1. Entrepreneur

12 Peluang Bisnis Modal Kecil dan Minim Resiko, Cocok untuk Pemula!

Takut memulai usaha karena modal dan resiko besar? Beberapa ide bisnis berikut ini memiliki modal dan resiko kecil. Tertarik mencoba?

Resiko menjadi alasan banyak orang untuk menunda membuka usaha. Padahal, resiko itu akan selalu ada di setiap hal yang kita lakukan. Hanya saja ada resiko yang besar dan kecil. Hal yang sama juga berlaku pada bisnis. Semua bisnis beresiko, namun ada beberapa ide bisnis yang memiliki resiko kecil.

Beberapa peluang bisnis resiko kecil ini umumnya memiliki modal yang juga kecil. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa semakin besar modal yang dikeluarkan maka akan semakin besar pula resiko yang ada.

Rekomendasi Ide Bisnis Resiko Kecil untuk Pemula

Sebuah bisnis dikatakan memiliki resiko kecil apabila kemungkinan ruginya kecil. Untuk itulah, umumnya ide bisnis resiko kecil ini juga merupakan bisnis dengan modal kecil karena akan terhindar dari kerugian dengan nominal besar.

Jika Anda pemula dan ingin membuka bisnis yang minim resiko, berikut ini beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Bisnis Share in Jar

Bisnis dengan resiko kecil pertama adalah bisnis share in jar. Share in jar ini bertujuan untuk membantu konsumen yang ingin mencoba skincare tanpa perlu membeli satu botol kemasan penuh. Sehingga, mereka tidak akan khawatir apabila tidak cocok dengan produk tersebut.

Anda hanya perlu menyiapkan kemasan jar sharing berukuran 10 sampai 30 ml untuk diisi dengan produk skincare pesanan. Sebaagi permulaan, Anda bisa membuka bisnis share in jarskincare yang Anda gunakan. Sehingga, resiko kerugian menjadi sangat kecil.

Jasa Fotografi dan Videografi

Ide bisnis selanjutnya berkaitan dengan bisnis jasa. Jasa fotografi dan videografi merupakan jasa yang sedang banyak dibutuhkan saat ini. Untuk menjalankannya, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli atau menyewa kamera dan perlengkapan lainnya.

Bisnis Frozen Food

Usaha berjualan frozen food adalah alternatif usaha dengan resiko minim yang bisa Anda coba apabila Anda ingin berjualan makanan. Frozen food memiliki waktu simpan yang lebih lama dibandingkan makanan fresh, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian akibat makanan yang cepat basi.

Kursus Online

Bagi Anda yang memiliki kemampuan atau pengetahuan di bidang tertentu, kursus online bisa menjadi pilihan usaha yang tepat untuk dijalankan. Selain mudah, ide usaha ini juga minim resiko karena Anda hanya perlu menyiapkan materi ajar dan internet yang stabil.

Jika memiliki modal lebih, Anda bisa menggunakannya untuk iklan berbayar, sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Bisnis Paket Travel

Tren traveling untuk menghilangkan penat dari kesibukan sehari-hari membuat bisnis paket travel menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa menjalin kerja sama dengan agen travel besar dan menawarkan berbagai paket travel dengan harga terjangkau.

Setelah Anda berhasil menjual paket travel tersebut, agen travel akan mengurus sisanya. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot dan mengeluarkan banyak modal untuk menjalankan bisnis paket travel ini.

Cloud Kitchen

Ingin membuka usaha di bidang kuliner dengan modal kecil? Cloud kitchen bisa menjadi solusinya. Cloud kitchen merupakan ide bisnis yang tengah tren karena mengusung konsep yang unik. Jika ingin memahami ide bisnis ini lebih jauh, simak informasi selengkapnya di sini.

Cloud kitchen kini juga sudah bekerja sama dengan banyak mitra pengiriman, sehingga proses pengiriman makanan ke pelanggan lebih mudah.

Franchise

Franchise atau waralaba adalah rekomendasi ide bisnis yang cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha dengan modal tidak terlalu besar dan sistem tidak rumit. Dengan bergabung bisnis franchise, Anda juga tidak perlu kesulitan untuk promosi brand dari nol.

Dari segi modal, Anda memang perlu mengeluarkan modal sedikit lebih banyak. Namun, modal yang Anda keluarkan biasanya sudah termasuk peralatan dan bahan untuk produksi.

Bisnis Gas LPG dan Galon Air Minum

Setelah franchise, rekomendasi bisnis satu ini juga membutuhkan modal yang lebih banyak dibandingkan ide bisnis resiko kecil lainnya. Untuk membuka bisnis gas LPG dan galon air minum, Anda harus membeli tabung gas dan galon terlebih dahulu. Sehingga, Anda harus menyiapkan modal yang lebih banyak.

Tapi, jangan khawatir. Bisnis ini memiliki peluang yang sangat besar mengingat gas dan air minum ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari rumah tangga.

Jasa Desain

Memiliki kemampuan desain adalah sebuah keuntungan. Pasalnya, Anda bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk mendapatkan uang. Anda bisa membuka jasa desain secara online. Ide bisnis satu ini juga cocok untuk para pelajar atau mahasiswa. Selain mudah, Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal.

Jika memang sangat diperlukan, Anda mungkin hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli aplikasi desain berbayar.

Jasa Financial Planner

Mengelola keuangan tidaklah mudah. Maka dari itu, beberapa orang membutuhkan bantuan seorang financial planner. Apabila Anda memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang pengelolaan uang, Anda bisa membuka jasa financial planner.

Peluang bisnis financial planner ini juga cukup menjanjikan karena semakin banyak orang yang ‘melek’ keuangan pada beberapa tahun belakangan ini.

Bisnis Minuman Kesehatan

Tidak hanya soal keuangan, banyak orang kini juga semakin sadar soal pentingnya kesehatan. Untuk itu, banyak usaha makanan dan minuman yang mengusung soal kesehatan. Anda juga bisa ikut memanfaatkan momen ini dengan memulai bisnis minuman kesehatan.

Tidak hanya bisa menghasilkan uang, Anda juga bisa turut berpartisipasi untuk mengedukasi orang lain tentang pentingnya menjaga kesehatan. Contoh minuman kesehatan yang bisa Anda jual, antara lain minuman herbal, produk olahan jamu, atau infused water.

Bisnis Pakaian Pre-Order

Bisnis pakaian memang tidak ada matinya. Peluang usaha dan marketnya juga sangat besar. Sama seperti sebelumnya, Anda juga bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan ikut membuka bisnis pakaian.

Membuka bisnis pakaian dengan sistem pre-order bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin memulai bisnis di industri ini dengan modal dan resiko kecil. Untuk panduan membuka online shop pakaian, Anda bisa simak informasi selengkapnya di sini.

Ternyata, banyak sekali ide bisnis dengan modal dan resiko kecil namun tetap berpeluang besar untuk sukses. Meskipun resiko dan modal yang dikeluarkan kecil, tapi selalu pastikan Anda tetap menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Jadi, ide bisnis mana yang Anda pilih?

Header by Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again