1. DScovery

Ide Usaha Sampingan dengan Modal Minim bagi Pebisnis Pemula!

Di era digitalisasi kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai untuk mencari usaha sampingan dengan modal yang minim. Bagi kamu pebisnis pemula dan ingin menambah penghasilan, berikut ini beberapa ide usaha sampingan dengan modal minim!

Saat ini ide usaha semakin bervariasi terutama dengan adanya teknologi sebagai sarana penunjang bisnis online. Terutama semenjak terjadinya pandemi covid di Indonesia. 

Sejumlah masyarakat mulai semakin giat menambah penghasilan dari usaha sampingan mereka. Berikut ini beberapa ide usaha sampingan bagi kamu pebisnis pemula hanya dengan modal minim:

  • Open Jastip

Open Jastip atau jasa titip merupakan ide usaha sampingan yang saat ini cukup berkembang dan banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Usaha jasa titip ini adalah kegiatan bisnis dimana kita sebagai penyedia layanan jasa, membeli produk yang dibutuhkan konsumen dengan tambahan biaya jasa yang telah ditetapkan. Biasanya bisnis open jastip ini dilakukan ketika konsumen tidak bisa datang langsung ke suatu acara atau lokasi yang terlalu jauh. 

Bisnis open jastip ini tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak tergantung pada kesanggupan dan produk apa yang ada dalam daftar layanan jasa. Biasanya beberapa produk yang menjadi jasa titip adalah produk-produk yang sedang ada discount dalam suatu acara khusus, seperti skincare, makeup, buku dan lain sebagainya.

  • Bucket book

Ide bisnis sampingan selanjutnya adalah pembuatan bucket book sebagai suatu ide bisnis yang biasa digunakan untuk memberikan hadiah atau hampers pada orang lain. Bucket book adalah bisnis yang hampir sama dengan flower bucket, perbedaan bisnis ini menggunakan buku sebagai bucket-nya. Ide bisnis cocok digunakan bagi konsumen yang ingin memberikan hadiah, ucapan selamat kepada teman atau rekan dekat terkait ucapan selamat dan hadiah.

  • Catering

Ide usaha sampingan selanjutnya adalah catering, yaitu usaha yang bergerak di bidang kuliner terkait pemesanan makanan. Catering ini juga menjadi salah satu ide usaha yang dapat dilakukan dari dalam rumah, untuk mengakali penggunaan modal yang minim maka kamu sebagai pebisnis dapat memberikan ketentuan terkait 50% pembayaran di awal untuk melakukan booking atau pemesanan. 

  • Reseller dan Dropshipper

Ide bisnis sampingan dengan modal minim selanjutnya adalah reseller dan dropshipper, dimana bisnis ini melibatkan kerjasama dengan para supplier atau brand tertentu. Kita bertugas untuk menjualkan produk yang sudah jadi kepada orang lain, bisnis ini juga cukup menjanjikan. 

Reseller adalah kegiatan bisnis dimana penjual melakukan kerja sama dengan pemilik utama produk untuk membeli produk dengan harga yang lebih murah, kemudian menjual kembali produk tersebut dengan harga tertentu untuk memperoleh keuntungan. Dropshipper adalah kegiatan bisnis dimana kita mencari konsumen tetapi produk atau barang akan dikirimkan oleh pemilik utama atau pusat produk dengan nama kita, hal ini berfungsi untuk mengurangi cost biaya kirim yang perlu kita tanggung.

  • Affiliate program

Affiliate program juga menjadi salah satu ide bisnis sampingan dengan modal minim, karena modal utama dalam bisnis ini adalah gadget dan juga akun media sosial. Kita sebagai affiliate akan bekerja sama dengan e-commerce atau layanan penjualan online untuk menyebarkan link produk, apabila seseorang meng-klik dan melakukan pembelian melalui link tersebut kita akan mendapatkan komisi atas transaksi tersebut.

Untuk menjalankan usaha affiliate program dengan maksimal, kita membutuhkan konten yang menarik juga. Untuk affiliate awal bisa menggunakan konten resmi atau foto produk yang telah dicantumkan di e-commerce atau akun resmi produk. Seorang affiliate juga bisa melakukan edit foto atau video produk sehingga dapat menarik konsumen.

Pada intinya setiap bisnis jelas membutuhkan modal, tetapi kita bisa mengakalinya sesuai budget atau modal yang saat ini kita miliki. Di era digitalisasi segala informasi dapat ditemui dengan mudah, banyak fasilitas gratis yang dapat kita gunakan untuk memulai sebuah bisnis.

Meskipun demikian, kita juga tidak bisa terjun dalam bisnis tanpa membuat suatu perencanaan. Oleh sebab itu, sebelumnya memulai bisnis kita perlu mengetahui juga target audiens dan lokasi tempat kita berjualan. Semoga ide bisnis sampingan di atas dapat menjadi referensi menyesuaikan modal milikmu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again