Categories

MARKETING

Tren Akuisisi Pengguna pada Game Hiper Kasual

Semakin murah dan jumlah instalasi mengalami peningkatan.

Ilham Sanjaya - 10 August 2020

Game hiper kasual mengalami pertumbuhan yang pesat pada kuartal pertama di tahun 2020. Hal ini juga didorong masa pandemi yang membuat banyak orang memilih beraktivitas di rumah. Peningkatan jumlah pemain genre ini juga mendatangkan kesempatan dan peluang tersendiri bagi para pemasar yang ingin memanfaatkannya.

Namun, terkadang dalam memanfaatkan hal tersebut para pemasar juga menemukan tantangan terkait perhitungan biaya. Informasi penting yang dimiliki oleh para pemasar kadang tidak sesuai dengan data-data yang sebenarnya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan informasi-informasi penting yang dapat dimanfaatkan oleh para pemasar terkait berapa biaya yang perlu dikeluarkan, jumlah instalasi, serta berapa tingkat konversi iklan pada game hiper kasual yang dirangkum dari Adjust’s Hyper Casual Gaming Report 2020.

Biaya Akuisisi Semakin Murah

Salah satu dampak dari semakin populernya genre game hiper kasual sepanjang kuartal keempat adalah penurunan biaya akuisisi atau cost per install (CPI) yang dibutuhkan oleh para pemasar. Akan tetapi, meski terjadi penurunan secara global, biaya akuisisi ini tetapi bervariasi serta ditentukan oleh berbagai faktor, seperti negara atau kawasan.

hiper kasual
Biaya per instalasi game hiper kasual Q4 2019 – Q1 2020

Secara global, biaya rata-rata yang dibutuhkan untuk melakukan akuisisi pada game hiper kasual ini mengalami penurunan hingga menjadi $0,17 sepanjang kuartal pertama 2020. Amerika Serikat merupakan negara dengan penurunan yang paling besar yaitu 35% sehingga biaya akuisisi pengguna di negara tersebut menjadi hanya $0,42 di periode ini. Akan tetapi, meski mengalami penurunan yang cukup signifikan, biaya ini masih lebih besar dari negara-negara yang berada di kawasan lain.

Jumlah Instalasi dari Iklan Mengalami Kenaikan

Hal positif lainnya yang juga harus dimanfaatkan oleh para pemasar adalah naiknya angka jumlah instalasi game hiper kasual per seribu tayangan iklan. Pada tingkat global, instalasi per seribu tayangan atau installs per mille (IPM) mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, yaitu sebesar 18.2%. Pada kuartal pertama tahun 2020, angka IPM secara global menunjukkan kenaikan menjadi 31 dari 1.000 pengguna menginstal game setelah melihat iklan. Hal ini juga dapat mengindikasikan bahwa jumlah pengguna yang tertarik dan melakukan tindakan berdasarkan paparan iklan semakin bertambah di semua kawasan.

hiper kasual
Jumlah instalasi per seribu tayangan game hiper kasual Q4 2019 – Q1 2020

Kawasan Asia Pasifik Memiliki Tingkat Efektivitas Iklan Paling Tinggi

Kawasan Asia Pasifik nampaknya tidak hanya mencatatkan perubahan positif pada biaya akuisisi dan jumlah instalasi dari iklan, tetapi kawasan ini juga memiliki tingkat efektivitas iklan paling tinggi dibandingkan kawasan lainnya. Meski begitu, angka click-through rate (CTR) yang cukup tinggi (24%) pada kawasan ini tidak dibarengi dengan tingkat instalasi yang memuaskan, hanya berkisar pada 13%. Hal ini menandakan bahwa pengguna di kawasan ini memang cenderung mengandalkan iklan untuk mencari game baru, namun tidak langsung mengunduh game berdasarkan iklan tersebut.

hiper kasual
Tingkat konversi, instalasi, dan rasio klik untuk iklan game hiper kasual Q1 2020

Hal ini cukup berbanding terbalik dengan statistik para pengguna di kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA) serta Amerika Serikat. Para pengguna di dua kawasan ini memiliki angka CTR yang lebih rendah daripada pengguna di kawasan Asia Pasifik namun memiliki tingkat instalasi yang tinggi, yaitu sebanyak 17% di kuartal pertama. Para pemasar dapat melihat ini sebagai tantangan karena pengguna pada kawasan ini tidak terlalu menyukai iklan namun memiliki kecenderungan tingkat instalasi game yang cukup tinggi.

Hiper Kasual Unggul dari Genre Apapun

Bila dibandingkan dengan genre game lainnya, hiper kasual ternyata tetap unggul baik di platform Android maupun iOS. Tingkat konversi genre ini (3,34% untuk Android dan 2,72% untuk iOS) lebih tinggi dari genre lainya. Hal ini juga mencerminkan popularitas game hiper kasual di kedua platform tersebut. Namun, statistik ini juga turut menunjukkan bahwa genre lain tetap dapat bersaing dengan hiper kasual. Contohnya genre action pada platform Android dan genre role-playing di iOS. Sehingga para pemasar juga tetap dapat memperhitungkan genre game lainnya untuk menerapkan strategi pemasarannya.

hiper kasual
Perbandingan masing-masing genre pada platform Android dan iOS.

Dengan memahami informasi dan data yang dibutuhkan terkait akuisisi serta efektivitas iklan pada game hiper kasual ini, para pemasar dapat lebih jeli dalam memanfaatkan peluang dalam pertumbuhan pesat genre ini. Selain itu, data-data ini juga dapat dimanfaatkan oleh para pemasar untuk mengevaluasi dan mengatur ulang strategi pemasarannya sehingga dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. Anda juga dapat mengetahui lebih lanjut terkait statistik dan tren akuisisi pada game hiper kasual ini melalui Adjust’s Hyper Casual Gaming Report 2020 yang dapat diunduh lewat tautan berikut ini.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Adjust

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter