1. DScovery

6 Ide Jualan Makanan yang Mudah dan Banyak Untung!

Ada berbagai ide jualan makanan yang bisa kamu coba jadikan peluang usaha. Seperti gorengan, takjil, es pisang ijo, dana lainnya.

Menjelang bulan suci Ramadhan, banyak orang yang mempersiapkan hidangan-hidangan istimewa untuk berbuka. Ini dapat menjadi kesempatanmu untuk berjualan hidangan buka puasa yang banyak orang sukai.

Umumnya, hidangan puasa terdiri dari berbagai makanan manis, walaupun tidak hanya terbatas pada itu. Hidangan seperti kolak, gorengan, takjil, cocok untuk kamu jadikan ide jualan.

Berikut adalah beberapa ide jualan selama Ramadhan yang relatif murah, bisa mendatangkan keuntungan berlipat!

Gorengan

Gorengan/freepik

Salah satu usaha yang banyak digandrungi selama bulan Ramadhan adalah usaha jual gorengan. Prosesnya pun tergolong sederhana. Rasanya enak, gurih dan renyah membuat banyak orang menyukai makanan ini. Selain itu, modal untuk memulai usaha ini cukup murah, dan bahan-bahannya pun bisa kamu cari di berbagi tempat.

Untuk menjual gorengan, selain kamu cenderung memerlukan modal yang tidak banyak, gorengan juga digemari oleh semua orang dari berbagai kalangan. Namun hal yang perlu kamu perhatikan, kamu mungkin akan memiliki banyak saingan karena banyak juga penjual yang menggeluti usaha ini.

Takjil

Biji Salak/freepik

Takjil adalah sebutan untuk beragam makanan kecil yang orang makan ketika berbuka puasa. Takjil terdiri atas berbagai jenis, mulai dari makanan basah contohnya kolak, hingga makanan kering seperti gorengan.

Jika kamu ingin berjualan takjil, kamu bisa membuatnya sendiri, atau mengambil dari orang. Umumnya, penjual mengambil beragam makanan dari berbagai penjual lain, agar jenis takjil yang mereka jual bisa variatif.

Karena dalam satu tempat penjual bisa menjual hingga belasan macam takjil, banyak orang yang sering mengunjungin stand takjil agar langsung memilih banyak makanan. Berjualan takjil dapat menjadi salah satu cara untuk menambah pemasukan, karena takjil digemari oleh berbagai orang dan rasannya cocok untuk berbagai kalangan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk membuat takjil diperlukan keterampilan dalam mengolah bahan makanan. Apabila kamu belum bisa mengolah banyak bahan, kamu bisa membelinya dari penjual takjil grosiran.

Lauk Siap Saji

Lauk/freepik

Lauk ini adalah lauk yang orang makan bersama nasi. Lauk siap saji banyak dicari karena kesibukan orang-orang yang membuat mereka sulit menyiapkan lauk untuk berbuka puasa.Ada berbagai macam lauk yang orang jual, namun umumnya lauk siap saji terdiri atas sop, ikan pindang, gorengan, telor balado, jengkol balado, dan lain-lain.

Berjualan lauk siap saji dapat menjadi pilihanmu untuk berdagang karena semua orang membutuhkan lauk sebagai pendambing nasi. Kamu bisa membuat menu yang populer untuk memaksimalkan profitmu. Tetapi, pastikan bahwa lauk yang kamu buat memiliki rasa yang enak dan bisa dimakan oleh semua orang. Ini perlu menjadi pertimbangan karena ada berbagai lauk yang cukup sulit untuk dibuat.

Korean Street Food

Makanan Korea/freepik

Makanan jalanan Korea saat ini menjadi hits dan banyak orang sukai. Mengikuti perkembangan jaman dan tren, budaya dan panganan Korea tidak lagi asing.Makanan seperti Tteokbokki, Odeng, Corndog, menjadi viral dan banyak orang coba. Kamu bisa menjadikan ini usaha hidangan Ramadhan. Selain karena bahan dasar yang tidak terlalu sulit, pembuatannya pun tidak ribet.

Karena tren budaya dan makanan Korea, berjualan Korean street food dapat menjadi pilihan yang kamu ambil. Ada berbagai jenis makanan yang bisa kamu jual, dan resepnya tidak terlalu sulit untuk dicoba.

Namun, seiring dengan bertambahnya penjual makanan Korea, kamu perlu melakukan inovasi agar makananmu menjadi pilihan orang-orang.

Kue Kering

Cookies/freepik

Semakin dekat dengan Hari Raya, maka semakin banyak orang menyetok kue kering. Kue kering menjadi salah satu hidangan yang orang dapatkan ketika berkunjung ke rumah saudara atau tetangga.

Banyaknya orang yang mencari kue kering selama Ramadhan adalah peluang usaha yang dapat kamu coba gali. Kamu bisa menyesuaikan bahan dan harga sesuai dengan target pasarmu. Pastikan kamu memiliki kemampuan yang cukup dalam membuat kue kering, karena banyak resep yang memerlukan pengalaman untuk membuatnya.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo/freepik

Ini adalah minuman khas Makasaar yang dihidangkan dengan bubur sumsum dan santan. Rasanya sangat gurih, manis dan segar.Umumnya, es pisang ijo terdiri dari pisang kepok atau ambon, dan dibalut dengan adonan tepung beras, santan, dan air daun pandan.

Banyaknya orang yang menyukai es pisang ijo dapat menjadi peluang kamu untuk memulai usaha jualan. Namun, banyak juga yang tidak terlalu mengetahui panganan ini. Jika kamu ingin berjualan es pisang ijo, pastikan kamu berjualan di lokasi yang strategis agar daganganmu bisa diketahui orang yang ingin membeli.

Nah, itu tadi adalah beberapa contoh hidangan Ramadhan yang bisa kamu jadikan ide jualan makanan! Kamu bisa memilih sesuai dengan budget dan kemampuanmu dalam mengolah makanan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again