9 July 2020

by Lukman Azis

Intel Ungkap Spesifikasi Thunderbolt 4, Dukung Dua Monitor 4K atau Satu Monitor 8K

Kecepatan maksimum Thunderbolt 4 sama seperti generasi sebelumnya yaitu 40 Gbps

Intel pertama kali mengungkap Thunderbolt 4 pada bulan Januari lalu dan kini mereka mengungkap lebih banyak detail spesifikasinya. Dari sisi kecepatan, Thunderbolt 4 memang tidak lebih cepat dibanding generasi sebelumnya, kecepatan maksimumnya sama-sama mencapai 40 Gbps.

Meski begitu, Thunderbolt 4 mengemas sejumlah fitur baru guna memberikan kompatibilitas dan dukungan yang lebih luas. Thunderbolt 4 pun akan sepenuhnya kompatibel dengan generasi sebelumnya (Thunderbolt 3) dan USB4.

Intel meningkatkan kecepatan data untuk perangkat dengan PCIe hingga 32 Gbps (sebelumnya 16 Gbps). Serta, menambah dukungan dari yang sebelumnya satu monitor 4K menjadi dua layar 4K atau satu layar eksternal beresolusi 8K.

Selain itu, dock Thunderbolt 4 mendukung hingga empart port yaitu satu upstream dan tiga downstream. Lalu, mendukung kabel Thunderbolt universal yang panjangnya hingga 2 meter. Port Thunderbolt 4 juga bisa digunakan untuk mengisi daya laptop hingga 100W.

Mobile PC processor terbaru Intel dengan nama kode "Tiger Lake" akan menjadi yang pertama yang mengintegrasikan Thunderbolt 4. Developer kits Thunderbolt 4 dan certification testing juga sekarang sudah tersedia untuk para pengembang. Intel juga mengumumkan Thunderbolt 4 controller 8000 series yang kompatibel dengan Thunderbolt 3 yang sudah tersedia.

Sumber: GSMArena