4 March 2014

by Yoga Wisesa

Inikah Tampilan Cortana di Windows Phone 8.1?

Sudah kami bahas beberapa kali, Cortana adalah jawaban Microsoft atas 'dominasi' Siri sebagai personal assistant digital yang paling dikagumi.

Mengambil karakteristik dari tokoh video game Halo, Microsoft akhirnya memamerkan penampilan Cortana untuk yang pertama kali. Namun jangan bayangkan akan ada gadis berpakaian ketat muncul di smartphone Anda...

Alasan Microsoft tidak mengusung ide itu bisa kita tebak. Penampilan awal Cortana kurang bersahabat untuk banyak pengguna: dalam game Halo, ia adalah artificial intelligence yang mengambil bentuk fisik berupa gadis cantik setengah telanjang.

Bayangkan masalah yang Cortana timbulkan jika orang tua atau kekasih Anda menyaksikan ada gadis berpakaian minim muncul di smartphone dan membangunkan Anda dari tidur atau mengingatkan jadwal meeting.

 

Info menarik: XY, Tracking Tag Praktis ‘Anti Lupa’

 

Untuk menghilangkan resiko yang tidak diinginkan, Cortana akan mengambil wujud berupa animasi ikon berupa lingkaran. Seperti yang kita tahu, ia akan menggantikan fungsi built-in Bing pada Windows Phone 8.1.

Cortana mengkombinasi apa yang telah hadir di dalam Siri dan Google Now. Saat berbicara atau berpikir, animasi yang dimilikinya akan berubah, Cortana juga mampu melajak jadwal penerbangan, dan mengingatkan kita pada email masuk.

Untuk mengejar fleksibilitas Google Now, personal assistant baru garapan Microsoft ini didukung oleh sumber data dari Bing hingga Forsquare.

Ada sedikit informasi yang perlu Anda tahu, walaupun dalam tahap ini Microsoft mengusung nama Cortana, bisa jadi mereka akan mengubah namanya dalam versi rampung. Walapun Jen Taylor tetap akan menjadi pengisi suaranya, saya berharap Microsoft sama sekali tidak mengubah nama PA mereka ini.

 

Info menarik: Connected Paper, Kertas Elektronik Canggih Garapan Ericsson

 

Seperti dalam artikel sebelumnya, Cortana dapat mempelajari pemilik handset dan bagaimana ia berinteraksi dengan smartphone-nya. Ia juga akan menawarkan agar data-data tersebut dimasukkan ke dalam fitur Notebook. Notebook memungkinkan Cortana mengakses data-data lokasi, perilaku, informasi pribadi, mengingatkan pengguna serta menjelajahi data kontak.

Hal terbaik dari personal assistant ini adalah ia juga dibekali dengan kemampuan memanggil nama dan nama panggilan Anda. Bahkan Anda bisa membuat Cortana menyapa sang pemilik handset dengan panggilan 'Master Chief'.

Dengan adanya hal ini, impian fans seri Halo akan semakin menjadi kenyataan. Anda tinggal masuk ke opsi setting dan men-tap 'change my name' untuk mengkustomisasinya.

Sekali lagi, Microsoft memang memiliki kewenangan penuh untuk mengubah nama personal assistant milik mereka ini. Tapi mereka harus sadar bahwa khalayak sudah merasa akrab dengan nama 'Cortana' yang diusungnya - baik para gamer maupun pemerhati teknologi.

Sumber artikel dan gambar: TheVerge.