1. DScovery

Mengenal Hackathon, Kompetisinya Para Programmer

Salah satu kompetisi yang sering diburu oleh programmer adalah kompetisi hackathon. Apa itu kompetisi hackathon dan apakah ada di Indonesia?

Bagi kamu yang sedang membangun startup mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata hackathon. Bahkan beberapa waktu terakhir, istilah hackathon cukup populer.

Sebenarnya apa itu hackathon? 

Apa saja kegiatan hackathon?

Lalu, apakah ada kompetisi hackathon di Indonesia?

Tenang aja, semua pertanyaan terkait hackathon akan terjawab melalui ringkasan hackathon di bawah. Jangan lupa untuk menyimak dan mencatat hal yang pentingnya, ya!

Pengertian Hackathon

Dikutip dari laman Hackathon.com , definisi hackathon adalah acara yang menyatukan para ahli dalam menciptakan kolaboratif untuk memecahkan masalah tertentu. Sebagian besar hackathon berkisar pada pemrograman komputer dan TI, tetapi saat ini banyak industri lain yang mengikuti seperti hackathon ekonomi, hackathon musik, dan sejenisnya.

Kata hackathon sendiri berasal dari gabungan dua kata yaitu “hack” dan “marathon”. Sehingga bisa disebut pengertian hackathon adalah maraton maraton bagi peretas. Namun, dalam hal ini, hacker yang dimaksud adalah programer komputer eksploratif.

Hackathon sendiri pertama kali dimulai pada 4 Juni 1999 ketika OpenBSD mengumpulkan 10 pengembang software yang bekerja pada cryptographic software. Hingga, saat ini kompetisi hackathon juga semakin ramai diikuti.

Alasan Hackathon Menjadi Kompetisi yang Diburu Programmer

Hackathon event juga menjadi salah satu kompetisi yang cukup kompetitif bagi para programmer, karena di sini programmer akan berkreasi dengan berbagai metode untuk bisa mendapatkan solusi berkualitas tinggi. Maka tidak jarang banyak perusahaan dan organisasi yang akan membeli atau membuat kontrak dengan para peserta hackathon yang berhasil membuat produk terbaik.

Umumnya kegiatan hackathon tidak ada batasan waktu, tetapi beberapa penyelenggara memberikan waktu 24 sampai 48 jam. 

Lalu mengapa kompetisi ini cukup populer? Selain mencari pemecahan masalah, peserta hackathon juga bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar, berbagi ide, melakukan networking yang efektif, dan penyelenggara bisa mendapatkan akses ke talenta terbaik dan kesempatan untuk menemukan solusi inovatif untuk masalah mereka.

Menurut Joshua Tauberer, kompetisi hackathon biasanya diikuti secara tim dengan jumlah anggota 2-5 individu yang memiliki pekerjaan yang berbeda tetapi tetap kolaborasi yaitu membangun visualisasi data baru, menulis dokumen, hingga menyelidiki masalah secara kolaboratif.

Kegiatan Hackathon

Bisanya susunan kompetisi hackathon tidak selalu sama, hal ini disesuaikan dengan penyelenggaranya. Namun, menurut Ionos, kegiatan hackathon umumnya sebagai berikut:

1. Pembukaan

Sama seperti kompetisi lainnya, kompetisi hackathon biasanya dimulai dengan pembukaan oleh pihak penyelenggara yaitu dengan menjelaskan tema hackathon dan susunan acara yang akan dilaksanakan.

2. Workshop

Sebelum memulai proyek hackathon, umumnya peserta akan mendapatkan kelas atau workshop terlebih dahulu, agar peserta mendapatkan gambaran terkait tema hackathon yang berlangsung.

3. Pitching

Kegiatan ini biasanya dimanfaatkan peserta untuk melakukan pitching atau mengajukan ide terkait proyek yang sesuai dengan tema hackathon yang berlangsung.

4. Membuat Tim

Pembuatan tim untuk kompetisi hackathon biasanya dilakukan secara spontan saat itu juga, artinya kamu akan bekerja dengan orang yang mungkin tidak kamu kenal sebelumnya. Sehingga, harus pintar-pintar mencari tim.

5. Membuat Proyek

Setelah membentuk tim, maka kegiatan utama kompetisi hackathon sudah bisa dimulai. Dalam proses ini kamu dengan anggota tim akan menyusun strategi dan menuangkan ide untuk membuat proyek yang sudah disetujui bersama.

6. Presentasi

Setelah proyek yang kamu kerjakan selesai, langkah selanjutnya adalah peserta hackathon akan mempresentasikan proyeknya. Dimulai dari bagaimana bisa menemukan ide hingga cara menyelesaikan masalah yang ditemui, tentunya kamu harus meyakinkan para huri dengan konsep yang bagus.

7. Award Ceremony

Kegiatan terakhir dalam kompetisi hackathon tentu saja pengumuman juara dan hadiah, biasanya dalam satu hackathon event ada lebih dari satu pemenang.

Hackathon Indonesia

Bagi kamu yang tertarik dengan kompetisi ini tidak perlu lagi pergi ke luar negeri untuk mengikuti hackathon competition, karena di Indonesia sendiri beberapa tahun terakhir sudah banyak kompetisi hackathon yang diselenggarakan.

Berikut contoh kompetisi hackathon di Indonesia:

1. Toyota Funcode

Kompetisi hackathon yang diselenggarakan oleh Toyota ini berlangsung pada dua hari pada tahun 2019 silam. Sebagai perusahaan otomotif terkenal, tentunya tema atau fokus kompetisi hackathon Toyota Funcode adalah terkait dunia otomotif, seperti eco driving, keselamatan berkendara, dan perawatan berkendara.

2. Hackathon Merdeka

Acara Hackathon Merdeka 3.0 dilaksanakan pada tahun 2015, kompetisi ini diselenggarakan oleh Code4Nation dan beberapa lembaga negara. Kompetisi ini sudah diselenggarakan sebanyak tiga kali.

Adapun, tujuan dari kompetisi Hackathon Merdeka adalah untuk mencari solusi dari permasalahan yang sering terjadi di Indonesia seperti pencegahan korupsi.

3. UKode Hackathon

Tahun lalu Tech Hub bersama DailySocial juga menyelenggarakan kompetisi hackathon sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin menuangkan inovasi terbaik untuk menangani masalah lingkungan di Indonesia melalui teknologi digital untuk menyikapi isu perubahan iklim.

Gimana, sekarang apakah kamu sudah tertarik untuk mengikuti kompetisi hackathon? Dalam waktu dekat nanti di bulan Juli akan ada program Hackathon yang diinisiasi oleh OCBC NISP, bekerja sama dengan DailySocial.id, lho. Jadi, jangan lupa untuk persiapkan diri baik-baik dan cari tahu informasi tentang hackathon di media sosial DailySocial.id!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again