1. Startup

IFC Bergabung sebagai LP di Dana Kelolaan AC Ventures

Total komitmen dana yang diberikan IFC mencapai $40,35 juta atau setara lebih dari 605 miliar Rupiah

International Finance Corporation (IFC) kembali bergabung sebagai limited partner (LP) untuk dana kelolaan terbaru milik AC Ventures. Dikutip dari situs IFC, total komitmen dana yang akan diberikan IFC mencapai $40,35 juta (lebih dari 605 miliar Rupiah).

Rinciannya, dana kelolaan pertama akan diberikan berbentuk ekuitas hingga $20,35 untuk Fund V. Kemudian dana terpisah hingga $20 juta untuk diinvestasikan bersama dana kelolaan ACV.

Dalam keterangannya, ACV Fund V menargetkan dana kelolaan senilai $200 juta yang akan digunakan untuk pendanaan tahap awal sampai Seri A dan investasi lanjutan (follow-on investment) untuk seri B. Sektor startup yang menjadi incaran bergerak pada sektor teknologi iklim, fintech, UKM, e-commerce, edtech, dan healthtech.

Dihubungi oleh DailySocial.id, pihak AC Ventures menolak untuk memberikan komentarnya terkait informasi ini.

Sebelumnya, penggalangan ACV Fund V sudah diumumkan sejak tahun lalu. Dalam keterangan yang disampaikan perusahaan, ACV telah mengumpulkan 65% atau sekitar $162,5 juta dari target sebesar $250 juta dalam dana kelolaan ini.

Ini adalah kedua kalinya IFC berpartisipasi sebagai LP untuk dana kelolaan AC Ventures. Sebelumnya, IFC pernah menaruh komitmen dana sebesar $16 juta untuk ACV Fund III pada 2021. Dana kelolaan ini berfokus menyuntikkan startup yang berfokus pada vertikal e-commerce, D2C, logistik, fintech, edtech, healthcare, dan B2B SaaS.

Selain IFC, Disrupt AD milik Abu Dhabi Developmental Holdings bergabung sebagai LP. Sebagian dari Fund III sudah diinvestasikan sejak penutupan pertama pada Maret 2020. Sementara, dana kelolaan keempat (Fund IV) dijalankan oleh tim berbeda dengan fokus pada Malaysia.

More Coverage:

Secara keseluruhan, total portofolio ACV di Indonesia dan Asia Tenggara telah mencapai 120, termasuk Xendit, Shipper, Aruna, Carsome, dan Stockbit.

Selain menjadi LP, IFC turut berinvestasi secara langsung ke startup, baik dalam bentuk pendanaan ekuitas ataupun debt. Beberapa startup yang mendapatkan kuncuran dana dari IFC termasuk Evermos, Amartha, Kitabisa, AwanTunai, eFishery, AnterAja, dan PasarPolis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again