layanannya telah dijamin LPS serta diawasi BI dan OJK.

Pihaknya mengklaim sejak pertama kali rilis hingga sekarang, GoPay Tabungan by Jago meraup 700 ribu pengguna dengan kenaikan transaksi hingga 5 kali lipat. Adapun, transaksi di aplikasi GoPay didominasi oleh layanan pembayaran tagihan, e-commerce, pulsa hingga QRIS.

Dari hasil risetnya, pihaknya menemukan sejumlah pengguna GoPay kesulitan memulai menabung karena anggapan produk tabungan di bank perlu dana dalam jumlah besar dengan biaya administrasi tinggi. Selain itu, aksesnya juga sulit karena lokasi kantor cabang jauh.

Berdasarkan data LPS pada 2022, rasio simpanan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia masih rendah dengan tingkat 38,8% dibandingkan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Singapura (141%), Thailand (135,69%), dan Malaysia (122,59%).

More Coverage:

"Kami akan terus menambah fitur-fitur baru GoPay Tabungan untuk menumbuhkan kebiasaan menabung bagi masyarakat," tambah Head of Customer Value Management Bank Jago Irene Santoso.

Sinergi Bank Jago dan Grup GoTo telah terjalin pada berbagai ekosistem bisnisnya. Diawali dengan sinergi pembukaan rekening, Bank Jago kini telah terintegrasi sebagai salah satu metode pembayaran di aplikasi Gojek secara otomatis, baik layanan GoRide, GoFood, dan GoSend.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again