1. DScovery

Ide Bisnis Ramah Lingkungan di Indonesia

Bisnis hijau atau bisnis go green adalah usaha yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan tapi berfokus pada kepentingan aspek lingkungan yang lebih ramah.

Isu lingkungan menjadi salah satu topik hangat para pengusaha saat ini. Akibatnya, sejumlah besar perusahaan ramah lingkungan kini bermunculan. Perusahaan yang menyediakan produk ramah lingkungan disebut dengan “green business” yakni perusahaan yang tidak hanya menghasilkan keuntungan tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Dengan melihat pangsa pasar yang sesuai. Menjalankan bisnis berbasis lingkungan tidaklah sulit. Bisnis ini tidak mudah ketinggalan zaman, juga tidak mudah bersaing. Begitu banyak orang yang mulai terjun ke bisnis semacam ini. Jadi seperti apa kesepakatan ini?

Jadi jika Kamu tertarik menjalankan bisnis ini, berikut beberapa ide bisnis ramah lingkungan yang patut dicoba.

Bisnis Barang Refill

Botol-botol plastik ataupun kemasan plastik termasuk barang refill yang dapat memicu global warming. Plastik merupakan jenis sampah yang sangat sulit terurai. Menggunakan plastik sekali pakai dapat merusak lingkungan. Kamu dapat mencoba bisnis daur ulang plastik dengan mengubah plastik menjadi barang yang berguna.

Misalnya, eco-bricks, ornamen, pernak-pernik, tas, mainan, furniture, dan lain-lain. Dengan melakukan ini, kamu juga membantu mengurangi polusi plastik.

Menjual Buku Bekas

Seperti yang kita tahu, banyak pohon yang ditebang untuk dijadikan beragam produk, contohnya buku. Selama proses pembuatan buku, bukan hanya bahan bakunya saja tapi dapat menguras energi listrik maupun karbon.

Oleh karena itu, ada baiknya memulai bisnis dengan menjual buku bekas untuk mengurangi jumlah pohon yang ditebang dan konsumsi energi lainnya. Bisnis ini akan sangat menguntungkan karena tak sedikit para penikmat buku yang mengincar buku-buku bekas untuk dijadikan koleksi.

Bisnis Hasil Pertanian Organik

Gerakan ramah lingkungan sebenarnya mengutamakan pelanggan untuk mengonsumsi produk organik, tidak terkecuali produk pertanian seperti sayuran dan buah-buahan.

Produk organik harus bebas pestisida dan ditanam secara alami dengan perawatan khusus. Proses perawatannya bisa menggunakan pupuk yang diolah dari kotoran hewan dan sistem tanam yang disiapkan khusus.

Tidak hanya ramah lingkungan namun proses penanamannya yang mudah dan tidak menyulitkan akan mengurangi biaya produksi. Untuk itu ide bisnis ini bisa menjadi pilihanmu.

Katering Organik

Mengikuti contoh ide bisnis Go Green di atas, Kamu juga bisa memilih catering dengan bahan organik. Misalnya, Kamu bisa menawarkan makanan yang menggunakan bahan organik, vegan, dan bebas gluten.

Agar lebih sesuai dengan aspek lingkungan, bisnis ini harus menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Sebab, ide bisnis ini belum banyak saingannya maka kamu bisa memulai dengan inovasi yang kreatif. Ide bisnis ini akan laris bagi pecinta vegan.

Upcycle Furniture / Daur Ulang Furnitur

Furniture yang kita gunakan sehari-hari kebanyakan terbuat dari kayu. Kayu untuk furniture mungkin tidak ramah lingkungan karena membutuhkan kayu yang tidak boleh ditebang dalam jumlah banyak. 

Jika Kamu memiliki furniture yang rusak, harap daur ulang daripada membuangnya. Misalnya, meja dan kursi yang rusak dapat didaur ulang menjadi rak gantung dan tempat pot bunga. Banyak orang tertarik untuk mendaur ulang furniture karena masalah ini bisa menjadi peluang bisnis apalagi bisnis yang ramah lingkungan.

Thrift Store

Kamu mungkin sering mendengar istilah thrift store, tetapi Kamu tidak tahu persis apa itu. Thrift Store adalah kata diciptakan yang menggabungkan thrift, yang berarti hemat, dan store, yang berarti toko.

Berdasarkan asal katanya, arti thrift store adalah kegiatan jual beli produk fashion bekas, biasanya berupa pakaian. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjual produk lain seperti tas, sepatu, dan aksesoris lainnya.

Nah, sebagai ide bisnis produk ramah lingkungan lainnya, Kamu bisa menjual barang bekas. Tidak hanya buku bekas, tapi bisa juga barang antik dan sepatu. Ini jelas membantu mengurangi jejak karbon dari setiap proses produksi.

Media Isu Lingkungan

Jika Kamu suka menulis, Kamu bisa membuat media khusus yang berfokus pada isu lingkungan.Tulisanmu dapat mengubah sikap banyak orang terhadap lingkungan. Misalnya, kita bisa menyadarkan masyarakat akan bahaya sampah plastik terhadap perubahan iklim saat ini.

Bukan saja Kamu akan mengedukasi orang-orang dengan tulisanmu. Ide bisnis ini akan menguntungkanmu dari segi kualitas konten dan branding baik yang tercipta dari media yang kamu buat. Tentu kamu bisa menjadikan ide ini sebagai pilihan untuk bisnismu.

Kerja Sama Bisnis Ramah Lingkungan

Jika Kamu tidak ingin mengambil terlalu banyak risiko dengan perusahaan swasta, Kamu dapat membangun kemitraan atau waralaba tentu akan menjadi pilihan. Kamu dapat menjalin kemitraan atau membuka cabang perusahaan ramah lingkungan yang telah terbukti.

Kamu akan menciptakan relasi yang luas dan memiliki jangkauan komunikasi yang luas. Ide bisnis ini mampu menggerakkan setiap perusahaan yang hendak menciptakan lingkungan yang ramah.

Di saat bumi terasa setua saat ini, merawat lingkungan adalah pilihan yang bijak. Dengan menjalankan bisnis yang ramah alam, Kamu telah berkontribusi dalam pelestarian alam dan mendapatkan keuntungan materi. Itulah beberapa ide bisnis ramah lingkungan yang bisa kamu coba.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again