1. DScovery

Green Screen: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Tipsnya

Penerapan green screen bertujuan untuk mendukung penggunaan teknologi CGI atau efek visual. Mari cari tahu informasi selesaiin di artikel di bawah ini!

Jika kamu pernah menonton Blockbuster modern, kamu pasti tahu dengan green screen. Green screen adalah backdrop atau latar belakang dengan latar belakang hijau yang digunakan untuk membuat foto dan video. Sebelumnya, layar hijau berwarna biru ketika Larry Butler pertama kali menggunakan tombol warna pada The Thief of Baghdad tahun 1940, yang membuatnya memenangkan Oscar. Untuk mempelajari lebih lanjut, mari kita lihat pengertian, fungsi, dan pengoperasian green screen dalam artikel ini.

Apa Itu Green Screen?

Green screen adalah backdrop besar atau background warna hijau yang ditempatkan di atas latar belakang atau objek gambar. Setelah proses produksi selesai, background ini nantinya akan dimodifikasi menggunakan teknologi CGI atau grafik komputer.

Aplikasi green screen pertama kali digunakan oleh George Albert Smith pada tahun 1898. Awalnya, kain yang dipilih berwarna hitam untuk menghilangkan objek. Juga, pada tahun 1903, aplikasi layar hijau menjadi sangat populer. Itu karena film The Great Train Robbery mengecat jendela kereta dengan warna hitam untuk meningkatkan pemandangan indah saat kereta melintas. Hal ini tentunya menjadi awal popularitas green screen dalam penerapannya untuk mendukung efek visual film.

Fungsi Green Screen

Green screen bertindak sebagai background sehingga kamu dapat menambahkan CGI atau efek khusus ke video mu. Ini digunakan untuk mengubah warna latar belakang dalam film dengan efek khusus yang telah diedit. Proses mengubah warna background dari hijau menjadi CGI disebut dengan chrome keying.

Cara Kerja Green Screen

Secara konsep, pengoperasian green screen tampak sangat sederhana. Pembuat film menangkap objek video dengan backdrop yang sebelumnya memiliki latar belakang hijau. Selain itu, menggabungkan atau memalsukan objek latar belakang dilakukan dengan alat atau perangkat lunak pengeditan video.

Saat gambar-gambar ini digabungkan, efek CGI ditambahkan ke latar belakang sesuai kebutuhan. Penting untuk memastikan bahwa subjek dan latar belakang terekspos secara cukup dan merata sehingga tidak ada bayangan yang muncul pada gambar. Selain itu, kamu dapat mengubah tampilan background video dan menambahkan efek visual lainnya sesuai kebutuhan. Meski terlihat sangat sederhana, agar kunci chrome menghasilkan video berkualitas tinggi, kamu membutuhkan keterampilan yang kompeten dalam pengerjaannya.

Tips Menggunakan Green Screen

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu memaksimalkan penggunaan green screen dalam produksi film.

1. Perhatikan Tingkat Pencahayaan

Perhatikan tingkat cahaya, karena tingkat cahaya berpengaruh besar terhadap keberhasilan penggunaan green screen. Pencahayaan harus disesuaikan secara merata baik di latar depan maupun di latar belakang.

2. Jangan Mengabaikan Bayangkan

Background hijau harus tampak solid dengan warna yang utuh supaya proses keying bisa bekerja. Sehingga, subjek harus berada beberapa meter di depan layar saat proses shoot berlangsung, dan harus diterangi oleh three-point lighting.

3. Deep of Field

Deep of Field latar depan dan latar belakang harus cocok, jika tidak, komposisi gambar yang dihasilkan tidak akan sesuai dengan mata manusia dan akan terlihat aneh.

4. Gunakan Tripod Agar Tetap Stabil

Agar green screen kamy berfungsi, kamera kamu harus tetap stabil dan tajam. Kamera yang goyah di latar belakang dapat melihat stabilitas latar belakang.

5. Hindari Pakaian atau Alat Peraga

Pakaian atau properti berwarna hijau dapat merusak green screen, jadi pastikan pakaian pemain tidak berwarna hijau.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again