3 December 2021

by Galih

Qualcomm dan Razer Dikabarkan Tengah Kembangkan Handheld

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengembangkan game mobile next-gen.

Konsol genggam alias handheld kelihatannya masih menjadi tren baru bagi para raksasa elektronik. Termasuk bagi pabrikan perangkat gaming Razer dan pabrikan chip mobile Qualcomm. Kedua perusahaan ini dikabarkan tengah bekerja sama dalam pengembangan konsol genggam baru.

Videocardz.com mengabarkan bahwa mereka menerima kiriman bocoran beberapa slide presentasi milik Qualcomm. Presentasi tersebut kelihatannya diambil dari presentasi untuk produk-produk Qualcomm yang akan dirilis pada 2022 mendatang.

Salah satu yang paling menarik adalah keberadaan chipset Snapdragon G3x. Dalam deskripsinya chipset ini disebut memang didesain khusus untuk konsol genggam. Selain menampilkan beberapa kelebihan performa dan fitur dari chipset-nya, Qualcomm juga memperlihatkan tampilan Developer Kit atau dev-kit yang mereka kembangkan dengan Razer.

Image credit: Videocardz.com

Konsol dev-kit ini tampil cukup masif terutama karena area kontroler di sisi kanan dan kirinya yang cukup luas, serta adanya lengkungan tambahan di bagian atasnya untuk mengakomodir apa yang terlihat seperti kamera depan 1080p. Layarnya cenderung memanjang dengan rasio mirip dengan smartphone.

Dalam presentasinya, selain menggunakan Snapdragon G3x konsol dev-kit ini juga akan menggunakan layar OLED HDR 120hz. Dengan baterai yang cukup masif yaitu 6000 mAh. Selain itu perangkat ini disebut juga dapat digunakan sebagai perangkat game streaming, membuatnya memiliki dukungan terhadap Xbox Game Cloud.

Image credit: Videocardz.com

Dengan semua informasi tersebut, bisa dibilang konsol dev-kit ini merupakan konsol hybrid yang akan menjadi batas baru bagi game mobile sekaligus menjadi konsol gaming AAA via cloud. Sayangnya tidak ada informasi apapun apakah konsol dev-kit ini nantinya juga akan diproduksi secara masal atau tidak.

Namun bila Qualcomm nantinya menghendaki konsol genggam ini akan berfokus pada game mobile next-gen, maka produk ini akan menjadi awal baru untuk game mobile yang akhirnya memiliki sebuah perangkat yang didedikasikan penuh untuk gaming. Karena, hingga sekarang, game mobile masih menggunakan smartphone dan tablet sebagai platform mereka.

Image credit: Videocardz.com

Selain menjelaskan tentang keberadaan konsol genggam, beberapa slide juga menjelaskan tentang chipset khusus untuk mobile mereka yang diberi kode Snapdragon 8 Gen1. Chipset ini disebut akan menawarkan perform 20% lebih kencang dan 30% lebih hemat daya dibanding chipset flagship yang sekarang ada, yaitu SD888.

Kemampuan olah grafis dari chipset terbaru tersebut juga disebut meningkat 20% dan lebih hemat daya 30%. Semua peningkatan tersebut berhasil didapatkan Qualcomm lewat arstitektur baru 4nm.