1. DScovery

Indikator Kinerja Karyawan: Pengertian, Indikatornya dan Cara Mengukur Indikator Kinerja Karyawan

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, keberadaan indikator kinerja karyawan memegang peranan penting karena mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi atau perusahaan.

Indikator kinerja karyawan sangat penting bagi manajer perusahaan dan organisasi. Indikator ini berperan penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas kinerja pegawai. Hal ini digunakan sebagai metrik untuk mengukur kinerja masing-masing karyawan. 

Berikut ini ulasan lengkap tentang apa itu indikator kinerja karyawan dan pertanyaan umum yang perlu kamu ketahui tentangnya  pada artikel di bawah!

Pengertian Kinerja Karyawan

Menurut pendapat para ahli indikator kinerja karyawan adalah suatu ukuran kinerja pegawai suatu organisasi atau perusahaan tertentu untuk mencapai tujuan organisasi/perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus merumuskan indikator-indikator ini agar dapat mencapai tujuan perusahaan secara memadai.

Selain memenuhi tujuan perusahaan, metrik kinerja juga membantu kamu mengetahui bagaimana kinerja karyawan mu. Selain itu, indikator kompetensi ini dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan di masa mendatang.

Apa Saja Indikator Kinerja Karyawan?

  • Presensi atau Kehadiran

Semua karyawan yang bekerja untuk perusahaan wajib untuk berpartisipasi. Kehadiran ini dapat menunjukkan kedisiplinan dan kepatuhan karyawan di tempat kerja. Jika karyawan dapat hadir untuk bekerja tepat waktu, mereka dapat bekerja lebih lama dan menjadi lebih produktif.

  • Kualitas Pekerjaan

Menurut para ahli, salah satu metrik untuk mengevaluasi kinerja karyawan adalah kualitas pekerjaan. Kualitas ini diukur dengan persepsi karyawan terhadap kualitas pekerjaan yang dilakukan. Hal ini juga berlaku untuk alokasi penuh keterampilan dan kompetensi karyawan. Metrik ini dapat menentukan keterampilan, tingkat kemahiran, dan keterampilan karyawan di tempat kerja.

  • Kuantitas Hasil

Kuantitas hasil adalah jumlah yang diterima, dinyatakan dalam satuan, kegiatan yang diselesaikan, dan sebagainya. Dalam hal ini dapat diartikan sebagai jumlah pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan. Menurut para ahli, indikator evaluasi kinerja pegawai berlaku untuk semua bidang pekerjaan.

  • Ketepatan Waktu dan Kecepatan

Cara karyawan membuat rencana dan jadwal untuk menyelesaikan pekerjaan mereka mempengaruhi ketepatan waktu kewajiban mereka. Selain itu, kecepatan kerja karyawan menjadi ukuran standar produktivitas suatu perusahaan.

  • Kerja sama Tim

Para karyawan yang bekerja sama sebagai satu tim untuk menyelesaikan tugas memiliki keuntungan seperti bekerja sama dengan rekan kerja, menerima arahan dari manajer, dan menyelesaikan tugas administrasi secara bersama-sama. Kerja sama ini juga dapat meningkat sehingga pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat.

  • Kemampuan Adaptasi

Kemampuan beradaptasi, menurut para ahli, merupakan indikator kinerja karyawan yang diperlukan untuk mengetahui seberapa baik seorang karyawan berbakat dapat menyesuaikan tugasnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Tetapi hal-hal sering tidak berjalan sesuai rencana. Tapi jawaban yang diberikan harus tetap menjadi yang terbaik. Mampu bekerja dengan lancar membutuhkan kemampuan beradaptasi.

  • Kepemimpinan

Menurut para ahli, keterampilan sosial yang menjadi indikator penilaian kinerja karyawan adalah kepemimpinan. Pada dasarnya para manajer yang diminta untuk memimpin dengan cara ini. Namun, karyawan dengan kepemimpinan yang baik dan kuat memiliki efek positif pada kerja sama tim.

  • Tanggung Jawab dalam Pekerjaan

Menurut para ahli, memenuhi tanggung jawab peran di tempat kerja merupakan salah satu ukuran kinerja karyawan. Evaluasi ini biasanya dilakukan pada karyawan baru selama masa percobaan (pelatihan) untuk mengidentifikasi karyawan potensial untuk peran atau posisi yang diisi.

  • Sikap atau Perilaku

Menurut para ahli, sikap pribadi karyawan di lingkungan kerja termasuk dalam evaluasi kinerja karyawan. Bagaimana perilaku karyawan di perusahaan mu, apakah mereka rajin, disiplin, dan termotivasi dalam bekerja Perilaku dan sikap karyawan tercermin dalam cara mereka bekerja dengan rekan kerja dan cara mereka melakukan pekerjaan sehari-hari.

Penilaian sikap seperti ini menunjukkan profesionalisme dalam bekerja. Indikator ini sangat penting bagi beberapa perusahaan karena karyawan dengan perilaku dan sikap yang baik dapat meningkatkan citra perusahaan. 

  • Komunikasi

Menurut para ahli, komunikasi adalah metrik untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Bagaimana hal itu terjadi? Kelancaran komunikasi dalam perusahaan tentu saja mempengaruhi kelancaran kerja. Jika ada masalah komunikasi di dalam perusahaan, pasti akan menghambat kerjasama tim dan mempengaruhi performa kerja. Itu sebabnya perusahaan menggunakan metrik komunikasi untuk mencegah hal-hal seperti itu.

Cara Mengukur Kinerja Karyawan

  • Tentukan Objektif

Dalam menentukan kunci indikator kinerja karyawan, sangat penting untuk menentukan maksud atau tujuan dibuatnya hal tersebut. Fungsinya misalnya untuk mengukur kinerja pegawai dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Dengan tujuan yang jelas, pemimpin bisnis atau organisasi dapat menyelaraskan elemen penilaian kinerja lainnya sesuai dengan tujuan yang disepakati bersama.

Rencanakan dengan hati-hati input, proses, dan output yang akan dicapai karyawan mu untuk mencapai tujuan bisnis organisasi. Hal ini memudahkan pimpinan perusahaan atau organisasi untuk menilai kinerja karyawan.

  • Metode yang Digunakan

Manajer perusahaan dan organisasi perlu mengidentifikasi metrik dan memikirkan cara efektif untuk mengukur kinerja karyawan. Memberikan apresiasi dan hukuman dapat memotivasi karyawan untuk bekerja untuk kinerja yang baik. Metode yang digunakan harus disesuaikan dengan tujuan yang telah disepakati. Hal ini membantu agar kinerja karyawan tetap seirama sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

  • Evaluasi

Setelah kamu menentukan tujuan dan metode yang sesuai, langkah selanjutnya adalah evaluasi. Penilaian penting untuk mengidentifikasi penyebab kinerja karyawan yang buruk dan menemukan solusi untuk masalah ini. Mengevaluasi deskripsi perusahaan tentang masalah dan tantangan membuatnya lebih jelas dan lebih mudah dipecahkan.

Demikianlah mengukur kinerja karyawan merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan oleh seorang manajer perusahaan atau SDM. Kegiatan ini tidak hanya mendukung kemajuan perusahaan, tetapi juga dapat memprediksi posisi masa depan perusahaan melalui kinerja karyawannya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again