1. Startup

Honest Resmi Luncurkan Kartu Kredit Tanpa Nomor

Honest Card diklaim kartu kredit tanpa nomor pertama di Indonesia; baru tersedia untuk pengguna Android

Usai mengantongi persetujuan regulator pada Februari 2023, PT Honest Financial Technologies resmi memperkenalkan produk Honest Card yang diklaim sebagai kartu kredit tanpa nomor (numberless) pertama di Indonesia.

Saat ini, Honest memiliki lisensi penyelenggara jasa pembayaran dari Bank Indonesia (BI). Selain itu, Honest juga terdaftar sebagai perusahaan pembiayaan yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Utama Honest Dharu Estiningrum mengungkap konsep kartu kredit numberless memberikan proposisi nilai berbeda dibandingkan kartu kredit pada umumnya karena faktor keamanan. Di samping itu, produk ini diharapkan dapat mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

"Honest berupaya memberikan kendali penuh dan customer journey yang berbeda kepada pengguna. Dengan kartu tanpa nomor, mereka dapat menekan risiko data (nomor kartu dan CCV) miliknya tersebar ke pihak lain," tuturnya ditemui di acara peluncuran Honest Card di Jakarta, Rabu (5/4).

Honest Card memungkinkan pengguna bertransaksi lewat aplikasi dan kartu fisik. Nomor kartu dapat dilihat di aplikasi dan hanya dapat diakses oleh pengguna. Honest Card juga diklaim sebagai kartu pertama di Indonesia yang dapat dipakai bertransaksi dengan fitur "Tap for Pay" berbasis teknologi NFC.

Adapun, e-KYC diproses secara instan dalam 10 menit. Sementara, limit yang tersedia minimal Rp1 juta dan maksimal Rp100 juta. "Kami tidak ada kantor cabang, tidak ada sales yang menawarkan kartu, semua prosesnya full digital. Kartu fisik juga dikirimkan langsung ke pengguna," tambahnya.

Saat ini, aplikasi Honest baru tersedia untuk pengguna Android. Berdasarkan pantauan DailySocial.id, aplikasi Honest sudah diunduh lebih dari 5.000 kali di Google Play Store dengan rating 3.9. Honest Card dapat digunakan untuk bertransaksi di seluruh negara yang menerima jaringan Mastercard.

Dharu bilang, tidak ada fee lain yang dibebankan kepada pengguna, hanya bunga (kisaran 1,75% per bulan) dan biaya administrasi (bergantung penggunaan, maksimum Rp150.000). Sambil melihat traksi pasar, pihaknya menyebut tengah menyiapkan produk pembiayaan lain ke depannya.

Sekadar informasi, PT Honest Financial Technologies merupakan hasil rebranding dari PT Sahabat Finansial Keluarga (SFK), perusahaan pembiayaan milik PermataBank. Perubahan nama tersebut menyusul akuisisi mayoritas sahamnya oleh perusahaan asal Singapura, yakni Honest Financial Technologies International Pte Ltd (Honest Bank).

More Coverage:

Didirikan oleh Peter Panas dan Will Ongkowidjaja di 2019, Honest Bank diketahui telah mendapat kucuran investasi dari sejumlah investor, termasuk Insignia, Global Founder Capital, dan Alpha JWC Ventures.

Menurut data BI per Juni 2022, jumlah kartu kredit yang beredar di Indonesia mencapai 16,58 juta unit, atau meningkat 0,84% dari periode sama tahun lalu yang sebesar 16,56 juta kartu. Tercatat saat itu terdapat sebanyak 27 perusahaan penyelenggara kartu kredit di Indonesia, terdiri dari 22 bank umum, satu bank syariah, dan empat lembaga non-bank.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again