1. Entrepreneur

10 Ide Bisnis Online Sampingan, Dijamin Nggak Nyesel!

Ingin menambah penghasilan? Pilih salah satu ide bisnis online berikut ini.

Anda sudah punya penghasilan tetap? Tetapi, ingin menambah penghasilan lagi? Anda datang di tempat yang tepat karena DailySocial punya 10 ide bisnis online sampingan buat Anda.

Kerja sampingan bisa disesuaikan dengan jadwal kerja Anda sehingga tidak mengganggu aktivitas utama Anda. Anda juga bisa bekerja secara online maupun offline, bekerja dari rumah, atau kerja di weekend saja.

Kadang kala pekerjaan sampingan yang awalnya untuk menambah penghasilan, ternyata bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Jadi, yuk cari tahu apa saja ide bisnis online sampingan yang bisa Anda lakukan.

Ide Bisnis Online Sampingan

Mengikuti Program Afiliasi

Pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti program afiliasi. Selain itu, Anda tidak perlu mempunya modal, lho.

Sebab, program afiliasi adalah program yang memberi Anda komisi setelah berhasil menjual suatu produk, dengan syarat pelanggan yang membeli produk tersebut harus menggunakan kode referral.

Saat ini, cukup banyak perusahaan yang memiliki program ini, seperti Tokopedia, Bukalapak, Zalora atau Anda bisa melihat rekomendasi program afiliasi di sini. Tentunya, setiap perusahaan memberi komisi yang berbeda-beda, jadi coba riset terlebih dahulu ya.

Lalu, Anda hanya perlu mendaftar pada sebuah program afiliasi, mendapatkan kupon khusus, dan menjual produk dengan kupon tersebut. Setelah itu, Anda akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil Anda jual.

Menjadi Dropshipper

Kalau Anda ingin menjual produk orang lain tanpa perlu menyimpan stok barangnya, Anda bisa menjadi dropshipper

Dropship adalah program dimana Anda menjual produk orang lain, dan tinggal meneruskan pesanan produk yang Anda jual ke supplier, dan nantinya supplier akan mengirimkan produk tersebut ke pelanggan atas nama Anda.

Anda bisa menjadi dropshipper di Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Jakmall. Sebagai dropshipper Anda bisa menjual berbagai macam produk, seperti kosmetik, aksesoris HP hingga perlengkapan rumah tangga.

Menjadi Reseller

Jika menjadi dropshipper Anda tidak perlu menyetok barang, lain halnya menjadi reseller. Ketika Anda menjadi reseller, Anda tinggal membeli barang dari supplier dengan harga yang relatif lebih murah dari pasaran, lalu menjualnya kembali. 

Apabila Anda tertarik menjadi reseller, coba baca rekomendasi aplikasi buat reseller ini.

Menjual Produk Digital di Toko Online 

Selain menggunakan media sosial, Anda bisa menjual produk digital di toko online, lho. Tetapi, produk digital itu apa sih?

Produk digital adalah produk yang hanya ada di digital atau tidak memiliki bentuk fisik. Misalnya, poster digital, banner, logo, kartu bisnis, template untuk media sosial, resume template dan sebagainya.

Yang perlu Anda lakukan hanya mendesain produk tersebut dan menjualnya di platform, seperti Etsy. Saat menjual, Anda tidak perlu mengirimkan produk kepada pelanggan karena mereka akan mengunduh desain produk yang Anda buat.

Menjual Pakaian Bekas

Apa Anda memiliki pakaian yang sudah kekecilan atau baju brand yang belum pernah dipakai sama sekali? Kalau iya, usaha ini cocok untuk Anda.

Silahkan foto pakaian Anda, tulis deskripsi produk beserta harganya, dan upload di Facebook Marketing akun bisnis Anda. Ini bisa menjadi kerja sampingan tanpa modal yang menguntungkan.

Membuka Jasa Penerjemah  

Ide bisnis online berikutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi penerjemah. Tentunya, Anda harus fasih bahasa asing untuk membuka layanan jasa ini. 

Untuk mencari klien, Anda bisa memulai usaha ini dengan mempromosikan di media sosial atau membuka layanan jasa di Fastwork

Menjadi Penulis Lepas

Hobi Anda menulis? Anda bisa menambah penghasilan dengan hobi ini. Tidak hanya menulis artikel di blog, Anda bisa membuat buku, menulis caption di media sosial, menulis script konten video, dan sebagainya.

Tentunya, Anda perlu memiliki portofolio untuk meyakinkan klien. Sekarang ini banyak website freelancer yang membutuhkan penulis lepas, seperti Fastwork, Fiverr, Freelancer.co.id atau menjadi kontributor di situs berita seperti Babe dan Mojok. Tak hanya itu Anda bisa magang sebagai content writer di DailySocial, lho.

Menjadi Freelancer Desain Grafis

Ide bisnis online berikutnya adalah menjadi freelancer desain grafis. Biasanya Anda akan mengerjakan proyek dari klien, dimulai dari menentukan konsep dan kerangka hingga pembuatan desainnya.

Seperti ide bisnis sebelumnya, Anda bisa menawarkan keahlian Anda di Fastwork, Fiverr, Freelancer.co.id atau melalui media sosial Anda.

Menjadi Pengisi Survey Online

Ide bisnis online satu ini menjadi salah satu cara termudah untuk menambah penghasilan. Anda tinggal mengisi jawaban yang ada pada formulir survey tersebut.

Saat ini cukup banyak aplikasi survey online yang bisa Anda coba, seperti Mobrog, SurveyOn, YouGov, dan masih banyak lagi  

Menjadi Blogger 

Selain menjadi penulis lepas, Anda bisa menjadi blogger, lho. Bahkan, Anda bisa memasukkan artikel blog Anda ke portofolio saat menawarkan jasa sebagai penulis lepas.

Cara untuk mendapat penghasilan dari pekerjaan sampingan ini adalah ikut program afiliasi, menjual slot iklan di blog-nya, endorsement, buka kursus online atau webinar, dan masih banyak lagi.

Anda bisa pelajari cara membuat blog di sini ya.

Itulah 10 ide bisnis online sampingan yang bisa Anda lakukan. Bagaimana? Sudah ada bayangan? Apapun itu, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Semoga berhasil!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again