1. Startup

Perjalanan Karier Fanny Verona Berawal dari Kecintaan Terhadap Teknologi

Saat ini Fanny Verona menjabat sebagai Country Manager Line Indonesia

Perjalanan kariernya yang cukup berwarna sejak tahun 2007 telah membawa nama Fanny Verona dikenal oleh komunitas startup di Indonesia. Di usia yang masih belia, Fanny sudah dipercaya memegang jabatan sebagai Country Manager Line Indonesia.

Sejak dulu, Fanny selalu melihat peluang yang ada sebagai tantangan dan kesempatan dirinya memperluas wawasan untuk mengembangkan karier. Kepada DailySocial, ia bercerita tentang kecintaannya terhadap inovasi teknologi dan harapannya untuk Line Indonesia.

Menyukai dunia teknologi

Tidak memiliki latar belakang pendidikan terkait teknologi, Fanny sempet berkarier di bidang Sales, Business Development, hingga Marketing karena rasa ingin tahunya yang sangat besar dan selalu mencoba untuk menantang kemampuan diri sendiri.

"Apa pun background kita upayakan untuk selalu grow your growth mindset. Saya selalu merasa belum cukup pintar. Jangan pernah sombong terhadap kemampuan diri sendiri, ciptakan keinginan untuk terus belajar," kata Fanny.

Ia kemudian mulai melihat masa depan, tidak hanya soal gadget, namun inovasi digital. Melihat munculnya platform media sosial, seperti Facebook dan Twitter, Fanny kemudian mulai tertarik untuk mendalami inovasi teknologi dan ekosistemnya.

"Saat itu penetrasi internet di Indonesia belum sebaik seperti saat ini. Namun dari sana saya mulai melihat bahwa masa depan adalah digital. Saya kemudian mencoba cari-cari industri yang sedang hype apa, how can i jump ke industri tersebut, bagimana saya bisa join the party," kata Fanny.

Fanny berkesempatan bertemu dengan pendiri Groupon Indonesia di tahun 2011. Platform berbelanja jenis baru ini ternyata cukup diterima oleh masyarakat yang pada saat itu belum terlalu familiar dengan kegiatan belanja online.

"Orang Indonesia memiliki rasa antusias yang besar dan cepat beradaptasi terhadap sesuatu yang baru. Mulai dari handphone baru yang keluar dan lainnya. Kultur learning by doing membuat orang Indonesia bersedia untuk mencoba hal yang baru," kata Fanny.

Dari Groupon kemudian Fanny hijrah ke Lazada yang baru hadir di Indonesia. Selama hampir dua tahun Fanny memegang jabatan sebagai Head of Business Development. Banyak pengalaman yang didapatkannya selama bekerja di Lazada. Mulai berhadapan langsung dengan penjual yang saat itu masih sangat minim jumlahnya, hingga menerima surat tertulis dari mereka yang menyampaikan keluhan.

"Kehadiran layanan e-commerce seperti Lazada dan lainnya bukan hanya berfungsi memindahkan kegiatan belanja offline ke online saja, namun juga mampu mengatasi persoalan yang saat itu masih banyak dialami oleh penjual, yaitu memperluas jangkauan layanan mereka."

Line Indonesia dan fintech

Menuruti passion untuk mencoba sesuatu yang baru, lepas dari Lazada Fanny melirik platform chat messenger Line. Masih memiliki jumlah tim sebanyak 7 orang, Line menempatkan timnya menjadi beberapa divisi yang berbeda. Berangkat dari pengalamannya bekerja di Lazada, Fanny dipercaya menangani divisi e-commerce.

"Saya melihat role-nya sangat menarik dengan melihat peluang industri ini apa yang Line bisa inovasikan. Waktu itu kita mulai mengembangkan Line Shopping, Line Ads dan Line Pay. Saya melihat kesempatan menjadi langkah selanjutnya bagi saya untuk meningkatkan wawasan," kata Fanny.

Meskipun menjadi salah satu pegawai pertama di Line, tahun 2016 Fanny memutuskan menjajaki karier di dunia fintech. Perusahaan pertama yang dijajakinya adalah Uangku. Selanjutnya ia sempat bergabung dengan helloPay yang merupakan perusahaan joint venture antara Lazada dan Sinar Mas.

Lepas dari helloPay, Fanny membangun karier di DAM Corporation. Saat menjabat sebagai Managing Director di DAM Corporation, usia Fanny saat itu masih 26 tahun. DAM Corporation merupakan anak usaha Bank Mandiri yang dibangun untuk mempercepat kehadiran dan adopsi platform e-money digital Mandiri E-Cash.

"Saat di DAM Corporation awalnya saya ditawari untuk memegang posisi sebagai CMO namun selanjutnya saya diminta untuk memegang jabatan Managing Director. Posisi tersebut cukup menantang bagi saya karena secara langsung harus membawahi sekitar 100 pegawai. Namun berkat bantuan dari mentor dan atasan, semua pekerjaan bisa saya selesaikan," kata Fanny.

Country Manager Line Indonesia

Fanny Verona dan tim Line Indonesia / Line

Hampir dua tahun bekerja di DAM Corporation, Fanny kemudian kembali bergabung dengan Line Indonesia. Saat itu Line Indonesia berencana memperluas layanan mereka. Salah satunya dengan memperkenalkan posisi baru yang menarik perhatiannya

Sebagai Director of Strategy & New Business, ia dituntut memberikan ide dan inovasi baru dengan melihat potensi pasar dan bagaimana Line Indonesia berinovasi dengan produk dan layanan terbaru. Kesempatan tersebut dinilai sangat menarik bagi Fanny. Ia melihat potensi ini sebagai blank canvas dan dirinya dipercaya untuk menggambar hal yang ia suka.

"Karena pekerjaannya kebanyakan di belakang layar, kami lebih banyak melakukan market research. Masih ada beberapa inovasi baru yang akan diluncurkan, namun yang paling membanggakan bagi saya adalah diluncurkannya Split Bill," kata Fanny.

Sebagai perusahaan global, ada kebanggaan sendiri bagi Fanny untuk tim Indonesia yang mampu menciptakan inovasi hanya ada di Line Indonesia, yaitu Split Bill. Ia terus berupaya menciptakan tim yang solid dan bagaimana bisa membawa inovasi global yang disesuaikan dengan kearifan lokal.

Bulan Juli tahun ini Fanny dipercaya memegang jabatan sebagai Country Manager menggantikan Dale Kim.

"Saya harapkan ke depannya Line Indonesia bisa thrive, compete dan bisa innovate market. Apakah sebagai platform social network, messenger atau fintech, kami tidak ingin membatasi Line hanya sebagai social messenger saja. Sebagai perusahaan teknologi apa yang sedang happening saat ini dan bisa di innovate oleh Line untuk membantu masyarakat Indonesia, itu yang kita coba bangun dan kerjakan," kata Fanny.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again