Categories

Gadget

Intel Perkenalkan Prosesor Mobile Seri H dan vPro serta Pentium dan Celeron

Semua diproduksi pada proses pabrikasi 10 nm

Dimas Galih W. - 13 January 2021

Pada tahun 2020 yang lalu, Intel sudah mengumumkan prosesor terbarunya yang memiliki nama Tiger Lake. Untuk prosesor mobile, pada tahun yang sama juga diperkenalkan Tiger Lake-U yang menggunakan daya rendah. Pada tahun 2021 ini, Intel memperkenalkan prosesor generasi ke 11 nya yang ditujukan untuk komputasi lebih tinggi lagi untuk perangkat mobile.

Prosesor pertama yang diperkenalkan adalah prosesor mobile vPro Generasi ke 11. Prosesor dengan proses pabrikasi 10nm SuperFin ini memiliki kinerja tinggi dengan peningkatan keamanan secara hardware. VPro menawarkan kinerja AI 8x lebih baik  serta peningkatan kinerja editing video sebesar 2,3x lebih cepat. Selain itu, prosesor ini juga diklaim memiliki kecepatan 23% lebih cepat untuk penggunaan aplikasi seperti Microsoft Office 365 serta 50% lebih kencang saat melakukan konferensi video.

Prosesor mobile vPro generasi ke 11 ini juga memiliki Hardware Shield, sebuah keamanan yang menawarkan solusi AI untuk serangan ransomware dan Cryptomining. Selain itu, Intel Control-Flow Enforcement Technology membantu menghilangkan beberapa serangan yang bisa dihindari hanya dengan software. Dan terakhir, hadirnya WiFi 6/6E yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan WiFi 5.

Intel Vpro Features

Intel juga memperkenalkan platform Evo pada vPro generasi 11 ini. Dengan begini, para pebisnis yang menggunakan laptop dengan Evo bisa mendapatkan pengalaman terbaik dan premium. Intel juga memperkenalakn Evo Chromebook yang akan menghasilkan sebuah Chromebook rasa premium.

Selain vPro, Intel juga memperkenalkan Intel Core seri H generasi ke 11 (H35). Kali ini, Intel berfokus pada laptop gaming yang tipis di level enthusiast dengan ketebalan hanya 16 mm. Seri H ini menelurkan Core i7-11375H, i7 11370H, dan i7-11300H. TDP yang dimiliki ketiganya adalah 28 watt dan bisa dinaikkan hingga 35 watt. Semua prosesor ini juga diproduksi dengan proses pabrikasi 10 nm.

Intel VH35 Features

Ketiga prosesor seri H terbaru tersebut memiliki 4 inti dengan 8 thread. RAM yang didukung adalah DDR 4 3200 hingga 4266. Grafis terintegrasinya menggunakan IRIS Xe-LP. Produsen yang menghadirkan Intel Core seri H35 untuk pertama kalinya adalah Acer, ASUS, MSI, serta Vaio.

Terakhir, Intel belum melupakan kelas yang diisi oleh prosesor di bawah Core i3. Oleh karena itu, Intel juga mengumumkan prosesor Pentium Silver dan Celeron seri N yang ternyata juga diproduksi dengan proses pabrikasi 10 nm. Intel mengklaim bahwa kinerja aplikasi keseluruhan meningkat hingga 35% dan kinerja grafisnya hingga 78%. Kedua prosesor ini nantinya akan digunakan pada laptop yang ditujukan untuk alat pendidikan.

Sumber dan gambar: Intel

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter